Air terjun Jumog, rasakan keindahan air terjun kembar di Karanganyar - WisataHits
wisatahits

Air terjun Jumog, rasakan keindahan air terjun kembar di Karanganyar

Air Terjun Jumog salah satu situs alam terindah di Karanganyar, tepatnya di kaki Gunung Lawu. Air terjun kembar yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan, udara yang segar dan pepohonan yang rindang.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Berjo, Gandu, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Indonesia memang negara yang kaya, tidak hanya rempah-rempah dan budayanya saja. Namun juga dari sektor pariwisata yang berkembang pesat hampir di semua pulau. Dari gunung, laut, pantai, taman hutan, dll. Yang tidak boleh dilewatkan adalah sekarang sudah ada sirkuit di lereng Gunung Lawu.

Kini kawasan itu tak hanya terkenal dengan perkebunan tehnya. Tapi juga air terjun Jumog Karanganyar. Dilihat dari pusat Karanganyar, Anda akan membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke tempat ini.

Kepopuleran air terjun di Karanganyar ini tidak perlu diragukan lagi. Karena saat liburan tiba, Anda akan menemukan pengunjung berbondong-bondong ke kawasan tersebut. Menjadi air terjun di lereng Gunung Lawu, tak heran banyak yang kagum dengan keindahan alamnya. Tentunya wisata air terjun yang sangat alami dan indah menjadi daya tarik tersendiri.

Atraksi Jumog.

Air Terjun JumogKredit Gambar: Wisatawan Instagram

1. Area air terjun yang masih asri

Sejak dibuka pada tahun 2004, air terjun Jumog seolah memberi warna tersendiri pada Gunung Lawu. Kehadiran tempat wisata di sekitar lokasi juga terasa terbantu. Keadaan air terjun yang berada di pegunungan dan diapit oleh hutan menjadikannya wisata alam yang setelah berhasil menuruni 116 anak tangga yang ada, anda akan sampai di lokasi air terjun yang begitu epic.

Dimana pesona air yang jatuh dari ketinggian akan memukau pengunjung. Airnya begitu jernih dan sejuk. Selain itu, juga terdapat pepohonan yang rindang dengan berbagai macam tumbuhan paku yang mengelilinginya. Bahkan suaranya bisa membuat pengunjung merasa seperti berada di tempat relaksasi. Selain itu, air terjun Jumog juga memiliki tangga yang unik.

Dengan Rahmat Tuhan yang memberikan keindahan tempat itu, banyak juga yang menyebut Air Terjun Jumog Surga Hilang. Aliran air di air terjun ini cukup deras, meski begitu pengunjung tetap bisa berenang di sungai kecil di bawahnya yang dijamin menjadi hal yang tak terlupakan.

2. Pesona Air Terjun Kembar

Air terjun jumog juga sering disebut air terjun kembar. Karena di tempat ini Anda akan melihat tebing setinggi 30 meter dengan dua aliran sungai. Itu juga yang menjadi daya tarik air terjun Jawa Tengah ini.

Begitu jernih dan derasnya aliran air di tempat ini. Anda akan melihat embun di sekitar jendela. Meski begitu, pastikan untuk tetap berhati-hati saat pergi ke air terjun ini.

3. Ada tempat bermain anak

Sebagai tempat wisata di pegunungan, Air Terjun Jumog memang sudah memiliki keunikan yang tidak bisa dipungkiri lagi. Hal ini didukung dengan adanya area bermain anak yang tentunya aman. Bahkan kawasan ini juga dilengkapi dengan kolam renang dengan air yang jernih.

Oleh karena itu sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Selain itu, perjalanan menuju air terjun juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menuruni tangga yang dibangun oleh pengelola area.

Bahkan anak-anak akan sangat senang jika diajak berlibur ke tempat ini mengingat lokasinya yang strategis. Kawasan ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Sehingga hawa panas seolah enggan datang ke sana.

4. Tradisi Padusan

Tahukah Anda bahwa penduduk tempat wisata Jumog juga menjalankan tradisi yang ada. Tradisi ini dikenal sebagai padusan. Dimana banyak orang akan datang mengunjungi lokasi air terjun. Bahkan tak jarang wisatawan juga mengikuti ritual yang berlangsung di sana.

Ritualnya berupa mandi bersama di air terjun Jumog. Ritual ini dimaksudkan untuk menyucikan diri dari berbagai kotoran dan menjadi suci. Jika ingin melihat dan mengikuti ritualnya, Anda bisa datang tepat sebelum bulan Ramadhan.

Alamat air terjun Jumo, lokasi rute dan harga tiket

Alamat air terjun JumogKredit gambar: Google Maps Neza YF

Untuk menuju air terjun Jawa Tengah ini, Anda bisa menempuh beberapa rute. Rute tersebut tentunya memiliki medan trekking yang berbeda-beda. Ada berapa di lereng Gunung Lawu tepatnya di Dusun Gandu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Jika Anda mengunjungi air terjun melalui arah Solo, Anda bisa langsung menuju ke Kabupaten Karanganyar. Kemudian cari jalan ke Karangpandan lalu ke Ngargoyoso. Anda juga dapat menemukan rute dengan mengunjungi lokasi wisata Candi Sukuh. Dari Ngargoyoso, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Desa Berjo. Baru setelah itu pengunjung akan menemukan tanda yang menunjuk ke Air Terjun Jumog.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, Anda bisa memarkirnya di tempat yang telah disediakan. Meski begitu, pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai ke air terjun ini. Karena jalan pegunungan tidak dapat diakses dengan kendaraan. Entah itu sepeda motor atau mobil.

