Air Terjun Kembar Grenjengan, rasakan pesona air terjun kembar di Magelang - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Kembar Grenjengan, rasakan pesona air terjun kembar di Magelang

Air Terjun Kembar Grenjengan, rasakan pesona air terjun kembar di Magelang

Magelang merupakan daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya. Air Terjun Kembar Grenjengan adalah salah satu yang terindah, ayo kunjungi sekarang.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB, Alamat: Muneng Warangan, Kec. Pakistan, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Verifikasi lokasi

Anda sedang mencari tempat wisata alam yang indah dan tiket masuk murah di sekitar Magelang? Air Terjun Kembar Grenjengan bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi waktu liburan dan melepas penat dari aktivitas kerja sehari-hari. Suasana air terjun yang dikelilingi pohon pinus akan menyejukkan hati dan pikiran.

Magelang merupakan kabupaten yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh daerah pegunungan. Tak heran kawasan ini penuh dengan tempat wisata dengan pemandangan indah yang sangat memanjakan mata. Namun sayangnya selama ini kebanyakan wisatawan hanya mengenal Candi Borobudur saja.

Padahal masih banyak tempat wisata lain yang tak kalah menariknya, termasuk Air Terjun Kembar Grenjengan itu sendiri. Di sini wisatawan bisa merasakan betapa segarnya pemandangan air terjun yang indah dan segarnya udara. Dan untuk mengunjungi air terjun yang indah ini, biayanya juga sangat murah.

Atraksi yang ditawarkan oleh air terjun Kembar Grenjengan

Kredit gambar: Google Maps Diana Deeana

Sama seperti air terjun alami lainnya, Air Terjun Grenjengan juga memiliki nama lain yaitu Air Terjun Grenjengan Kembar. Banyak atraksi yang bisa menjadi alasan kenapa wisatawan harus segera mengunjungi air terjun cantik ini. Berikut berbagai atraksi dan pesona alam yang bisa ditemukan di wisata air terjun alami yang indah ini.

✦ Nikmati keindahan air terjun kembar dan berjenjang

Salah satu keistimewaan dari Curug Genjrengan Kembar, sesuai dengan namanya adalah terdapat 2 buah air terjun yang mengalir. Selain itu, air terjun cantik ini juga memiliki beberapa air terjun kecil sehingga terlihat seperti air terjun yang mengalir deras.

Air terjun pertama setinggi 12 meter, sedangkan air terjun kedua di bawahnya setinggi 18 meter. Selain dua aliran air terjun utama, ada juga aliran air terjun lain yang lebih kecil dengan tinggi sekitar 2 meter.

✦ Segarnya air pegunungan Merbabu

Air yang mengalir di Air Terjun Kembar Grenjengan ini berasal dari anak sungai Cebong yang berada di lereng Gunung Merbabu. Jadi jangan heran jika air yang mengalir sangat sejuk saat disentuh. Bagi wisatawan yang merasa lelah setelah berwisata ke air terjun, bisa langsung membasuh muka atau bermain air.

✦ Pemandangan hutan pinus yang hijau menyejukkan mata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Kembar Grenjengan berada di tengah hutan pinus. Nah, dalam perjalanan menuju air terjun ini, wisatawan akan melewati pepohonan pinus hijau yang sangat menyegarkan mata. Meski melintasi kawasan hutan, jalur menuju air terjun ini sangat mudah.

Karena di wisata air terjun ini sudah disediakan jalan setapak yang bisa ditempuh dengan mudah oleh siapapun. Udara di sini juga sangat segar karena berada di kawasan pegunungan di ketinggian 1.000 mdpl. Sehingga meski berjalan cukup lama, wisatawan tidak akan mudah kepanasan.

✦ Tempat Foto Estetis

Bagi wisatawan yang suka eksis dan rajin mengunggah foto ke jejaring sosial, mengunjungi air terjun cantik ini adalah suatu keharusan. Karena di sini banyak spot foto yang menarik dan estetik. Mulai dari pemandangan gunung, hutan pinus, hingga air terjunnya sendiri bisa menjadi spot foto yang keren.

