Trenggalek mendorong pengembangan ekonomi kreatif melalui pengembangan desa wisata - WisataHits
Jawa Timur

Trenggalek mendorong pengembangan ekonomi kreatif melalui pengembangan desa wisata

Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur secara konsisten mendorong pengembangan industri kreatif di daerahnya, tidak hanya dengan membina komunitas wirausaha lokal tetapi juga dengan memotivasi tumbuhnya desa wisata.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Edy Supriyanto, Minggu, sehari setelah Festival Ekonomi Kreatif 2022 bertajuk “Rumaket Greget” da Anugerah Sadewa (Seratus Desa Wisata) di Pasar Pon Kota Trenggalek yang digelar pada 25 Maret lalu. 27

“Alhamdulillah kami bisa menyelenggarakan festival industri kreatif dan menyampaikan apresiasi kami kepada pengelola desa wisata. Kita berharap industri kreatif bisa semakin berkembang. Potensi kita sangat besar, senimannya banyak, budayawannya juga banyak,” ujar Sekda Edy.

Menurutnya, berbagai kegiatan kreatif yang bernilai ekonomi memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah.

“Program Sadewa tahun ini sangat erat kaitannya dengan hal tersebut. Kami mengapresiasi para pengurus yang mengelola 35 desa wisata di Kabupaten Trenggalek. Alhamdulillah kemarin mereka juga semangat dengan dinamika yang berbeda untuk bisa memanfaatkan desa wisatanya,” lanjut Edy.

Ia berharap apresiasi yang diberikan melalui kegiatan Sadewa Award 2022 dapat memotivasi para rintisan pariwisata untuk lebih berkembang. Hal yang sama juga berlaku bagi pelaku industri kreatif saat membaca peluang pasar.

“Jadi diharapkan bisa mendongkrak perekonomian secara umum. Bukan hanya wisata, tapi juga jalan-jalan kuliner, shelter jalan, budaya lain juga jalan, semuanya jalan dan itu tujuan akhir,” kata Edy.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menambahkan, Festival Ekonomi Kreatif 2022 dan Sadewa Award diharapkan dapat menginspirasi pelaku bisnis dan pariwisata untuk bekerja sama.

“Inilah komunitas kreatif dan pariwisata yang kita ikuti, kita bergotong royong dan bergotong royong membuat kegiatan ini. Harapannya setelah pertemuan kita ini keselarasan menjadi akrab (raket) dan akhirnya memiliki semangat untuk terus berkreasi kedepannya. Bukan hanya budaya dan pariwisata, tapi all-inclusive dan UMKM,” kata Sunyoto.


 

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button