Wagub Emil berharap Jembatan Kaca Bromo bermanfaat bagi warga sekitar - WisataHits
Jawa Timur

Wagub Emil berharap Jembatan Kaca Bromo bermanfaat bagi warga sekitar

Wagub Emil berharap Jembatan Kaca Bromo bermanfaat bagi warga sekitar

MALANG RAYA (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur berharap keberadaan jembatan gantung kaca di Seruni Point di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dapat membawa manfaat bagi warga setempat.

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengatakan di Kota Malang, Rabu, keberadaan jembatan gantung kaca diharapkan membawa manfaat yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami ingin agar benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar Bromo,” kata Emil.

Emil menjelaskan jembatan gantung kaca sepanjang 120 meter yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata prioritas di Jawa Timur.

Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, lanjutnya, diharapkan juga berdampak positif bagi masyarakat setempat. Masyarakat setempat dapat merasakan manfaat dari perkembangan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

“Kami ingin wisata ini mengakar di masyarakat, bagaimana warga lokal bisa memilih dengan kami. Kalau ini meningkatkan jumlah wisatawan, bagaimana jembatan itu bisa berdampak positif bagi masyarakat di sana,” katanya.

Kementerian PUPR belum lama ini mengumumkan akan mengevaluasi hasil stress test jembatan kaca Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo.

Stress test dilakukan untuk memastikan keamanan dan memberikan jaminan keamanan kepada wisatawan saat beroperasi. Di stress test dengan beban total tujuh ton atau setara dengan 100 orang.

Pada tahun 2022, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan dikunjungi oleh 318 ribu wisatawan. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yakni 138.000 orang.

Pada periode tahun 2022 tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo mencapai 318.919 wisatawan yang terbagi menjadi 310.418 pengunjung yang merupakan wisatawan domestik bahkan 8.501 wisatawan mancanegara.

Dari total kunjungan wisatawan ke Bromo tahun 2022, penerimaan negara bebas pajak (PNBP) mencapai Rp11,65 miliar. Angka ini juga meningkat dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 4,85 miliar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button