Pulau Galang Batam - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Galang Batam – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, kegiatan liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Galang adalah pulau bersejarah dengan pesona alam yang menakjubkan di Batam. Bekas pulau pengungsi Vietnam ini menarik untuk dijelajahi.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp30.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Terletak di kota Batam di Kepulauan Riau, Pulau Galang adalah salah satu dari tiga kelompok pulau utama Batam, dua lainnya adalah Batam dan Rempang. Tempat ini memiliki beberapa pantai dan destinasi wisata lainnya antara lain Kampung Vietnam, Pantai Cakang, Pantai Mirota, Pantai Viovio dan Pantai Melur.

Letak pulau ini bisa dibilang strategis, terletak di antara Selat Singapura dan Selat Malaka. Tempat ini juga sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain terletak di jalur pelayaran internasional, pulau ini juga terletak di kota Batam yang merupakan kota dengan industri perdagangan besar di Indonesia.

Kota Batam sendiri dinilai sebagai kota dengan pengembangan industri dan pariwisata yang unggul, sehingga tidak heran jika banyak terdapat tempat wisata menarik seperti Pulau Galang salah satunya.

Atraksi Pulau Galang

Atraksi Pulau GalangKredit gambar: Google Maps Sarjono Bregas

Pulau yang memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pulau Bali ini memiliki banyak objek wisata yang berada di destinasi wisatanya. Beberapa tempat di pulau ini selain indah juga memiliki nilai sejarah yang tak lekang oleh waktu.

Beberapa keindahan destinasi di Pulau Galang memang belum banyak diketahui orang, sehingga sering disebut sebagai surga tersembunyi. Saat berlibur di sini, jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga.

1. Pantai Vio Vio

Pantai ini terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, Riau. Pantai yang diberi nama unik ini berdekatan dengan Kampung Vietnam, sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Anda dapat menemukan kenyamanan di pantai ini, pantai pasir putih akan memanjakan mata Anda, dan airnya yang tenang sangat aman untuk berenang.

Diving dan snorkeling diperbolehkan di sini, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut pantai Vio-vio yang sedang ramai diperbincangkan. Anda juga bisa menaiki ayunan besar yang langsung menghadap ke laut, pemandangan laut biru yang luas akan memukau mata Anda.

Fasilitas hiburan yang tersedia di sini lebih dari cukup untuk menunjang kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke sini. Ada banana boat dan peralatan snorkeling yang bisa disewa di sini. Apalagi ada gazebo, payung warna-warni, dan tempat tidur untuk Anda jika ingin bersantai.

2. Pantai Mirota

Pantai yang indah ini dekat dengan Pantai Vio-Vio dan Vietnam Village. Ketiganya merupakan daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Batam. Tempat ini memiliki pesona yang tak kalah indahnya. Pasir pantai Vio-Vio berwarna putih bersih.

Air laut yang jernih membuat dasarnya terlihat dengan mata telanjang. Fasilitas disini juga sangat lengkap, hampir semua kebutuhan wisatawan saat liburan pantai ada disini.

Seperti fasilitas bermain untuk anak-anak, berenang atau snorkeling, persewaan perahu atau hiburan lainnya dan tentunya ranjang bayi untuk beristirahat. Anda dapat memilih untuk berjemur di bawah naungan pohon atau di bawah terik matahari. Jika Anda memilih opsi kedua, ingatlah untuk membawa tabir surya.

3. Pantai Melur

Aktivitas di Pulau GalangKredit gambar: Google Maps afian arma kistianto

Pantai dengan ombak yang tenang ini terletak di Sijantung. Tempat ini memiliki pasir putih yang indah dan air yang jernih. Pantai Melur juga memiliki suasana yang tenang, karena pengunjung pada siang hari lebih sedikit karena terik matahari. Saat sore atau dini hari, ada orang yang berjalan-jalan.

Ketenangan di sini cocok untuk Anda yang bergelut dengan keramaian dan ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan.

