Tiket Taman ANIMAL Pematang Siantar dan Koleksi Satwa Liar - WisataHits
wisatahits

Tiket Taman ANIMAL Pematang Siantar dan Koleksi Satwa Liar

Biaya Masuk Taman Margasatwa Pematang Siantar -THPS: Rp 30.000 Jam Buka: 09:00 – 17:00No. Phone: 08116717172 Alamat: Jl.Gunung Simanuk Manuk No.2, Teladan, Siantar Baru, Pematang Siantar, Sumatera Utara, Indonesia, 21144

Jika Anda tinggal di kota, hiburan yang paling nyaman memang mall atau pusat perbelanjaan. Namun, sebenarnya masih banyak alternatif destinasi wisata alam dan edukatif yang bisa Anda coba sekeluarga tanpa harus meninggalkan suasana kota. Taman Margasatwa Pematang Siantar yang ada di Pematangsiantar, Sumatera Utara adalah salah satunya.

Taman Margasatwa Pematang Siantar atau THPS merupakan tempat dimana wisatawan dapat melihat dari dekat dan berinteraksi dengan ratusan jenis satwa. Sebagai taman satwa terlengkap dan salah satu yang terbaik di Indonesia, THPS menjadi tujuan wisata yang menarik, terutama bagi keluarga dan anak-anak.

Tiket masuk

Untuk mengunjungi THPS, wisatawan harus membayar tiket masuk yang murah. Namun, tiket masuk ini hanya berlaku untuk pengunjung berusia di atas 3 tahun. Selain itu, harganya sebanding dengan fasilitas yang tersedia di kawasan wisata tersebut.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp30.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana SIANTAR WATERPARK

Jam buka

Kebun binatang ini dibuka untuk umum setiap hari. Hampir setiap hari tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan musim liburan.

Jam operasional
Setiap hari 09.00 – 17.00 WIB

Objek Wisata Taman Margasatwa Pematang Siantar

thpsTaman Margasatwa Pematangsiantar merupakan salah satu taman satwa tertua di Indonesia – Foto: Google Maps/1ndragouw

Keberadaan THPS saat ini merupakan pengembangan dan peningkatan dari Kebun Binatang Pematangsiantar yang sudah ada sejak tahun 1936. Didirikan oleh ahli zoologi dari Belanda, THPS merupakan salah satu taman margasatwa tertua di Indonesia. Setelah masa kemerdekaan, taman ini dikelola oleh pemerintah setempat.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Wonders Water World Medan

Seiring waktu, manajemen menjadi lambat. THPS telah diabaikan, bersama dengan hewan yang dikandungnya. Pada tahun 1996, pengelolaan Kebun Binatang Pematangsiantar diambil alih oleh pengusaha swasta. Namanya diubah menjadi seperti sekarang ini.

Ratusan koleksi hewan

Orangutan bermain di Taman Satwa SiantarKandang orangutan yang luas – Foto: Google Maps/1ndragouw

THPS adalah rumah bagi ratusan hewan dari berbagai spesies. Ada lebih dari 150 jenis hewan yang hidup dan dipelihara di sini. Hewan adalah mamalia, burung, dan reptil. Semua hewan ini hidup di lahan THPS seluas 4,4 hektar.

Baca: Tiket Masuk FUNLAND MIKIE HOLIDAY dan Wahana Spektakuler

Satwa seperti harimau, tapir, gajah, berbagai jenis ular, beruang, dan burung merak bisa ditemukan di sini. Apalagi hewan langka seperti harimau sumatera dan owa juga ada. Lebih menarik lagi, ada buaya tertua yang konon pernah hidup di taman ini sejak dibuka pada tahun 1936. Ada juga Liger, persilangan antara singa dan harimau.

Deskripsi dan informasi tentang satwa di Taman Margasatwa Pematang SiantarTanda pendidikan dengan informasi tentang hewan – Foto: Google Maps/1ndragouw

Dengan jumlah satwa yang sangat banyak, wisatawan dapat menjadikan THPS sebagai sarana hiburan sekaligus wisata edukasi. Anak-anak dapat menemukan dunia binatang dengan mengamati mereka dan bahkan dengan berinteraksi secara langsung. Pengunjung juga diperbolehkan memberi makan satwa, namun hanya dengan pakan yang disediakan pengelola.

Konservasi hewan

Sepasang singa di Taman Margasatwa Pematang SiantarTHPS memiliki konservasi untuk melindungi satwa langka – Foto: Google Maps/ramlan syarif

Selain sebagai taman hiburan dengan konsep alam, THPS juga menjadi tempat konservasi satwa. Taman ini merupakan salah satu referensi terbaik dalam perawatan dan perlindungan hewan, baik domestik maupun liar. Tak hanya kandang untuk hewan, wisatawan akan menemukan beberapa bangunan di sini sebagai kawasan konservasi.

Baca: Tiket Masuk Wisata Sipinsur dan Pesona Alamnya

Di sini, hewan yang membutuhkan perhatian khusus ditempatkan di rumah karantina. Dengan cara ini, mereka akan tetap di bawah pengawasan dan dilindungi. Jika diberi umur dan masa pelatihan yang cukup, satwa ini akan kembali ke alam liar dan bereproduksi untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

klinik hewan

klinik hewanKlinik hewan tersedia di area THPS – Foto: Google Maps/Win Gemasih

Tidak hanya sebagai rumah bagi hewan, THPS juga dilengkapi dengan rumah sakit hewan. Rumah sakit ini juga merupakan bagian dari struktur pendukung THPS dalam perawatan hewan. Jika membutuhkan perawatan medis, masyarakat umum juga bisa membawa hewan peliharaannya ke sini.

Museum Zoologi Taman Margasatwa Pematang Siantar -THPS

Museum ZoologiBeberapa koleksi fosil dari museum zoologi – Foto: Google Maps/Joko Yuwono

Ingin melihat satwa liar dari dekat, tapi belum punya nyali? Tenang, THPS juga menawarkan museum yang menampilkan ratusan bangkai hewan yang telah diawetkan.

Fosil mamalia dan serangga dapat ditemukan dan diamati dari dekat di sini. Jangan khawatir, semua hewan yang dipelihara di sini legal karena berasal dari hewan mati, hasil perburuan resmi, dan donasi pribadi.

Piknik

Suasana tamanSuasana asri dan nyaman dengan bangku dan pepohonan – Foto: Google Maps/1ndragouw

Liburan keluarga ke THPS, jangan terlalu heboh melihat binatang sampai lupa waktu. Suasana teduh yang asri menghiasi setiap sudut THPS. Berbagai tumbuhan dan pepohonan menciptakan udara segar dan membuat pengunjung betah.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Water Park BIMA UTOMO

Saat perut Anda mulai keroncongan, mampirlah ke restoran di area THPS. Atau, kunjungi taman ini sebagai waktu piknik. Ada banyak area terbuka yang cocok untuk piknik di taman margasatwa terbesar di Indonesia ini. Jika Anda lupa membawa matras, Anda tidak perlu khawatir karena banyak yang menawarkan jasa persewaan matras.

Meredakan

THPS yang dikelola secara pribadi memiliki fasilitas yang lebih baik. Tempat parkir, toilet, restoran, dan tempat ibadah tersedia di sini. Penyewaan los dan tikar juga bisa ditemukan dengan mudah.

Lokasi Taman Satwa Pematang Siantar – THPS

Kebun binatang ini terletak di Jalan Gunung Simanuk Manuk Nomor 2, Teladan, Kecamatan Pematang Siantar, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Meski lokasinya tidak terlayani kendaraan umum seperti bus atau sprite, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau ojek.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button