Pantai Pasir Putih Lampung - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Pasir Putih Lampung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai pasir putih salah satu wisata pantai yang menakjubkan dari lampung Selatan Anda harus menjelajahi pesonanya. Pantai ini memiliki pemandangan alam dan bawah laut yang mampu memukau siapa saja yang mengunjunginya.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Wisata pantai Indonesia seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi, dari timur hingga barat, pantai-pantai yang berbeda memiliki keindahannya masing-masing. Ada sebuah pantai di Kepulauan Sumatera Selatan yang namanya sudah populer di luar pulau itu sendiri.

Pantai Pasir Putih Lampung, telah menjadi andalan pariwisata oleh beberapa pelancong dari dalam dan luar daerah. Deburan ombak terdengar seperti melodi alam. Keindahan pemandangan terumbu karang yang tertata secara alami dari alam, membuat pantai ini tidak pernah sepi dari wisatawan.

Tidak hanya pemandangan alam yang menarik perhatian semua pasang mata, namun fasilitas wisata juga tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa. Jangan lupakan soal kuliner, pantai ini akan memberikan banyak solusi untuk masalah perut Anda yang keroncongan.

Daya tarik pantai pasir putih Lampung

Pantai Pasir Putih LampungKredit gambar: Google Maps Rahmad Akbar

1. Dekat jalur utama

Siapa yang tidak mengenal Cross Line? Ya, jalur ini adalah penghubung antara kota dan kota lain di sebuah pulau. Tentu saja Pulau Sumatera juga memiliki penyeberangan ini, namanya Jalur Lintas Sumatera.

Jalan ini dibangun sepanjang 2.509 km melalui semua titik di kepulauan Sumatera. Tak terkecuali dengan satu titik di kawasan Lampung Selatan. Salah satu jalurnya menampilkan ombak yang datang dari Teluk Lampung.

Akan lebih jelas di jalur ini bagaimana gambaran pantai pasir putihnya, karena jaraknya tidak lebih dari 2 km. Akses ini akan memudahkan tugas wisatawan yang akan ke sana. Mereka tidak perlu menjelajah ke jalan belakang untuk menemukan pantai yang indah ini.

Mulai dibangun pada tahun 1965, Jalur Lintas Sumatera membutuhkan waktu 10 tahun untuk dibangun. Pada masa Presiden Soekarno, pembangunan jalur ini kemudian disebut sebagai proyek raksasa.

Banyak wisatawan yang tidak sengaja datang ke pantai Pasir Putih hanya untuk rehat sejenak dari perjalanan. Namun karena itu, akan membuat pantai yang eksotis ini semakin mudah dikenali dan dijangkau oleh para wisatawan yang akan datang.

2. Pesona Bawah Air

Tidak kalah dengan pantai timur Indonesia yang terkenal dengan surga bawah lautnya, pantai yang bersebelahan dengan pulau Jawa ini juga memiliki sebutan tersendiri. Menjadi primadona masyarakat Lampung, Anda akan dibuat takjub dengan pesonanya yang mampu menyihir mata.

Sebelumnya, Anda akan melihat hamparan batu karang yang berjejer di sepanjang pantai. Batuan kecil ini muncul di tepi pantai akibat pecahnya batu besar, dihantam ombak dan tersapu ke pantai.

Setelah mencoba menjelajahi dasar laut dari pantai pasir putih Lampung, Anda akan melihat ikan-ikan kecil bermain di terumbu karang. Atau anemon laut yang seolah menari mengikuti arus. Ini adalah bingkai alami yang dapat merusak tampilan.

Jika arus laut sedang bagus, Anda bisa puas melihat warna-warni ikan dan terumbu karang. Sambil menikmati pesona terumbu karang, jangan sekali-kali mencoba menyentuh atau bahkan memungutnya untuk dibawa pulang.

Setiap terumbu karang di laut Indonesia harus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat. Dapat dikatakan sebagai kewajiban sebagai warga negara Indonesia, karena merupakan salah satu upaya untuk mencintai bangsa dan negara.

Jadi jangan merusaknya hanya untuk keinginan sesaat, juga di pantai yang indah ini. Wisatawan yang tertangkap merusak atau mengambil terumbu karang akan diberi sanksi oleh pengelola pantai.

