Air terjun Yeh Labuh, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Bali - WisataHits
wisatahits

Air terjun Yeh Labuh, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Bali

Air terjun Yeh Labuh, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Bali
Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00–05.00 WITA, Alamat: Selumbung, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Yeh Labuh menjadi salah satu pilihan tempat berwisata saat liburan di Bali. Air jernih dan udara segar membuat pikiran lebih segar!

Selama ini Pulau Bali memang dikenal memiliki beragam objek wisata pantai. Namun ternyata pulau dewata ini juga memiliki banyak objek wisata air terjun yang indah. Salah satunya adalah objek wisata Air Terjun Yeh Labuh yang terletak di wilayah Karangasem.

Keindahan alam air terjun ini dapat dinikmati setelah pendakian yang cukup menantang bagi para petualang, tidak heran jika objek wisata air terjun ini selalu terlihat sangat alami. Rasa lelah akan terbayar sepenuhnya dengan kesejukan air terjun dan pemandangan indah yang mengelilinginya.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke air terjun ini. Memang apa daya tarik wisata air terjun di Karangasem Bali ini? Bagaimana saya bisa sampai ke tempat-tempat wisata ini? Yuk simak informasi selengkapnya tentang Yen Labuh!

Daya tarik yang dimiliki Air Terjun Yeh Labuh

Daya Tarik Air Terjun Yeh Labuh di BaliKredit gambar: Google Maps Haryo Wibhisono

Meski terletak di pedalaman dan memiliki jalur yang cukup sulit, ternyata lokasi tempat wisata air terjun ini cukup ramai dikunjungi. Hal ini tentunya karena daya tarik wisata air terjun yang dimilikinya. Berikut beberapa tempat wisata di Yeh Labuh!

1. Air Terjun yang Mempesona

Yeh Labu merupakan air terjun yang terdiri dari dua tingkatan yaitu air terjun Tibu Kresek di bagian bawah dan air terjun Tibu Tengah di bagian atas yang tingginya bisa mencapai 35 meter. Kedua tingkat air terjun ini jaraknya tidak terlalu jauh atau hanya berjarak sekitar 10 menit saja.

Aliran airnya yang tidak terlalu deras dengan sisi kanan dan kirinya dipenuhi pepohonan hijau membuat air terjun ini begitu mempesona. Bebatuan alami di kolam dan air terjun juga membuatnya semakin indah.

2. Keindahan alam di sekitar air terjun yang indah

Air Terjun Yeh Labuh dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau. Bisa dibayangkan, bukan? Suasana di sekitar air terjun ini tentunya sangat asri! Cocok untuk refreshing dan menenangkan diri sejenak melupakan penatnya aktivitas sehari-hari.

Karena lingkungannya selalu asri, terkadang terdengar kicau burung berkicau di antara mereka sendiri. Kicauan burung dan gemericik air terjun menambah suasana alam yang menenangkan.

3. Udara segar dan menyejukkan

Air terjun ini sangat cocok untuk dikunjungi wisatawan yang lelah dengan kehidupan kota. Di tempat wisata yang satu ini, mata akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menyejukkan dan indah. Selain itu, udara di kawasan wisata ini cukup sejuk dan menyejukkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Yeh Labuh BaliKredit gambar: Google Maps Andriy Maygutyak

Di manakah lokasi Air Terjun Yeh Labuh? Destinasi wisata ini berada di kawasan Dudun Siig, Desa Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai Bali, silakan berkendara langsung menuju Desa Manggis yang memakan waktu kurang lebih 1 jam 27 menit.

Kemudian dari desa Manggis dilanjutkan dengan mengikuti Google Maps atau petunjuk arah lainnya hingga sampai di lokasi air terjun ini. Lokasinya memang cukup sulit ditemukan, apalagi bagi pengunjung yang tidak terbiasa dengan kawasan tersebut.

Jalan menuju destinasi wisata air terjun ini cukup menantang bagi jiwa petualang wisatawan. Air terjun ini dapat dicapai dengan mengikuti jalur yang cukup sulit, menyeberangi sungai bahkan mendaki tebing yang cukup tinggi.