Dengan fasilitas yang lumayan, Anda sudah bisa menikmati kenyamanan di sini. Lokasi pantai ini berada di antara dua daratan yang menjorok ke laut, dan pantai ini memiliki garis pantai yang pendek sehingga beberapa sisi pantai tidak dapat diakses dan tidak terlihat.

4. Pantai Cakang

Pantai di ujung Pulau Galang ini sangat indah. Menghabiskan liburan keluarga di sini akan memungkinkan Anda untuk bersantai sejenak. Keindahan Pantai Cakang akan semakin sempurna jika dilihat dengan sunset. Cahaya oranyenya akan memukau Anda.

Pantai Cakang memiliki pasir hitam dan airnya berwarna biru kehijauan, sedikit keputihan. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati keindahan alam sekitar.

5. Desa Vietnam

Anda tiba di tempat yang sangat terkenal dan bersejarah di Pulau Galang. Kampung Vietnam, sebuah tempat mirip desa yang dulunya digunakan untuk menampung para pengungsi dan korban perang saudara Vietnam pada tahun 1975.

Berjarak sekitar 60 kilometer dari Batam atau sekitar 1h30 perjalanan yang harus ditempuh. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang besar. Anda akan menemukan banyak peninggalan kuno yang telah diubah menjadi museum, seperti perahu yang digunakan oleh para pengungsi Vietnam, bangunan yang dirancang khusus untuk para pengungsi.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Galang

Alamat Pulau GalangKredit gambar: Google Maps Aji Langgeng

Pulau ini sendiri terletak di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Bagi anda yang ingin menuju kesana, akan memakan waktu yang berbeda tergantung jalur yang anda pilih. Misalnya, jika Anda berangkat dari bandara Hang Nadim, Anda akan membutuhkan waktu 1 jam 30 melalui beberapa jalan besar dan kecil.

Dari bandara, Anda harus menuju Jalan Jenderal Ahmad Yani, lalu ke Jalan Letjend Suprapto, lalu terus melintasi Jembatan Barelang ke 5. Tak jauh dari jembatan, Anda akan sampai di lokasi.

Atau jika Anda memulai dari Pelabuhan Sekupang, Anda bisa melewati RE Martadinata terlebih dahulu dan melanjutkan ke Jalan Diponegoro, kemudian menuju ke Jalan Letjend Suprapto. Setelah dari sini, Anda tinggal mengikuti arah Jembatan Barelang sampai ke lima.

Biaya Perjalanan ke Pulau Galang Batam

Biaya Perjalanan ke Pulau Galang BatamKredit gambar: Google Maps Sarjono Bregas

Biaya perjalanan ke pulau ini mungkin tidak murah, karena pulau ini sendiri terletak di kota Batam yang pada dasarnya adalah kota industri. Untuk menghemat biaya, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan damri yang murah.

Untuk memulainya, Anda memulai perjalanan Anda dari Bandara Hang Nadim. Setelah meninggalkan bandara, Anda akan naik bus damri ke Batu Aji, kemudian Anda akan berhenti di Simpang Tembesi Barelang. Biaya bus damri ini relatif murah, sekitar 30.000 rupiah.

Setelah itu, Anda naik kendaraan lain menuju Pulau Galang. Kalau naik taksi bisa agak mahal, sekitar 150.000 rupee atau lebih. Dan kalau pakai ojek memang bisa lebih murah dari taksi. Harganya sekitar Rp.50-100.000.

Masuk ke pulau itu sendiri gratis, tetapi Anda akan membutuhkan kendaraan untuk sampai ke tujuan wisata. Anda juga harus membayar tiket masuk untuk setiap lokasi wisata dan biaya parkir jika Anda datang dengan kendaraan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Galang

Aktivitas menarik di Pulau GalangKredit Gambar: Google Maps Chin Jimmy

1. Pelajari sejarah masa lalu melalui desa Vietnam

Seperti kita ketahui, Kampung Vietnam merupakan bekas pengungsian warga Vietnam yang menjadi korban perang 1975-1996. Selama kurun waktu yang lama ini, banyak peninggalan yang dapat dilihat secara langsung, seperti candi, gereja, bahkan tempat tinggal mereka saat mengungsi, masih utuh sampai sekarang.

