7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, sayang untuk dilewatkan! - WisataHits
Jawa Timur

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, sayang untuk dilewatkan!

Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang satu paket lengkap! Ada paket wisata ekstrim untuk bersantai atau sekedar menambah koleksi foto. Paket wisata lengkap bisa anda temukan di pantai, anda juga bisa berkemah di pinggir pantai.

Ayo segera siapkan tenda dan pakaian nyamanmu. Jangan lupa ajak orang tersayang untuk tidur di bawah bintang dan dengarkan alunan musik alami deburan ombak di tujuh pantai berikut ini!

1. Pantai Greweng

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, tidur di bawah bintang   Perkemahan Pantai Weng (instagram.com/yucha.kusumaningrum)

Pantai Greweng diapit oleh dua bukit yang menjadi pintu gerbang menuju pantai. Pasir pantai di sini bersih dan putih, bisa menjadi “padan” yang nyaman saat berkemah bersama teman-teman.

Saat berkemah Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya seperti B. memancing atau melihat matahari terbenam. Tenang, tempat luas bisa digunakan bersama rombongan.

alamat: Jalan Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Pantai Crocoh

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, tidur di bawah bintang   Berkemah di pantai di Krokoh (instagram.com/jefri_elbhitrinx)

Pantai Krokoh merupakan pantai paling timur di Kabupaten Gunungkidul yang berbatasan dengan Kabupaten Imogiri di Jawa Tengah. Pantai ini masih tergolong perawan karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Meskipun memakan waktu sekitar dua jam dari pusat kota, tempat ini layak untuk dijadikan tempat perkemahan sesekali. Selain itu, fasilitas seperti toilet dan stand sudah ada, jadi kamu pasti betah!

alamat: Kawasan Hutan, Songbanyu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Pantai Gesing, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

3. Pantai Wohudu

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, tidur di bawah bintang   Perkemahan Pantai Wohkudu (instagram.com/ericvirgiawan)

Pantai Wohudu mungkin tidak sepi beberapa tahun yang lalu, namun tetap menjadi pantai terbaik untuk camping di Jogja. Selain itu, kini semakin banyak penyedia makanan ringan dan berat, termasuk penjualan minuman dingin hingga hangat.

Medan untuk camping di Pantai Wohudu tidak begitu besar, namun relatif datar sehingga memudahkan untuk mendirikan tenda. Namun Anda harus mengatur waktu dengan tepat karena pada saat air pasang tenda Anda bisa tersapu ombak.

alamat: Wiloso, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Pantai Sanglen

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, tidur di bawah bintang   Berkemah di Pantai Sanllen (instagram.com/Noteflashpacker)

Pantai di Jogja yang cocok untuk camping selanjutnya adalah Pantai Sanllen. Pantai ini dikenal sebagai tempat perkemahan.

Selain itu, di sekitar Pantai Sanllen terdapat tempat-tempat yang menyewakan tenda dan tempat tidur gantung. Jadi jika tidak membawa tenda, Anda bisa menyewanya dengan harga Rp 70.000 per malam.

alamat: Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: 11 Candi Hindu di Gunungkidul, Beberapa di Pantai

5. Pantai Tanjung Kesirat

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, tidur di bawah bintang   Pantai Tanjung Kesirat (instagram.com/dhaniprasetyoo)

Di pantai Tanjung Kesirat. Anda mungkin tidak menemukan pantai dengan pasir putih untuk tidur. Sebagai gantinya, Anda bisa mendirikan tenda di bukit yang cukup landai. Saat Anda membuka mata, lautan luas akan menjadi pemandangan.

Meskipun Anda bisa menyalakan api unggun di Pantai Tanjung Kesirat, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak menyalakan api.

alamat: Karang, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Pantai Siung

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, tidur di bawah bintang   Berkemah di Pantai Siung (instagram.com/lalangbayyu)

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Siung, seperti panjat tebing, kuliner makanan laut di pantai berdiri dan tentu saja di perkemahan. Fasilitas Pantai Siung cukup lengkap, mulai dari kamar mandi hingga mushola, sehingga semakin nyaman bagi siapa saja yang ingin berkemah di sini.

Jika Anda takut langsung mendirikan tenda di luar ruangan, Anda bisa menyewa rumah panggung yang tidak jauh dari bibir pantai. Jangan lupa untuk membawa hammock yang diikatkan di antara dua pohon agar bisa bersantai.

alamat: Duwet, Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Pantai Sedahan

7 pantai di jogja yang cocok untuk camping, tidur di bawah bintang   Berkemah di Pantai Sedahan (instagram.com/jejakbayuubay)

Pantai Sedahan kini mulai populer sebagai pantai camping terbaik di Jogja. tempat perkemahan disini luas dengan pasir putih yang datar. Biasanya pengunjung yang datang ke perkemahan untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Sedahan dikenal ramah. Selain berjualan makanan dan minuman, warga juga menyediakan api unggun dengan perlengkapan camping.

alamat: Pendowo, Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Berkemah di tepi pantai akan memberikan pengalaman yang berbeda dan seru. Butuh persiapan yang agak rumit. Pengalaman yang tak terlupakan dijamin.

Baca Juga: 10 Potret Eksotis Pantai Ngitun, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button