Pantai Trikora Bintan, pesona pantai pasir putih eksotis yang indah - WisataHits
wisatahits

Pantai Trikora Bintan, pesona pantai pasir putih eksotis yang indah

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Salah satu pantai pasir putih di Pulau Bintan, Kepulauan Riau adalah Pantai Trikora. Pantai eksotis ini terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ini memiliki pemandangan yang bagus dengan garis pantai 25 km dan ombaknya cukup lembut.

Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas tetap mempertahankan keindahannya. Air laut yang jernih dan suasana pantai yang tenang ditawarkan kepada para wisatawan yang datang. Berlibur di pantai ini pasti tidak akan membosankan, apalagi pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bersepeda dan snorkeling.

Objek wisata Pantai Trikora ini juga dikenal sebagai destinasi wisata favorit warga Singapura karena letaknya yang dekat. Selain itu, akses menuju kawasan pantai ini mudah dengan beberapa pilihan transportasi. Fasilitas umum yang disediakan cukup memadai.

Atraksi Pantai Trikora

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai TrikoraKredit gambar: Google Maps (HT)

1. Pemandangan pantai pasir putih

Liburan ke pantai masih menjadi pilihan favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu tempat wisata yang paling populer bagi masyarakat Bintan dan sekitarnya adalah Pantai Trikora yang menawarkan pemandangan pantai pasir putih.

Pengunjung akan disambut oleh hamparan pasir putih yang lembut. Di beberapa sisi pantai terdapat bebatuan besar yang membuat pemandangan semakin spektakuler.

2. Air jernih dengan ombak yang landai

Pantai pasir putih Pulau Bintan terkenal dengan alamnya yang bersih. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan air laut yang bersih dan jernih.

Panorama bawah lautnya sangat indah dan bisa dinikmati lebih maksimal karena kejernihan airnya. Ombak di pantai ini tergolong lembut sehingga pengunjung bisa bermain di laut dengan aman.

Aktivitas di Pantai TrikoraKredit gambar: Google Maps (EL)

3. Suasana tenang

Di sepanjang pantai, wisatawan bisa melihat deretan pepohonan hijau yang tumbuh subur. Pohon cemara memberikan suasana yang lebih teduh dan angin sepoi-sepoi yang sejuk. Wisatawan bisa bersantai dan berteduh dari terik matahari.

Beberapa sisi Pantai Trikora juga merupakan rumah bagi pohon bakau yang melindungi pantai. Keberadaan pohon tentunya menjadi tempat hidup bagi hewan laut tertentu. Jangan lewatkan pohon kelapa yang menambah nuansa tropis pantai ini. Udara yang lebih sejuk dan suasana yang tenang dapat dinikmati oleh wisatawan.

4. Matahari terbenam yang indah

Daya tarik lain dari objek wisata pantai ini adalah keindahan matahari terbenamnya. Lokasinya sangat ideal bagi wisatawan untuk menikmati panorama matahari terbenam karena pantainya yang cukup luas. Selain itu, suasananya yang begitu tenang membuat Anda bisa menghabiskan momen romantis menyaksikan matahari terbenam di pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Trikora

Alamat Pantai TrikoraKredit gambar: Google Maps (Rizki Hidayat)

Seperti namanya, Pantai Trikora merupakan objek wisata bahari yang terletak di Pulau Bintan. Salah satu pulau di kepulauan Riau yang menawarkan keindahan pantai eksotis.

Pantai yang terletak di Malang Meeting Village ini berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota Tanjung Pinang. Namun, angkutan umum yang langsung menuju pantai belum tersedia. Jika tidak membawa kendaraan sendiri, wisatawan bisa menyewa mobil untuk menuju pantai.

Jalan menuju pantai dari kota Tanjung Pinang bisa mengikuti jalan yang mengarah ke perbatasan Kabupaten Bintan. Kondisi jalan sudah beraspal dan baik untuk dilalui kendaraan bermotor.

Harga Tiket Masuk Pantai Trikora

Harga tiket pantai TrikoraKredit gambar: Google Maps (Randa Yuheldi)

Berwisata ke pantai memang bisa menjadi pilihan liburan yang murah. Anda hanya perlu membayar transportasi menuju Pantai Trikora jika Anda datang dari luar daerah. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tentunya dapat menghemat biaya perjalanan.

Sedangkan bagi wisatawan lain yang ingin menyewa kendaraan dari Tanjung Pinang menuju pantai ini, biasanya tarifnya sekitar Rp 400.000 untuk pulang pergi. Biaya sewa mobil dan jasa sopir. Anda bisa joint venture dengan rombongan untuk biaya perjalanan ke pantai ini.

Jika Anda datang dari Pulau Batam, ada kapal feri dan speedboat yang siap mengantar wisatawan ke Pulau Bintan. Biaya penyeberangan tidak mahal, untuk feri biaya penyeberangan sekitar Rp 26.000,- dengan perjalanan sekitar 1 jam. Sedangkan tarif untuk penyeberangan speedboat hanya sekitar Rp 35.000,- saja.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Trikora

Aktivitas Seru di Pantai TrikoraKredit Gambar: Instagram.com @elinslianti

1. Bersantai di pantai

Trikora terkenal dengan pemandangan pantai pasir putihnya yang indah. Pengunjung yang datang bisa menikmati keindahan panorama yang ditawarkan pantai ini di waktu senggang mereka dari pagi hingga sore hari.