Keempat objek wisata di atas belum tentu terdapat di objek wisata alam air terjun lainnya. Jadi jangan tunggu lama lagi dan segera rencanakan untuk mengunjungi air terjun kembar Grenjengan. Tak perlu khawatir soal biaya karena tiket masuknya sangat terjangkau.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Kembar GrenjenganKredit gambar: Google Maps Usama Faizul Islam

Lokasi Air Terjun Kembar Grenjengan tepatnya di Dusun Citren, Desa Munewarang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Atau lebih mudahnya, air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil.

Nantinya, semua kendaraan pribadi harus berhenti di desa Munawarang untuk parkir, setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Grenjengan dan memulai perjalanannya dari Alun-alun Magelang, jarak yang ditempuh sekitar 21 kilometer.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tiket masuk wisata air terjun ini sangat terjangkau. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun kembar tersebut, wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000, dan harga tiket ini sudah termasuk biaya parkir.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas menarik di Air Terjun Kembar GrenjenganKredit gambar: ID Google Maps Amberku LT

Saat berada di kawasan wisata Air Terjun Kembar Grenjengan, wisatawan tidak perlu bingung harus melakukan apa. Karena meski air terjun ini berada di tengah hutan, namun banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

1. Nikmati pemandangan air terjun

Hal pertama yang harus dilakukan saat berada di sini tentu saja menikmati pemandangan air terjun kembar Magelang. Karena bisa dibilang keberadaan air terjun kembar dan berundak cukup langka. Sambil menikmati pemandangan, wisatawan bisa bermain dan merasakan kesejukan airnya.

2. Ambil foto dengan latar belakang yang estetis

Selain itu, setelah puas bermain dan menikmati pemandangan, jangan lupa untuk berfoto. Wisatawan tidak perlu bingung mencari spot foto yang menarik. Karena di sekitar air terjun yang indah ini terdapat banyak spot foto yang menarik dan estetik. Yang paling utama tentu saja pemandangan air terjun kembar itu sendiri.

3. Jelajahi area Hutan Pinus

Terakhir, bagi wisatawan yang suka menjelajah, bisa berjalan-jalan di sekitar hutan pinus. Karena dalam perjalanan menuju air terjun wisatawan akan melewati kawasan hutan yang penuh dengan pohon pinus. Namun untuk menghindari tersesat, jangan menjelajah terlalu jauh dari jalan setapak. lintas alam Dan pastikan untuk mengundang teman.

Dapat disimpulkan bahwa di Air Terjun Kembar Grenjengan terdapat banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan. Dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam, tentunya hal ini akan membawa banyak keuntungan bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun Twin GrenjenganKredit gambar: Google Maps oleh Pak Dhé Wied

Dengan tiket masuk yang relatif murah, ternyata Air Terjun Kembar Grenjengan juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Dengan adanya fasilitas tersebut, wisatawan akan lebih nyaman saat berkunjung. Nah berikut beberapa fasilitas yang ada di Air Terjun Kembar Grenjengan.

Area parkir

Wisata air terjun ini memiliki tempat parkir yang terletak di Desa Munawarang. Meski tidak terlalu luas, tempat parkir mobil ini dipastikan cukup menampung seluruh kendaraan pribadi pengunjung. Dan nantinya tempat parkir antara mobil dan motor juga akan dipisahkan, sehingga saat wisatawan pulang tidak akan kesulitan.

Belvedere

Dengan adanya gazebo, wisatawan yang lelah bisa beristirahat sejenak hingga tenaga kembali pulih. Dan gazebo yang disediakan juga cukup nyaman untuk beristirahat sendiri atau bersama orang lain.

Kamar mandi

Saat berada di kawasan wisata air terjun, Anda tidak perlu khawatir untuk ke toilet. Karena disini sudah disediakan toilet atau kamar mandi yang bisa digunakan dengan nyaman.

Air Terjun Kembar Grenjengan merupakan tempat wisata di Magelang yang sangat cocok dikunjungi saat liburan. Selain harga tiketnya yang murah, tempat wisata ini juga sangat mudah ditemukan. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir tersesat atau salah jalan saat berkunjung ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button