KRL Jabodetabek mengangkut 561.958 penumpang per hari selama akhir pekan - WisataHits
Jawa Barat

KRL Jabodetabek mengangkut 561.958 penumpang per hari selama akhir pekan

JAKARTA, KOMPAS.com – PT KAI Commuter menemukan bahwa pada Oktober 2022, rata-rata volume penumpang akhir pekan sebanyak 561.958 orang per hari. Pasalnya, akhir pekan kerap dimanfaatkan oleh Pemkot untuk berlibur bersama keluarga.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan KRL merupakan salah satu moda transportasi umum yang digunakan masyarakat untuk menuju tempat wisata dan tempat belajar.

“Beberapa stasiun terpantau ramai oleh pengguna, seperti Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Jakarta Kota,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/10/2022).

Baca juga: Anak Perusahaan Pertamina Buka Banyak Lowongan, Review Posisi dan Persyaratan

Di antara stasiun dekat tempat wisata, Stasiun Bogor merupakan stasiun tersibuk dengan 37.867 penumpang per hari, disusul Stasiun Jakarta Kota dengan total 19.589 penumpang per hari.

Selain stasiun di dekat tempat wisata, stasiun di dekat pusat perbelanjaan seperti Stasiun Tanah Abang termasuk stasiun tersibuk saat liburan akhir pekan. Ditemukan Oktober ini, lalu lintas penumpang akhir pekan di stasiun rata-rata 28.709 orang per hari.

Sedangkan rata-rata volume penumpang akhir pekan di Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tebet masing-masing adalah 19.117 dan 16.556 orang per hari.

Baca Juga : Penerima BSU Dipotong Gaji Perusahaan, Jangan Ragu Hubungi Bagian Personalia


Pendistribusian penumpang KRL pada akhir pekan dilakukan pada pagi hari pukul 09.00-11.00 WIB dan sore hari pukul 15.00-17.00 WIB.

Karena itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh penumpang untuk selalu merencanakan perjalanan dengan matang. Selain itu, penumpang dihimbau untuk selalu menggunakan aplikasi KRL Access untuk informasi real-time jadwal, kepadatan stasiun dan lokasi KRL yang akan ditempuh.

Penumpang yang membawa anak berusia minimal 3 tahun atau tinggi minimal 90 sentimeter (cm) harus membeli tiket. Cobalah untuk menghindari waktu penumpang yang padat pada hari libur nasional.

Baca Juga: JK Peringatkan Sri Mulyani, Jangan Menakut-nakuti Masyarakat Tentang Risiko Resesi

“Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama perjalanan,” ujarnya.

Bagi penumpang yang membawa barang bawaan, KAI Commuter menawarkan overhead luggage sebagai tempat untuk menyimpan barang bawaannya. Ukuran tas tangan yang boleh dibawa dalam KRL adalah 40 cm x 30 cm x 100 cm dan tidak mempengaruhi kenyamanan penumpang lain saat mengendarai KRL.

Baca Juga: Melihat Bisnis Pembangkit Listrik Keluarga Kalla

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button