2. Berenang di pantai

Ada tiga pantai yang terletak di dekat Vietnam Village, yaitu Pantai Vio-Vio, Pantai Mirota dan Pantai Melur. Anda tinggal memilih salah satu yang ingin Anda kunjungi. Di masing-masing pantai ini Anda bisa berenang atau snorkeling dengan bebas.

Pemandangan air pantai yang jernih dan menenangkan akan membuat tubuh Anda rileks. Ada juga fasilitas seperti persewaan kolam renang dan sejenisnya, untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

3. Abadikan momen

Ingatlah bahwa ketika Anda berlibur di tempat-tempat ini, Anda harus membawa ponsel atau kamera digital untuk mengabadikan momen spesial Anda. Apalagi destinasi wisata di Pulau Galang ini terkenal memiliki banyak spot foto menarik.

Berfoto dengan latar belakang pantai dan sunset menjadi favorit di sini. Sinar senja cocok dengan pemandangan pantai yang indah. Ini akan semakin memperindah foto.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Galang

Akomodasi murah di sekitar Pulau GalangKredit gambar: Google Maps Rima RIMA

1. Stasiun Morelo Kelong

Terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, hostel ini berada di sebelah pantai. Bangunan asrama bergaya tradisional dan memiliki fasilitas lengkap. Anda akan memiliki kamar ber-AC dengan balkon pribadi yang menghadap ke pantai. Ada kolam renang serta restoran, serta transportasi gratis ke pelabuhan Ferry Batam.

2.Stasiun SBS

Hotel Bintang 3 yang berlokasi di Kompleks SBS, Jembatan Barelang 5. Rempang – Galang, Kota Batam, Riau. Hostel ini sangat strategis karena memungkinkan untuk mencapai Kampung Vietnam, pantai Vio-Vio dan jembatan 5 dalam beberapa menit.

Tempat ini memiliki banyak fasilitas dan kemewahan. Terdapat vila, restoran seafood, serta pantai pribadi bagi pengunjung. Dengan kamar ber-AC dan balkon yang menghadap ke pantai, Anda juga bisa merasakan semilir angin laut. Jika Anda ingin akomodasi dengan villa air maka ini adalah tempatnya.

3. Spa & Vila Kelong Almira

Tempat ini berada di Sijantung, Galang. Anda dapat menemukan hostel ini di dekat pantai Mirota. Hostel ini berlokasi strategis menuju destinasi wisata di Pulau Galang, seperti Kampung Vietnam, hanya 10 menit perjalanan.

Hostel ini terletak di atas air dan memiliki dek dengan kursi yang dapat menampilkan pemandangan matahari terbit. Fasilitas di sini sangat lengkap, antara lain makan malam dan sarapan pagi, kamar ber-AC, wifi gratis, taman bermain, hingga area relaksasi.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Galang Batam

Fasilitas Batam di Pulau GalangKredit gambar: Google Maps Sarjono Bregas

Untuk sebuah tempat wisata, fasilitas Pulau Galang dan tempat wisata yang dikandungnya sudah cukup memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas di setiap destinasi juga lengkap. Dengan bertambahnya jumlah pengunjung, perkembangan fasilitas dan sejenisnya juga akan mengikuti.

Dengan bertambahnya fasilitas maka kenyamanan berkunjung wisatawan juga akan meningkat. Fasilitas utama pantai seperti persewaan alat renang dan sejenisnya sudah bagus. Fasilitas tambahan, antara lain toilet umum, ruang ganti, restoran, serta rest area sangat mendukung.

Pulau Galang merupakan pulau yang memiliki banyak pantai yang indah. Saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan merasakan keindahan tempat ini. Pantai yang indah dan matahari terbenam yang indah. Semuanya ditawarkan oleh Pulau Galang, Batam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button