Air terjun Kembang Soka, surga alam tersembunyi nan eksotis di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Air terjun Kembang Soka, surga alam tersembunyi nan eksotis di Kulon Progo

Air terjun Kembang Soka, surga alam tersembunyi nan eksotis di Kulon Progo
Harga tiket: Rp6.000 Jam operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Lokasinya berada di Yogyakarta, tepatnya di wilayah Kulon Progo. Keindahan air terjun membuat setiap orang yang mengunjunginya ingin kembali. Bagi anda yang belum pernah datang silahkan datang langsung ke situsnya agar tidak penasaran. Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika Anda membaca ulasan lengkap yang akan kami berikan untuk Anda.

Wisatawan yang pernah mengunjungi tempat tersebut atau yang sering mengunjungi air terjun mengatakan bahwa tempat ini adalah salah satu yang terbaik di kabupaten Kulon Progo. Bukan tanpa alasan, airnya sangat jernih dan menyegarkan bagi siapa saja yang menyentuhnya atau berendam di dalamnya. Apalagi Anda bisa melihat dengan jelas keunikan airnya yang memiliki dua warna.

Tidak mudah untuk sampai ke sana, apalagi saat musim hujan. Jalan yang harus dilalui cukup terjal dan terjal khas perbukitan. Sebagian besar belum diaspal sehingga menjadi lebih licin saat terkena hujan. Meski begitu, tetap tidak menyurutkan langkah sebagian besar wisatawan. Alasan utamanya adalah panorama alam dan keindahan Air Terjun Kembang Soka yang nyaris tak tertandingi.

Objek Wisata Air Terjun Kembang Soka

Objek Wisata Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps Hasim Ikhwanudin

Atraksi inilah yang memikat semua wisatawan yang rela menuruni jalanan terjal dan terjal menuju lokasi. Perjalanan juga harus melewati hutan dan perkebunan milik warga. Sesekali lembah tampak begitu terjal dan terjal hingga menyapa kaki yang lengah. Namun semua seakan terlupakan karena daya tariknya yang memikat.

1. Keindahan Air Terjun Kembang Soka

Hal pertama yang menarik banyak wisatawan adalah keindahan air terjunnya. Di tempat ini tidak hanya satu air terjun yang bisa dilihat, melainkan ada dua dengan keindahannya masing-masing. Air terjun pertama tidak terlalu besar dengan kolam yang agak dangkal, sekitar 1 meter.

Sedangkan air terjun kedua berukuran lebih besar dengan ketinggian mencapai 15 meter. Kolam ini juga lebih besar dari yang pertama, serta kedalamannya mencapai 2,5 meter. Keduanya memiliki air yang sangat jernih dengan warna hijau kebiruan atau hijau tosca. Meskipun kolamnya tidak alami, namun tetap memiliki daya tarik yang cukup memikat.

Air Terjun Kembang Soka memiliki keunikan karena aliran airnya tidak langsung menuju ke kolam, melainkan mengenai bebatuan terlebih dahulu. Batu-batu besar juga menarik perhatian dengan warna abu-abu, dan ada pula yang berwarna merah. Singkatnya, air terjun ini tidak vertikal, melainkan agak miring sehingga aliran airnya jernih.

2. Pemandangan alam di sekitar air terjun

Tak kalah menarik jika melihat pemandangan sekitar. Pepohonan hijau rindang menghiasi setiap sudut lokasi. Anda bisa melihat berbagai jenis pohon di sekitar lokasi air terjun. Jangan lupakan tanaman Soka yang juga dinamai dari air terjun di kecamatan Girimulyo ini.

Perlu dicatat Air Terjun Kembang Soka diambil karena lokasinya banyak mengandung tanaman Soka yang indah dan berwarna-warni. Sejauh ini masih ada beberapa bunga ini sebagai bukti bagi anda yang belum yakin. Meski tidak terlalu banyak, namun keindahannya tetap memikat wisatawan.