Sebaiknya berwisata ke Yeh Labuh dengan mengajak rombongan teman atau keluarga. Tujuannya adalah untuk saling membantu di jalan yang sulit ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Air Terjun Yeh Labuh BaliKredit gambar: Facebook Eka Yuliantari

Pengunjung dapat memasuki kawasan wisata air terjun Yeh Labuh setiap saat. Namun sebaiknya datang saat cuaca cerah dan mulailah tracking lokasi air terjun pada pagi atau dini hari.

Saat memasuki kawasan wisata air terjun ini, setiap wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk wisata air terjun di Karangasem ini adalah Rp 5.000 per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Yeh Labuh

Aktivitas Air Terjun Yeh Labuh BaliKredit gambar: Google Maps Boby Bahar

Selain menikmati pesona keindahan Air Terjun Yeh Labuh Bali sambil duduk diam, masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan. Berikut beberapa pilihan aktivitas liburan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke sini!

1. Berenang dan bermain di bawah air terjun

Yeh Labuh merupakan air terjun yang memiliki aliran air yang tidak terlalu deras sehingga cocok sebagai tempat permainan air. Kolam di bawah air terjun yang menampung aliran air juga bisa digunakan untuk berenang.

Pastikan untuk selalu berhati-hati saat bermain di sekitar air terjun ini. Memang, beberapa bebatuan tersebar tidak merata di sekitar air terjun.

2. Ikuti di sekitar air terjun

Selain bersenang-senang di bawah air terjun, mengikuti objek wisata ini juga menyenangkan. Wisatawan bisa melihat keindahan alam yang selalu asri dan menghirup udara segar.

Bahkan, aktivitas tracking ini juga dilakukan dari jalan utama menuju lokasi air terjun. Track rides akan menyenangkan dan menantang dengan track atau jalur yang ditempuh. Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman agar mengikuti air terjun lebih nyaman.

3. Berburu Foto

Saat Anda berkunjung ke suatu tempat wisata, tentunya Anda harus membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen liburan. Kawasan air terjun Yeh Labuh bisa menjadi tempat yang cocok untuk hunting foto dengan tema alam.

Aliran air terjun dari ketinggian bisa dijadikan background instagramable. Selain itu, foto di kolam air terjun yang dihiasi bebatuan alam juga akan terlihat estetis. Rerimbunan pepohonan di sekitar air terjun pasti akan menambah kesan natural pada foto yang dihasilkan.

Jika ingin melakukan aktivitas hunting foto, maka jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang memadai. Berburu foto bisa dilakukan dengan kamera digital atau kamera handphone. Berhati-hatilah saat membawa peralatan fotografi agar tidak jatuh atau bahkan masuk air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Yeh Labuh BaliKredit Gambar: Saluran Tunggal Google Maps

Meski berada di tempat yang cukup sulit dijangkau, kawasan objek wisata Air Terjun Yeh Labuh tetap menawarkan berbagai fasilitas. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia bagi pengunjung wisata Yeh Labuh, yaitu:

  • Area parkir
  • Kamar mandi atau toilet
  • warung makan
  • Tempat atau stasiun peristirahatan

Selain itu, di kawasan sekitar tempat wisata Yeh Labuh juga terdapat penginapan dengan harga terjangkau. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata lain di dekat Yeh Labuh, tidak ada salahnya menyewa penginapan terlebih dahulu agar tidak terlalu lelah.

Fasilitas air terjun ini memang belum terlalu lengkap. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa perlengkapan yang memadai. Misalnya, kotak P3K, pakaian ganti, makanan ringan dan berat, minuman, dll.

Air Terjun Yeh Labuh merupakan salah satu wisata air terjun menawan di Bali yang masih terlihat sangat asli dan alami karena belum banyak pengunjung. Meski treknya cukup melelahkan, keindahan Yeh Labuh bisa mengobati penat dan membuat semangat lebih segar!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button