Air Terjun Kembang Soka, pesona air terjun warna-warni yang memukau di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Kembang Soka, pesona air terjun warna-warni yang memukau di Kulon Progo

Harga tiket: Rp6.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo DI Yogyakarta

Air Terjun Kembang Soka merupakan tempat wisata alam yang sangat indah dengan aliran air yang sangat jernih. Obyek wisata yang berada di atas air Sungai Miri ini tidak hanya memiliki 1 air terjun namun ada 2 yang membuatnya semakin menakjubkan untuk dipandang.

Selain memiliki air terjun yang sangat indah, tempat wisata alam yang terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki alam yang sangat indah. Dari alam yang sangat asri ini, pengunjung tidak hanya akan dimanjakan mata, tetapi pengunjung juga dapat menikmati suasana damai pepohonan hijau di sekitar air terjun.

Air terjun yang indah ini bisa menjadi solusi bagi anda yang berada di kota Yogyakarta untuk menyejukkan diri karena banyak pikiran atau masalah dalam pekerjaan dan studi. Tanpa basa-basi lagi, berikut kami akan membahas sedikit tentang Air Terjun Kembang Soka.

Objek Wisata Air Terjun Kembang Soka

Daya tariknya adalah Air Terjun Kembang SokaKredit Gambar: Instagram Pariwisata Yogyakarta

1. Air terjun

Daya tarik pertama dari objek wisata alam ini tentunya adalah air terjun. Dari kejauhan pengunjung bisa melihat 2 buah air terjun yang sangat indah dengan aliran air yang sangat jernih. Keindahan ini akan semakin diapresiasi berkat gemuruh yang dihasilkan oleh air yang jatuh dari ketinggian ke dasar air terjun.

2. Sungai Miri

Melewati air terjun menuju sungai Miri yang merupakan sungai tempat air terjun yang indah ini berada. Di sungai Miri ini pengunjung bisa melihat air yang sangat jernih dan sejuk mengalir, kok air sungai ini tidak ada di pegunungan, jadi jelas sekali airnya sangat sejuk untuk diminum atau dicuci.

Tak sedikit pengunjung yang bermain air di Sungai Miri. Meski aliran air Sungai Miri sangat sejuk dan relatif aman bagi pengunjung untuk bermain di aliran air tersebut, namun Anda juga harus berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Jembatan kayu

Di tempat wisata alam pegunungan ini terdapat jembatan kayu yang membentang tepat di seberang Air Terjun Kembang Soka. Jembatan kayu tersebut memungkinkan pengunjung menyeberangi Sungai Miri sambil mengagumi keindahan air terjun di belakangnya.

Di jembatan kayu ini Anda akan melihat beberapa pengunjung berhenti sejenak untuk berfoto dari jembatan kayu ini. Tidak hanya berfoto dengan latar belakang air terjun, ada juga pengunjung yang berfoto dengan latar belakang pemandangan lembah tempat air terjun cantik ini berada.

4. Kolam renang

Objek wisata yang dimiliki Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps gregorius andy

Masih di sekitar jembatan kayu yang terbentang persis di depan air terjun, atau tepatnya di ujung jembatan kayu, juga terdapat kolam yang cukup besar. Kolam ini biasa digunakan untuk permainan air, pemandangan dari kolam ini juga cukup bagus untuk Anda berendam sambil menikmati alam sekitar.

5. Pemandangan di sekitar Air Terjun Kembang Soka

Daya tarik terakhir dari air terjun alami ini adalah pemandangan alam yang indah yang mengelilinginya. Berada di atas pegunungan membuat tempat wisata ini berada di sebuah lembah yang penuh dengan pepohonan hijau.

Pemandangan alam yang dihasilkan juga sangat indah, apalagi jika dilihat dari jembatan kayu. Tidak hanya pemandangan alamnya yang sangat indah, udara dan udara di sekitar objek wisata alam ini juga sangat segar.

Dimana banyaknya pepohonan disekitar membuat udara menjadi lebih sejuk dan hawa dingin sangat terasa. Bahkan terkadang terdengar suara burung yang hinggap di dahan pohon yang membuat pengunjung semakin rileks.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps Putri Alfarini Ratnawati

Alamat Air Terjun Kembang Soka berada di sebuah desa kecil bernama Desa Jatimulyo yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Kecamatan Girimulyo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk alamat pastinya ada tempat wisata alam dengan 2 air terjun cantik yang terletak di Jl. Raya Kaligesing yang berjarak 33 km dari Jl. Malioboro.

Untuk lama perjalanan dari Jl. Malioboro menuju lokasi air terjun cantik ini membutuhkan waktu sekitar 58 menit dengan kendaraan bermotor. Untuk rutenya sendiri bisa ambil landmark dari Jl Malioboro menuju Jl Jlagran Lor lalu belok kanan di pertigaan Rumah Pajangan Alimka menuju Jl Tentara Rakyat Mataram.

Dari Jl. Tentara Rakyat Mataram selanjutnya anda belok kiri menuju Jl. Kyai Mojo dan ikuti jalan tersebut hingga memasuki Jl. Godean atau lebih dikenal dengan Jl. Why – Kenteng. Tetap di jalan ini hingga masuk ke Jl. Raya Kaligesing dan temukan pemandangan di sisi kiri jalan.