3. Keunikan dua warna Air Terjun Kembang Soka

Objek wisata yang dimiliki Air Terjun Kembang SokaKredit Gambar: Google Maps Terima kasih Studio

Atraksi selanjutnya tidak kalah dengan dua hal yang dibahas, yakni memiliki dua warna air yang berbeda. Dikatakan sebelumnya bahwa ada dua air terjun yang berbeda ukuran. Jelas bahwa dua air yang jatuh melalui bebatuan memiliki warna yang berbeda. Di sebelah kiri, pinggangnya tidak terlalu besar dengan kontur lurus ke panggul. Warna air yang mengalir putih jernih, sehingga Anda bisa melihat bebatuan di belakangnya.

Tak jauh dari air terjun pertama, tepatnya di sebelah kanan, ada satu lagi yang lebih besar dengan garis berundak. Di sinilah Anda bisa melihat berbagai bebatuan berwarna yang menjadi jalur aliran air. Tidak jelas warna hijau tosca di sungai, tetapi sangat jelas ketika melihat kolam.

4. Tempat santai untuk bersantai

Keindahan dan panorama alam yang disajikan Air Terjun Kembang Soka sangat cocok sebagai tempat menenangkan diri. Atraksi ini bisa ditemukan di tempat wisata lain, asalkan menyuguhkan pemandangan alam. Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat udara tidak hanya segar dan dingin, tetapi juga bebas dari polusi udara.

Menariknya, banyak jenis hewan yang ditemukan di sekitar lokasi. Meski tergolong hewan liar, keberadaannya tidak mengganggu dan juga tidak berbahaya. Justru dengan banyaknya satwa yang ditemui, menjadi nilai plus tersendiri dan semakin menambah daya tarik bagi wisatawan. Dengan demikian, relaksasi untuk melepas penat dari keseharian menjadi lebih sempurna.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps anom sabrang

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lokasi Air Terjun Kembang Soka berada di kawasan Perbukitan Menoreh, tepatnya di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Jalan di depan tidak mudah dengan kontur khas perbukitan yaitu tanjakan dan turunan yang terjal. Belum lagi, Anda harus siap berjalan setelah parkir dan menuju ke lokasi, karena tidak bisa diakses dengan kendaraan.

Rute termudah dan terbilang cepat adalah melalui Jalan Godean dengan jarak tempuh sekitar 33 kilometer. Dari pusat kota Jogja, pergilah ke arah barat hingga tiba di Jalan Godean. Setelah itu arahkan kendaraan ke Jalan Nanggulan dan finish di kecamatan Girimulyo. Di tempat ini banyak terdapat rambu-rambu yang mengarahkan Anda ke pesona air terjun.

Harga Tiket Air Terjun Kembang Soka

Harga Tiket Air Terjun Kembang SokaKredit Gambar: Google Maps Muhammad Lutfi

Walaupun harus membayar tiket masuk ke lokasi Air Terjun Kembang Soka, namun harganya tetap terjangkau. Untuk pengunjung dewasa hanya dikenakan biaya 6.000 rupiah. Anak-anak di bawah usia tertentu tidak dikenakan biaya masuk. Selain biaya tersebut, ada juga biaya parkir yang juga harus Anda bayar.

Tarif masih standar untuk objek wisata di beberapa wilayah Indonesia. Kendaraan roda dua atau sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Lain halnya dengan mobil yang membayar biaya parkir Rp 5.000. Selain tarif tersebut, tidak ada lagi biaya yang harus dibayar, kecuali untuk pembelian makanan atau fasilitas berbayar.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Kembang Soka

Kegiatan di Air Terjun Kembang SokaKredit Gambar: Instagram air terjun kembangsoka

Menariknya, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Air Terjun Kembang Soka. Selain menarik, juga menjadi alasan mengapa banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Tidak hanya turis domestik, turis mancanegara juga ada di hari-hari tertentu!

1. Berenang dan bermain di air jernih

Bermain air sudah pasti menjadi hal wajib saat berkunjung ke tempat wisata berupa air terjun. Air segar dan udara segar situs membuat kegiatan ini semakin menarik. Bagi yang sekadar ingin menikmati air kolam, terdapat bebatuan sebagai penopang di sekelilingnya. Batu itu dibuat oleh pengelola dan ukurannya tidak terlalu besar.