Alamat dan arah menuju lokasi Pantai Pasir Putih

Alamat pantai pasir putihKredit Gambar: Koleksi Google Maps Saluran Orang Soleh

Pantai yang terletak di kota Lampung ini tepatnya berada di Katibung. Jarak dari kota ke pantai hanya sekitar 22 km.

Ada banyak rute yang bisa Anda ambil untuk mengunjungi pantai ini. Jika Anda memulai dari pusat kota, Anda dapat mengambil jalan yang melewati Lintas Sumatera. Banyak wisatawan memilih jalur ini karena kondisi jalan yang mulus dan dapat menghemat waktu.

Di pertigaan Jalan Pulau Bacan dari barat, belok kiri ke kawasan Jalan Pangeran Antasari. Jalan ini merupakan jalan lurus yang mengarahkan Anda ke jalan utama yaitu Jalan Lintas Sumatera.

Pertama-tama Anda akan melewati jalur utama ini, karena tidak ada ruang untuk berbelok ke kanan. Melewati Fly Over Kali Balau, Anda akan menemukan tempat untuk berbelok ke Jalan Pangeran Tirtayasa.

Jalan terus sampai masuk jalan utama dan ikuti saja arah jalan. Berhati-hatilah saat berkendara di jalan ini karena merupakan jalur cepat, di mana rata-rata pengendara menggunakan kecepatan hingga 40 km/jam.

Lokasi pantai berada di kanan jalan, anda akan melihat petunjuk arah menuju pantai saat anda mendekati tempat tujuan. Jika Anda berada di dekatnya, petugas akan membantu Anda menyeberang jalan utama ini. Sesampainya di pantai, petugas parkir akan mengarahkan kendaraan ke tempat parkir.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Lampung

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih LampungKredit gambar: Google Maps Mary Siahaan

Untuk mengikuti wisata Pantai Pasir Putih dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Jika Anda datang dengan mobil, biaya yang dikenakan adalah Rp 10.000 untuk satu mobil. Lebih hemat dengan kendaraan roda 4 bukan?

Ada sebuah pulau kecil yang bersebelahan dengan pantai ini, Anda bisa mengunjunginya dengan menggunakan perahu. Anda hanya perlu membayar Rp 250.000 untuk perahu yang bisa mengangkut 10 orang. Harga tiket masuk pulau ini adalah Rp 10.000.

Memang, jika Anda datang sendiri ke pantai ini, biaya yang akan Anda keluarkan akan jauh lebih tinggi. Untuk itulah, banyak wisatawan mengincar jasa travel yang memiliki daftar destinasi ke pantai ini. Selain bisa menghemat uang, kamu juga akan bertemu dengan teman-teman baru.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai pasir putih

Aktivitas menyenangkan Pantai pasir putihKredit gambar: Google Maps Ariyanto Wibowo

1. Berkano

Anda bisa mencoba perahu kecil yang hanya cocok untuk satu orang saat berwisata di pantai pasir putih ini. Cara menggerakkan sampan ini adalah dengan mengayuh dengan kedua tangan. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan kekuatan tangan, itu dapat dengan cepat melukai Anda.

Menyusuri tepi pantai dengan kano memiliki nuansa yang berbeda, ombak belum tentu akan menghantam perahu kecil Anda dan bisa saja terbalik. Tapi jangan khawatir, peralatan keselamatan sudah disediakan pengelola untuk wisatawan.

2. Bersantai di bawah pohon

Main ukulele atau gitar di sore hari di pinggir pantai, sambil bersantai di bawah rindangnya pepohonan hijau. Anda bisa menemukan bahwa di kawasan pantai ini, pepohonan di tepi pantai menjadi pilihan para wisatawan untuk berteduh.

Saat sore hari tiba, tempat yang sengaja disediakan untuk wisatawan akan penuh. Mereka memilih di bawah pohon untuk menghabiskan sore yang tenang ditemani semilir angin laut yang lembut.

Tak lupa momen senja yang cahaya jingganya melukiskan warna indah di lautan pasir putih pantai Lampung. Abadikan momen indah ini dengan kamera Anda, temukan tempat yang tepat untuk mengambil bidikan yang sempurna.

