Wisata Mangrove Surabaya lengkap dengan harga tiket, fasilitas dan jam buka - WisataHits
Jawa Timur

Wisata Mangrove Surabaya lengkap dengan harga tiket, fasilitas dan jam buka

Wisata Mangrove Surabaya lengkap dengan harga tiket, fasilitas dan jam buka

Wisata Mangrove Surabaya lengkap dengan harga tiket, fasilitas dan jam buka
Ekowisata Mangrove Wonorejo. ©Liputan6.com/Ahmad Ibo

Merdeka.com – wisata mangrove Surabaya menjadi salah satu tujuan wisata alam yang digemari oleh wisatawan baik lokal maupun non lokal. Tidak hanya wahana permainan, ada juga wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Wisata mangrove penuh dengan hutan bakau yang rimbun. Di kawasan pasang surut pantai, hutan bakau terus mekar, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir setiap kali berkunjung.

Artikel media Taboola

Adapun wisata mangrove di Surabaya yang dikelola oleh pemerintah yaitu Wisata Mangrove Wonorejo dan Wisata Mangrove Gunung Anyar.

Berikut merdeka.com rangkum lengkap wisata mangrove di Surabaya, termasuk harga tiket, fasilitas yang tersedia, serta waktu buka dan tutup, menurut Liputan6:

2 dari 3 halaman

Wisata Mangrove Surabaya : Wonorejo


Wisata mangrove Surabaya paling terkenal berlangsung di Jalan Raya Wonorejo No.1, Rungkut, Surabaya. Suaka mangrove yang dikelola sebagai ekowisata ini dikenal dengan Ekowisata Mangrove Wonorejo. Lebih dari separuh spesies mangrove Indonesia tumbuh subur di kawasan ini.

Vegetasi asli yang tumbuh di kawasan ini didominasi oleh mangrove, api-api, pidada dan buta-buta. Beberapa jenis tumbuhan lain seperti ketapang dan nipah juga ditemukan di kawasan ini.

Selain mangrove, juga terdapat 83 jenis burung eksotik dan langka seperti bambangan kuning, bangau merah, tekukur jawa dan tekukur gading. Di hutan mangrove Wonorejo, pengunjung bisa melihat monyet laut atau monyet ekor panjang berkeliaran dengan bebas.

Pengunjung dapat melakukan perjalanan perahu di sepanjang Muara Sungai Brantas untuk menemukan kekayaan keanekaragaman hayati hutan ini. Fasilitas perahu disediakan dengan 20 menit berkendara ke dan dari.

Setelah 20 menit, perahu kembali satu per satu. Selain perahu, pengunjung juga bisa menyewa speed boat berkapasitas 6 orang dengan harga sekitar Rp300.000. Adapun fasilitas lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Tempat parkir yang luas untuk kendaraan wisata
  2. Pusat Informasi
  3. tempat beribadah
  4. Toilet umum
  5. paviliun
  6. Taman cantik
  7. Tempat foto yang Instagramable
  8. Drive game yang mengasyikkan

Pengunjung hanya perlu menyiapkan tas sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak untuk masuk ke kawasan ekowisata ini. Mangrove tour buka pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional dan buka mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Sedangkan pada weekdays pengunjung harus menghubungi pihak pengelola wisata Mangrove terlebih dahulu jika ingin melakukan study visit pelajar.

3 dari 3 halaman

Wisata Mangrove di Surabaya: Gunung Anyar


Selain Wonorejo, Gunung Anyar merupakan wisata mangrove lainnya di Surabaya. Hutan mangrove Gunung Anyar, seperti hutan mangrove Wonorejo, sedang dikembangkan menjadi tujuan wisata. Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya menjadi destinasi warga yang ingin menyejukkan diri di Surabaya.

Destinasi berkonsep ekowisata ini berlokasi di Jalan Medokan Sawah, Desa Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Gunung Anyar Tambak, Gunung Anyar.

Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya memiliki aliran sungai dengan hutan bakau yang hijau dan asri. Berbagai fasilitas juga dapat digunakan secara bebas. Ada jalur jogging bambu sepanjang 20 meter yang membentang membujur melintasi area pohon bakau.

Di sepanjang kawasan ini terdapat spot foto dengan pemandangan hijau hutan mangrove yang sangat digemari pengunjung. Spot foto ini berupa lingkaran bambu yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ada juga paviliun di tengah hutan bakau tempat pengunjung bisa bersantai.

Di ujung timur Kebun Raya Mangrove Surabaya terdapat menara observasi setinggi 12 meter yang dapat melihat kawasan mangrove dari atas.

Untuk melihat pesona hutan mangrove di Wisata Mangrove Gunung Anyar ini pengunjung bisa menggunakan perahu. Namun, ada biaya tambahan untuk menjelajahi kawasan hutan mangrove dengan menggunakan perahu. Berikut relief lengkapnya:

1. Wisata Edukasi Mangrove

2. Jogging track sepanjang 630 m

3. Menara pengawas setinggi 12 m

4. Tentukan foto

5. Dermaga

6. Area piknik

7. Tur perahu ke menara

8. Kantor Administrasi

9. Toilet

10. Ruang Sholat

Liburan di wisata mangrove Gunung Anyar bisa dilakukan pada akhir pekan. Pengunjung bisa mengunjungi objek wisata alam ini bersama keluarga atau pasangan agar semakin romantis.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung diminta untuk menghormati kebersihan dan fasilitas selama tur.

Wisata Mangrove Gunung Anyar merupakan destinasi wisata gratis atau gratis. Namun, ada biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan.


[amd]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button