Kegiatan berenang juga semakin seru bagi Anda yang menyenanginya. Ada dua kolam yang bisa Anda gunakan, pilihlah sesuai dengan kemampuan renang Anda. Jika Anda tidak terlalu pintar, lebih baik gunakan kolam dangkal di sebelah kiri. Namun jika sudah yakin ahli dalam olahraga ini, kedalaman 2 meter tentu akan membuat tantangan semakin seru. Di samping kolam terdapat kaki kayu yang dirancang khusus untuk mereka yang ingin melakukan lompat tebing.

2. Menikmati pesona Air Terjun Kembang Soka

Bagi yang malas berenang atau bermain air karena takut dingin, aktivitas pasif seperti menikmati keindahan pemandangan Air Terjun Kembang Soka mungkin cocok. Tidak hanya saat di tempat, tapi juga saat berjalan sekitar 200 meter. Sejauh mata memandang, warna hijau tumbuhan selalu menjadi teman perjalanan.

Tak lupa bebatuan dengan berbagai ukuran yang selalu menghiasinya. Sepintas memang tidak terlalu menarik, namun saat Anda dikelilingi oleh banyak pepohonan di sebelahnya, pemandangan tersebut tidak sayang untuk dilewatkan. Keberadaan jembatan di tempat ini tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan kedua air terjun tersebut, namun juga menjadi titik yang pemandangannya semakin menakjubkan.

3. Cari spot foto yang indah

Aktivitas Menarik di Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps fajar moch

Untuk setiap kunjungan wisatawan, kegiatan fotografi sudah pasti menjadi suatu keharusan. pemandangannya begitu menakjubkan sehingga sayang untuk dilewatkan. Selain itu, Anda dapat menggunakan berbagai tempat untuk menghiasi latar belakang foto atau video. Sebut saja jembatan kayu yang menghubungkan dua air terjun cantik ini, di mana Anda bisa membelakangi Air Terjun Kembang Soka sebagai background yang mempesona.

Jika belum puas, masih ada spot yang tak kalah indahnya yaitu kejernihan kolam renangnya. Warna pirus sangat jelas jika Anda mengambil foto dari atas. Ketenangan air yang hampir tak mengalir juga membuat backdrop semakin indah. Tidak lupa spot yang menjadi incaran anak muda khususnya wanita yaitu bunga soka warna warni yang sangat menawan.

4. Tindak lanjut yang seru dan menantang

Kegiatan selanjutnya adalah saat dalam perjalanan menuju tempat wisata. Jaraknya memang tidak terlalu jauh, namun kontur perbukitan Menoreh yang khas menjadi tantangan tersendiri. Bagi yang ingin memompa adrenalin saat mendaki bukit, aktivitas ini cocok. Selain itu, ikutan juga menyehatkan tubuh, terutama untuk menguatkan kaki.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps Wachyudi Yuwono

Tak perlu khawatir soal fasilitas, pihak pengelola Air Terjun Kembang Soka menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Seperti keberadaan mushola yang berfungsi sebagai tempat ibadah, dan juga toilet untuk membersihkan diri. Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan adalah tempat parkir mobil dengan ketentuan tarif yang disebutkan di atas. Adanya gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat relaksasi juga melengkapi fasilitas yang ada. Agar kebersihan selalu terjaga, banyak tersedia tempat sampah di beberapa tempat.

Bagi pengunjung yang kekurangan perbekalan, beberapa kios menunggu kedatangan Anda. Beragam makanan tersedia, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat seperti nasi. Untuk anak muda, makanan modern juga tersedia di sini. Atau mungkin Anda hanya ingin bersantai sambil minum kopi? Silakan langsung ke stand karena ada juga beberapa dengan harga terjangkau.

Pesona Air Terjun Kembang Soka tidak bisa ditandingi oleh beberapa air terjun lain di Nusantara. Keindahannya semakin sempurna dengan lokasinya yang selalu bersih. Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga menjaga kebersihan di tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button