3. Berenang

Aktivitas seru di pantai pasir putihKredit gambar: Google Maps MH 17

Rasanya ada yang hilang saat berkunjung ke pantai tapi tidak bermain air. Khusus untuk anak laki-laki, berenang di pantai merupakan kewajiban yang tak terucapkan.

Bahkan jika pejabat setempat memberi izin, wisatawan tetap harus menjaga diri. Selalu berusaha untuk menjaga anak-anak di bawah pengawasan orang tua.

4. Snorkeling

Snorkeling merupakan hobi bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona alam bawah laut. Mereka akan betah berlama-lama menyaksikan ikan-ikan cantik yang diburu.

Di sekitar pantai terdapat tempat persewaan alat snorkeling, dengan sistem sewa jangka panjang. Baju renang Frogfoot disediakan lengkap untuk anda yang ingin snorkeling.

Akan ada pendamping selama kegiatan ini, jadi bagi anda yang masih pemula jangan takut untuk mencoba olahraga air ini.

Ajak teman-teman saat melakukan aktivitas snorkeling, agar lebih seru dan menyenangkan. Ingatlah untuk mengambil foto di dalam air, nanti foto dapat disimpan kapan saja.

5. Kuliner

Seafood tentu sudah tidak asing lagi untuk dijadikan kuliner di wisata pantai. Aneka olahan mulai dari yang manis, asin hingga pedas akan cocok jika dipadukan dengan ikan laut.

Banyak restoran telah didirikan di dekat pantai berpasir putih Lampung. Makanan laut yang disajikan juga segar, yaitu segar dari laut, ikan segar dipilih karena rasanya lebih enak dan teksturnya lebih lembut setelah dimasak.

Favorit pengunjung pantai ini adalah kepiting saus padang. Kuah kental yang dominan rasa pedasnya, dicampur dengan daging kepiting yang sudah direbus sebelumnya. Membayangkan hidangan ini saja sudah membuat perut keroncongan.

Penginapan murah di sekitar pantai pasir putih

Akomodasi di pantai pasir putihKredit gambar: Reddoorz.com

1. Pintu Merah

Hostel yang populer di kalangan traveler ini menjadi salah satu pilihan di pantai pasir putih Lampung. Jarak ke pantai adalah 3,4 km, tidak terlalu jauh bagi Anda yang mencari akomodasi terdekat.

2. Hotel Rangga Tri Tunggal Mini

Properti yang dikelola keluarga ini hanya berjarak 2,5 km dari lokasi wisata. Bagi Anda yang suka berlibur bersama teman atau keluarga, hotel ini mungkin bisa menjadi pilihan.

3. Hotel Mutiara

Tidak jauh dari hostel kedua, Hotel Mutiara berjarak 3,8 km. Salah satu fasilitas hotel yang menarik pengunjung adalah tempat parkir yang luas.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pasir Putih Lampung

Fasilitas Pantai Pasir Putih LampungKredit gambar: Google Maps Azwar Ramlan

Pantai pasir putih ini menawarkan beberapa fasilitas bagi wisatawan. Dari pintu masuk pertama ke pantai, tempat parkir mobil yang luas akan memudahkan Anda untuk memarkir kendaraan Anda.

Toilet umum juga tersedia di berbagai lokasi di pantai ini. Anda tidak akan kesulitan mencari air bersih untuk menyiram tubuh yang terkena air laut.Untuk biaya penggunaan toilet ini Anda hanya perlu menyiapkan Rp.2000, seperti toilet pada umumnya.

Tempat persewaan peralatan olahraga air juga tersedia di salah satu sudut pantai. Keselamatan wisatawan selalu menjadi prioritas, oleh karena itu sebelum mencoba berbagai olahraga air, wisatawan diwajibkan untuk mempersiapkan peralatan keselamatan.

Berbagai aktivitas dan fasilitas di Pantai Pasir Putih Lampung Selatan dapat membuat wisatawan semakin tertarik dengan pantai ini. Selain itu, lokasinya sangat mudah dijangkau dari berbagai arah kedatangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button