Setelah memasuki kawasan wisata, Anda harus memarkir kendaraan di tempat parkir dan berjalan kaki hingga menemukan air terjun yang indah. Selama perjalanan Anda akan melihat banyak sekali keindahan alam, mulai dari pepohonan, perbukitan, lembah sungai, jembatan kayu hingga air terjun.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Air Terjun Kembang SokaKredit Gambar: Instagram air terjun kembangsoka

Harga tiket masuk Air Terjun Kembang Soka adalah Rp 6.000 per orang, belum termasuk parkir kendaraan. Harga parkir kendaraannya sendiri bervariasi sesuai dengan jenis kendaraannya, mulai dari kendaraan roda 2 dibandrol dengan harga Rp 2.000 per unit sedangkan untuk kendaraan roda 4 dibandrol dengan harga Rp 5.000 per unit.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Kembang Soka

Kegiatan di Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps Putri Alfarini Ratnawati

1. Ambil gambar

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Kembang Soka adalah berfoto. Memotret diri sendiri merupakan kegiatan wajib yang bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja, terutama saat berlibur.

Ada beberapa spot foto yang bisa Anda coba jika berada di tempat wisata alam yang terletak di Yogyakarta ini. Salah satu yang paling menarik adalah jembatan kayu yang membentang di air terjun dengan pemandangan yang luar biasa. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di tepi Sungai Miri atau saat berada di sekitar kolam.

2. Mandi di kolam renang

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah berendam di kolam yang cukup besar tak jauh dari air terjun cantik ini. Kolam renangnya cukup besar untuk menampung banyak orang sambil memamerkan pemandangan indah menakjubkan yang bisa Anda lihat dari dalam kolam.

3. Bermain di air Sungai Miri

Selain bermain air di kolam yang berada di dekat jembatan kayu, pengunjung juga bisa merasakan kesejukan air yang mengalir di Sungai Miri. Berhati-hatilah dengan langkah Anda saat memasuki Sungai Miri karena batu atau kaki yang Anda pilih mungkin licin oleh air.

4. Nikmati pemandangannya

Pemandangan menjadi salah satu daya tarik utama Air Terjun Kembang Soka. Dimana saja lokasinya yang berada di lembah pegunungan membuat objek wisata ini sangat indah untuk dilihat, belum lagi pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar air terjun yang menambah keindahan objek wisata alam yang indah ini.

5. Santai dan lepaskan penat

Kegiatan yang dilakukan di Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps fajar moch

Dengan alam yang sangat indah di tempat wisata di pegunungan ini menjadikannya salah satu obat paling ampuh untuk menghilangkan stress atau penat saat bekerja atau belajar. Suara kicauan burung dari dahan pohon dan suara angin yang bertiup di antara dedaunan membuat suasana semakin tenang.

6. Kamp

Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Air Terjun Kembang Soka adalah berkemah atau bermalam di sekitar objek wisata air dengan aliran air yang sangat jernih. Untuk pergi berkemah, Anda harus meminta izin kepada penduduk setempat dan jangan menjawab sampai tidak ada yang berminat.

7. Mendaki

Hiking atau panjat tebing merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata alam yang indah ini. Pasalnya, saat memarkir kendaraan bermotor, pengunjung harus mendaki bukit untuk sampai di lokasi air terjun dengan aliran air yang jernih.

8. Memancing di Sungai Miri

Aktivitas menarik terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memancing. Kegiatan ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi memancing, namun tujuan utama memancing di Sungai Miri bukan untuk menangkap ikan melainkan untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan dan dari beban pekerjaan. masalah yang Anda rasakan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Kembang SokaKredit gambar: Google Maps Wachyudi Yuwono

1. Area parkir kendaraan

Fasilitas pertama adalah area parkir kendaraan. Dimana di area parkir kendaraan anda akan membayar berapa rupiah agar kendaraan anda bisa parkir dengan aman dan terjaga sampai anda pulang. Harganya bervariasi mulai dari Rp 2.000 per unit untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 per unit untuk kendaraan roda 4.

2. Jembatan kayu

Di air terjun Kembang Soka ditemukan sebuah instalasi yang menghubungkan 2 tempat, dimana instalasi itu disebut jembatan kayu. Jembatan kayu ini akan sangat membantu pengunjung untuk berjalan dari satu titik ke titik lainnya.

Di sepanjang penyeberangan Anda akan melihat beberapa orang sibuk berfoto sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Kamar mandi dan toilet

Objek wisata yang berhubungan dengan air harus memiliki fasilitas sanitasi. Fasilitas ini sangat penting karena pengunjung dapat dengan mudah berganti pakaian sebelum dan sesudah bermain air, kemudian dapat mandi atau bilas, buang air besar dan buang air kecil. Ada 2 jenis kamar mandi dan toilet dari toilet pria dan toilet wanita.

Itulah beberapa penjelasan tentang Air Terjun Kembang Soka di Yogyakarta. Obyek wisata alam yang indah ini akan membuat Anda terkagum-kagum dengan keindahannya, sedangkan nilai plus lainnya adalah ketika pengunjung merasakan sejuknya aliran Sungai Miri.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button