Pantai yang cukup luas dan pasir putih yang halus membuat tempat ini nyaman bagi wisatawan untuk duduk menikmati pemandangan. Panorama pantai berpasir putih, air laut biru jernih dan pemandangan hijau di sekitarnya akan membuat wisatawan betah berlama-lama.

2. Ambil gambar

Tidak lengkap rasanya jika liburan ke pantai tanpa berfoto. Saat anda berkunjung ke pantai pasir putih ini, jangan lupa membawa handphone atau kamera anda. Kamu bisa berfoto selfie dengan pemandangan alam yang indah sebagai oleh-oleh untuk nanti.

Selain pantainya yang berpasir putih, spot foto menarik di tempat wisata ini terdapat di sekitar bebatuan besar di pinggir pantai. Pemandangan pantai di Belitong ini bisa menjadi background yang bagus untuk foto liburan Anda.

3. Menerbangkan layang-layang

Tidak ada salahnya melakukan aktivitas yang Anda sukai di pantai ini, seperti bermain layang-layang. Angin yang baik dan lokasi yang luas akan membuat layang-layang mudah untuk terbang. Anda bisa membawa layang-layang kecil untuk diterbangkan bersama anak atau bahkan teman Anda.

4. Bersepeda

Jika ingin bergerak lebih cepat di pantai yang agak panjang ini, wisatawan bisa mencoba naik sepeda. Hanya dengan menyewa sepeda, pengunjung bisa berkeliling pantai sepuasnya.

Biasanya, persewaan sepeda disediakan oleh resort-resort di sekitar pantai ini. Sewa sepeda per jam sekitar Rp 70.000 dari resor.

Aktivitas di Pantai TrikoraKredit Gambar: Twitter.com @hen_yorman

5. Snorkeling

Jika Anda ingin lebih puas selama liburan di pantai ini, jangan lewatkan untuk melihat pemandangan bawah lautnya. Snorkeling merupakan salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan dalam perjalanan ke Pantai Trikora yang airnya jernih. Ombaknya tidak besar sehingga aman bagi wisatawan.

6. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas yang cocok bagi wisatawan, terutama yang datang bersama pasangan, adalah menunggu matahari terbenam. Warna senja yang menghiasi langit dan terpantul di permukaan laut menjadi pemandangan yang menakjubkan bagi para wisatawan.

Jika Anda bermalam di salah satu hostel di sekitar pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang tak kalah indah dari jendela kamar tidur. Pemandangan matahari terbit yang akan menemani Anda saat sarapan.

7. Memancing

Di pagi hari, wisatawan dapat melihat perahu nelayan yang melewati kawasan pantai ini. Bagi Anda yang juga hobi memancing, Anda bisa mencoba menangkap ikan di sekitar pantai ini. Saat air laut surut, wisatawan juga dapat mencari ikan-ikan kecil yang mungkin terperangkap di sekitar bebatuan.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi Murah dari Pantai TrikoraKredit gambar: Agoda.com

1. Bintan Agro Beach Resort & Spa

Bagi wisatawan yang ingin nyaman menginap di sekitar Pantai Trikora, ada Bintan Agro Beach Resort & Spa. Hostel ini memiliki kamar yang bagus dengan pemandangan laut, TV LCD, dan layanan antar-jemput bandara.

2. Resor Cabana Bintan

Fasilitas kamar ber-AC, akses internet, kulkas, dan TV kabel disediakan di resor ini. Bintan Cabana Beach Resort bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kamar dengan balkon yang menghadap ke laut.

3. Sahid Bintan Resort

Penginapan di dekat pantai selanjutnya adalah Sahid Bintan Beach Resort. Fasilitas tamu antara lain sarapan gratis, akses Internet, kamar ber-AC, dan TV layar datar. Resor ini juga terletak tidak terlalu jauh dari bandara, sekitar 45 menit perjalanan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Trikora Bintan

Fasilitas Pantai TrikoraKredit gambar: Google Maps (Wen Sheng Kong)

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap dan memadai. Akomodasi seperti losmen dan hotel dapat dengan mudah ditemukan di sekitar pantai ini. Anda bisa bermalam di hostel sesuai keinginan Anda.

Fasilitas penunjang tempat wisata ini juga sudah disediakan, mulai dari toilet atau kamar mandi, kabin untuk istirahat, hingga penyewaan peralatan snorkeling. Rombongan wisatawan dapat menggunakan gubuk kayu yang dibangun di sekitar pantai untuk istirahat dan makan.

Pengunjung yang tidak membawa makanan dari rumah juga tidak perlu khawatir. Warung makan dapat ditemukan di tempat wisata ini. Beragam menu lezat bisa dipesan dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa mencicipi olahan seafood seperti cumi-cumi, otak ikan, siput salak, dll.

Merupakan objek wisata pantai Trikora di Bintan yang memiliki banyak pesona dan keindahan. Menjelajahi alam di pantai yang eksotis ini bisa menjadi aktivitas yang bagus untuk menyegarkan pikiran dan tubuh Anda yang lelah. Fasilitas yang lengkap akan membuat wisatawan semakin betah di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button