Bagi yang menggunakan sepeda motor bisa parkir 300 meter sebelum air terjun Jumog Karanganyar. Maka Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke destinasi wisata tersebut. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan seperti mobil atau bus. Kendaraan diparkir 800 meter sebelum air terjun.

Anda tidak perlu takut kelaparan karena di sepanjang jalan menuju air terjun akan banyak pedagang di sepanjang jalan. Jadi ketika Anda merasa lelah, Anda bisa berhenti sejenak untuk membeli perbekalan. Selain itu, di sini juga dijual bibit tanaman yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jangan khawatir, harganya tidak mahal. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan lokal. Selama waktu tersebut, wisatawan asing akan dikenakan biaya sebesar Rp 25000. Jam bukanya sendiri dimulai dari pukul 08:00 hingga 16:00 pada hari biasa.

Sedangkan saat akhir pekan tiba, tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00. meskipun waktu terbaik untuk datang ke air terjun Jumog adalah di pagi hari. Dimana masih begitu sepi serasa pulau pribadi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Jumog

Aktivitas air terjun Jumog.Kredit gambar: Google Maps n azizah

1. Nikmati keindahan alam

Aktivitas yang otomatis ingin Anda lakukan tentunya menikmati keindahan alam di sekitar air terjun. Bagaimana tidak tempat wisata ini memiliki panorama alam yang begitu indah. Dari cipratan air yang jatuh di lanskap sekitarnya.

Belum lagi udara khas pegunungan yang akan membuat semua orang betah berlama-lama disana. Suasana begitu asri dikelilingi oleh perkebunan. Hal ini membuat Anda melupakan penatnya berbagai aktivitas di luar liburan. Air dingin yang jatuh dari ketinggian mengejutkan Anda.

Duduk di bebatuan sana, sambil menyentuh air pegunungan yang dingin, memang menyenangkan. Anda bisa puas menjelajah di sekitar lokasi.

2. Permainan air

Tidak terlihat mengesankan jika Anda berwisata ke air terjun tetapi belum merasakan kesejukan airnya. Di sinilah Anda bisa dengan senang hati menikmati air khas pegunungan. Dingin akan menyentuh kulit. Airnya benar-benar segar karena belum tercemar limbah. Apalagi tempatnya juga dikelilingi perbukitan sehingga air terjun yang eksotis ini selalu terlihat alami dan asri.

Mengajak anak bermain di air terjun Jumog juga merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Pasalnya di sini memiliki aliran air yang tidak terlalu deras. Jadi Anda bisa berenang di bawah air terjun. Aliran sungainya juga bagus untuk dijadikan tempat berendam untuk bersantai. Tak heran jika tempat wisata ini masih digandrungi oleh semua orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Pemandangan di sekitarnya juga sangat mengesankan. Beberapa batu alam muncul di tempat-tempat wisata. Oleh karena itu, pengunjung juga harus berhati-hati saat berjalan di sana. Karena mungkin ada banyak batu licin di sana.

3. Berburu foto keren

Mengunjungi tempat wisata yang indah tidak mungkin tidak mengabadikan setiap momennya. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera agar bisa bertemu foto dengan background air terjun yang indah. Dengan demikian, kenangan tersebut akan tersimpan dan akan terus terlihat.

Apalagi buat yang punya jejaring sosial, bikin temen-temen mau ke air terjun Jumog Karanganyar juga. Anda bisa menemukan tempat-tempat menarik di sini. Meski begitu, Anda harus berhati-hati. Karena area air terjun sudah dikenal basah, jadi hindari kamera Anda terkena air.

4. Makan hidangan spesial

Perut terasa keroncongan karena lelah berjalan-jalan dan bermain air. Mungkin Anda akan menikmati aktivitas yang satu ini. Apalagi jika bukan kuliner dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Banyaknya pengunjung air terjun ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk menunjang perekonomian mereka.

Oleh karena itu, Anda akan menemukan banyak penjual makanan di sini yang menggelar tikar di tepian. Sehingga pengunjung bisa makan dengan nikmat sambil menikmati deburan air yang jatuh. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan kebersihannya.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Jumog Karaganyar

Fasilitas air terjun JumogKredit Gambar: Google Maps Resmi Evyaini

1. Kolam renang

Saat mengunjungi air terjun, Anda pasti ingin menikmati kesejukan air terjun pegunungan. Nah, di Karanganyar sekarang sudah ada kolam renang. Sehingga pengunjung bisa selalu memainkannya di dalam air. Juga pemandangan dari kolam sangat indah. Hal ini dikarenakan tempat tersebut terhimpit oleh sebuah bukit.

2. Belvedere

Fasilitas selanjutnya di Air Terjun Jumog adalah tempat peristirahatan sementara yaitu gazebo. Sehingga pengunjung dapat beristirahat sejenak untuk makan dan minum setelah browsing situs. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar.

3. Tempat makan

Merasa lapar karena tidak membawa perbekalan. Tenang, Anda bisa makan di restoran-restoran di sekitar lokasi air terjun ini.

4. Masjid

Untuk menunjang sarana peribadatan bagi pengunjung, telah dibangun tempat salat di sekitar lokasi. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi bingung dalam hal waktu sholat.

5. Toilet umum

Keberadaan toilet sangatlah penting. Tak terkecuali di lokasi tujuan wisata sekalipun. Nah, di air terjun Jumog fasilitas tersebut sudah tersedia. Sehingga pengunjung tidak perlu lagi bingung mencari toilet.

Berbagai hal tentang Air Terjun Jumog di Karanganyar bisa dijadikan referensi sebelum merambah ke tempat wisata alam tersebut. Bon voyage di negara kaya Indonesia.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button