Tabebuya mekar membuat Jalan Braga Bandung semakin indah - WisataHits
Jawa Timur

Tabebuya mekar membuat Jalan Braga Bandung semakin indah

bandung

Bunga Tabebuya mulai mekar di Bandung, Jawa Barat. Keindahan bunga yang hanya mekar setahun sekali ini bisa ditemukan di Jalan Braga, Kota Bandung.

Mekarnya bunga pohon Tabebuya praktis menambah kemeriahan Jalan Braga. Jalan ikonik di kota Bandung yang berisi sejumlah bangunan bersejarah dengan arsitektur khas India Timur Belanda ini semakin dimanjakan dengan munculnya bunga kuning berbentuk terompet.

Tak heran, banyak warga yang berfoto selfie dengan bunga Tabebuya yang bermekaran. Salah satunya dilakukan oleh Anisa (23).

“Perhatikan seorang teman memposting foto di IG dengan latar belakang bunga ini. Jika Anda melihatnya, ternyata bagus. Nah, coba saja jalan-jalan di sini,” katanya sambil berbicara kepadanya detikJabar di Jalan Braga, Bandung, Rabu (10/8/2022).

Mengambil latar belakang bunga Tabebuya, Anisa mulai menata di depan kamera ponselnya. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya ia mendapatkan foto yang tepat untuk diunggah ke media sosialnya.

“Hasilnya bagus, jadi background fotonya estetis,” ujarnya.

Dilansir detikTravel, Tabebuya di Jalan Braga memiliki sekitar 50 pohon. Pohon itu ditanam sejak Bandung diperintah Wali Kota Dada Rosada.

Meski setiap hari macet parah, pengendara kini bisa sedikit memanjakan diri dengan mekarnya bunga Tabebuya. Terlebih lagi, cuaca di kota Bandung saat ini begitu sejuk bahkan pada siang hari, yang tentunya menambah suasana perayaan ikonik jalan tersebut.

Tabebuya sendiri merupakan sejenis pohon besar yang bunganya mekar setahun sekali sebelum datangnya musim hujan. Banyak yang mengira bunga tabebuya berasal dari Jepang karena bentuknya yang mirip sakura.

Namun, ternyata Tabebuya dan Sakura tidak memiliki hubungan darah. Tabebuya adalah pohon asli Brasil yang tersebar luas di iklim kering. Pohon peneduh ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya daunnya tidak mudah rontok dan akarnya tidak merusak bangunan di sekitarnya, meskipun memiliki batang yang keras.

Di Indonesia, pohon tabebuya hanya ditemukan di beberapa daerah antara lain Surabaya, Malang, Purwokerto, Magelang, dan Kediri. Dari kota-kota tersebut, Surabaya adalah tempat paling terkenal dengan tabebuya merah mudanya.

(ral/mso)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button