7 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

7 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat

bandung

Jawa Barat dikenal sebagai daerah dengan ribuan wisata alam yang menakjubkan. Selain bisa menikmati pemandangan alam, wisata alam di Jawa Barat juga bisa dirasakan secara langsung, seperti: B. Wisata Air Terjun atau biasa disebut Curug.

Beberapa wisata air terjun di Jawa Barat bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam sambil merasakan dinginnya air.

Berikut rekomendasi air terjun populer di Jawa Barat.

1. Air Terjun Malela

Air Terjun Malela memiliki tinggi 60 meter dan lebar 55 meter. Terletak di Rongga, Bandung Barat, air terjun ini sering disebut sebagai kembaran Air Terjun Niagara di Amerika Utara.

Air Terjun Malela memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat dan aliran air yang jernih yang sering menghantam bebatuan. Selain itu, saat musim hujan, air lebih banyak mengalir dan air terjun tampak seperti payung di tebing setinggi 60 meter.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menuruni buktinya sepanjang 1,5 km dan merogoh kocek sebesar 10.000 rupee. Namun, hal tersebut terbayar dengan munculnya air terjun yang megah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan.

2. Air Terjun Cimahi

Curug Cimahi atau juga dikenal dengan Curug Pelangi terletak di kawasan Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Air terjun ini berasal dari air Situ Lembang dan memiliki ketinggian 80 meter.

Selain air terjun yang megah, Curug Cimahi juga merupakan salah satu mamalia yang dilindungi, yaitu monyet ekor panjang yang bergelantungan di pepohonan. Namun, air terjun dengan kedalaman air 2 meter ini dilarang untuk mandi.

Meski demikian, pengunjung bisa menikmati air terjun yang megah ini hanya dengan membayar tiket Rp 17.000 (wisatawan lokal) dan Rp 25.000 (wisatawan asing). Curug Pelangi juga menyediakan fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, ruang ganti dan warung makan.

3. Curug Citambur

Dengan ketinggian 100 meter, air terjun Citambur merupakan air terjun tertinggi di Jawa Barat dan tertinggi ketujuh di Indonesia. Pemandangan indah air terjun tertinggi juga dilengkapi dengan pemandangan hutan dan pepohonan hijau di sekelilingnya.

Air terjun Citambur ini memiliki air yang sangat jernih namun tidak disarankan untuk berenang karena airnya deras dan bebatuannya sangat curam. Meskipun demikian, Curug Citambur menawarkan wisata alam lainnya dengan kearifan lokal flora dan fauna seperti pohon Rasamala, monyet, luwak dan rusa.

Untuk menuju air terjun tertinggi di Jawa Barat ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi kelas satu karena jalan masuknya cukup sempit dan juga berbatu. Namun, sesampainya di air terjun, pemandangan indah mengganjar perjalanan panjang.

4. Air Terjun Sublim

Air Terjun Luhur ini terletak di dekat Cianjur Selatan, tepatnya di Pamoyanan, Cibinong, Kabupaten Cianjur. Air terjun Luhur ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Air terjun Luhur ini juga memiliki berbagai tingkatan air terjun yang lebarnya sekitar 20 meter. Air terjun ini juga memiliki bebatuan yang berbentuk seperti kolam dan aman untuk berenang.

Air terjun ini dapat dicapai dalam waktu 3-4 jam dari pusat kota Cianjur. Meski begitu, air terjun ini hanya mengeluarkan biaya Rp 5.000 untuk keluar dari motor.

5. Curug Cikaso

Curug Cikaso terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Pengunjung juga bisa berenang di bawah air terjun yang tinggi.

Curug Cikaso tidak hanya menyajikan air terjun yang indah tetapi juga pemandangan air terjun di tengah tebing dan hutan yang indah. Dalam perjalanan menuju lokasi Anda juga akan dihadapkan dengan pemandangan pantai dan perbukitan.

Tiket masuk ke air terjun Cikaso ini dibanderol dengan harga sekitar 5.000 rupiah per orang. Curug Cikaso juga menawarkan berbagai fasilitas penunjang bagi pengunjung.

6. Curug Cilember

Curug Cilember terletak di Desa Jongjongan, Cisarua, Kabupaten Bogor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Lanskap air terjun ini dikelilingi oleh hutan pinus, masih asri dan ditemani udara dingin karena berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Biaya masuk ke Curug Cilember sekitar Rp 25.000 dan pengunjung akan menemukan berbagai fasilitas pendukung dan objek wisata lainnya di dekatnya.

7. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo terletak di Desa Wangan, Cileungsi, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Meski air terjun ini tidak terlalu tinggi, Curug Leuwi Hejo menyuguhkan kolam berwarna hijau jernih yang bisa digunakan untuk berenang.

Air terjun ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing berbatu yang membuatnya semakin indah. Curug Leuwi Hejo juga ditemani oleh air terjun lain yang juga bisa dikunjungi.

Harga tiket masuk air terjun ini adalah Rp 15.000 dan jika ingin mengunjungi air terjun lainnya hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja. Air terjun ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

(tey/tey)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button