Ribuan ton kotoran kelelawar disimpan di Gua Matu Pantai Barat - WisataHits
Jawa Barat

Ribuan ton kotoran kelelawar disimpan di Gua Matu Pantai Barat

Ribuan ton kotoran kelelawar disimpan di Gua Matu Pantai Barat

Ribuan ton kotoran kelelawar disimpan di Gua Matu Pantai Barat

Objek wisata Gua Matu di Way Sindi Pekon (Desa), Kecamatan Karya Punggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung memiliki berkah tersendiri bagi masyarakat…

Senin 23 Januari 2023 5:49 WIB Warga Pekon Way Sindi Mengumpulkan Pupuk Kotoran Kelelawar di Goa Matu Kabupaten Pesisir Barat Lampung Pedagang di pasar diminta tetap tenang dan tidak terombang-ambing dengan kabar panorama Pasar Bisnis Sengketa Tanah Jan 21, 2023 Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Departemen Perbendaharaan sedang melakukan kajian untuk mengambil langkah penyelesaian aset debitur Tommy Suharto Mengunjungi Pura Tertua di Pesisir Belawan Sabtu, 21 Jan 2023 22: 40 WIB ANTARA – Kota Medan, Sumatera Utara memiliki segudang sejarah yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, khususnya bangunan bersejarah yang bisa dijadikan destinasi wisata religi.

ANTARA/Riadi Gunawan Pupuk guano ini banyak manfaatnya dan baik untuk budaya apapun Pantai Barat (ANTARA) – Obyek wisata Gua Matu di Way Sindi Pekon (Desa), Kecamatan Karya Punggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung memiliki berkah tersendiri bagi masyarakat setempat. masyarakat. Di balik keindahan dan sejarah mistisnya, Anda bisa memanfaatkan pupuk guano dari kelelawar. Ini menjamin kenyamanan bagi para pedagang yang menjalankan bisnisnya. Gua Matu berisi pupuk organik yang terbuat dari kotoran kelelawar yang telah hidup di dalam gua selama ratusan tahun Politik Jan 21, 2023 Ketua Majelis Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan pembicaraan dalam tim kecil mendekati kesepakatan tentang rencana Koalisi Perubahan. Pupuk yang terbuat dari kotoran kelelawar ini biasa disebut dengan pupuk guano dan diwariskan kepada ahli waris Adiwarta.Wargase telah menempati tempat pupuk tersebut selama puluhan tahun.

Salah seorang warga yang mengambil pupuk guano dari Gua Matu, Subing, menuturkan, pihaknya telah mengambil dan menggunakan pupuk organik dari Gua Matu secara turun temurun. Namun, pihaknya memiliki bukti kuat bahwa tanah tersebut bukan milik ahli waris. Itu diwariskan dari generasi ke generasi. Biasanya kami mengumpulkan pupuk di sini hampir setiap hari dan tidak pernah habis,” kata Subing dalam wawancara, Minggu (22/1). semoga statusnya kembali ke pemda,” jelasnya. “Pengetahuan mengambil pupuk di Gua Matu itu turun temurun dari nenek moyang kami,” ujarnya. Menurutnya, pupuk yang terbuat dari kotoran kelelawar ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman.” Dealer menjual sampai habis kontrak tahun 2031, bahkan bisa diperpanjang.

“Pupuk guano banyak manfaatnya dan bagus untuk semua tanaman,” ujarnya juga.Pupuk guano ini bisa untuk menyuburkan tanaman cengkeh, lada, kopi dan sayuran lainnya. Pupuk asli Gua Matu ini berbeda dengan pupuk biasa karena bila digunakan hasilnya akan lebih baik. langsung terlihat, tanaman jadi lebih subur,” ujarnya lagi. Dengan keramahan bupati di pasar, pedagang merasa nyaman karena akan berusaha menjaga lahan pasar sebagai milik pemerintah,” ujarnya asp

Namun, Makmur, salah seorang juru kunci Gua Matu, menyatakan masyarakat setempat dilarang menjual pupuk guano yang diambil dari Gua Matu. Dia bekerja mengumpulkan pupuk guano yang biasa disebut upah, kami tidak boleh menggunakan istilah jualan tapi harus menggantinya dengan istilah upah karena itu kotoran kelelawar,” ujarnya juga. (OL-15). Saipul, petani pepaya, mengaku sudah beberapa tahun menggunakan pupuk organik dari kotoran kelelawar.”Saya sudah beberapa tahun pakai pupuk guano ini,” kata Saipul.

Pupuk kotoran kelelawar Goa Matu ini memiliki manfaat langsung membuat tanaman terlihat subur.“Saat pertama saya menggunakan pupuk guano ini langsung terlihat hasilnya dan membuat tanaman saya subur,” ujarnya suatu kali.

Lanjut membaca:
betweennews.com » {{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Pemkab Bandung Barat akan terus memperjuangkan kepemilikan Tanah Pasar PanoramaPEMKAB Bandung Barat, Jawa Barat, menegaskan akan terus memperjuangkan kepemilikan lahan Pasar Panorama. Pedagang di pasar diminta tetap tenang dan tidak goyah dengan kabar sengketa tanah di Pasar Panorama.

Kisruh pertambangan di Sumbawa Barat, lapor FGPI ke Komnas HAMSengketa tambang di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, memasuki babak baru setelah Forum Gerakan Peduli Investasi (FGPI) Sumbawa Barat melapor ke Komnas HAM.

Mengunjungi vihara tertua di pantai Belawan – ANTARA NewsANTARA – Kota Medan Sumatera Utara memiliki banyak sejarah yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, terutama untuk bangunan bersejarah yang…

BMKG imbau warga pesisir waspada gelombang tinggi hingga 4 meter – Mimpi-Rakyat.comBMKG imbau warga pesisir waspadai gelombang tinggi hingga 4 meter: BMKG telah mengeluarkan imbauan potensi gelombang tinggi di pesisir pantai dan mengimbau warga setempat untuk selalu waspada bila terjadi gelombang tinggi.

Lihat vihara tertua di pesisir Belawan, yang berusia hampir dua abadSebuah vihara bernama Siu San Keng berdiri megah di Jalan KL Yos Sudarso, Medan Labuhan dekat pantai Belawan.

Bekerja di pesisir pantai Surabaya menjadikan kawasan Bulak sebagai kota tepi lautKawasan pesisir Surabaya diolah sebagai kawasan wisata terpadu. Hal ini sesuai dengan perencanaan Surabaya sebagai kota pelabuhan.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button