Berlangsung 2 bulan, dengan tema Artjog 2023 "Motif: Aplikasi", catat tanggalnya dan kosongkan jadwal Anda! - WisataHits
wisatahits

Berlangsung 2 bulan, dengan tema Artjog 2023 “Motif: Aplikasi”, catat tanggalnya dan kosongkan jadwal Anda!

Berlangsung 2 bulan, dengan tema Artjog 2023 “Motif: Aplikasi”, catat tanggalnya dan kosongkan jadwal Anda!

Piknikdong.com – Pada tanggal 14 Januari 2023 telah dilaksanakan sosialisasi tema ArtJog 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2023.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ArtJog 2023 mengusung tema “Motif: Aplikasi”.

ArtJog 2023 mengusung tema pola aplikasi selama 2 bulan, catat tanggalnya dan kosongkan jadwalmu!ArtJog 2023 mengusung tema pola aplikasi selama 2 bulan, catat tanggalnya dan kosongkan jadwalmu! foto: Sabrena/Piknikdong

Sosialisasi tema tersebut dilakukan oleh Ajiyasa Pendapa, Jogja National Museum, Yogyakarta.

Tema yang diusung kali ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam hal pola dan penerapannya.

Kedua kata tersebut dapat diartikan dengan makna literal dan filosofisnya.

Kedua kata ini seharusnya memberikan lapangan kreatif yang luas bagi para seniman.

Tema yang diangkat kali ini digagas oleh Hendro Wijayanto dan Nadiah Bamanadj sebagai kurator dan ko-kurator.

Keduanya merupakan perupa senior yang nantinya akan berpartisipasi dalam seluruh karya Artjog 2023.

Pola itu bisa diartikan dengan elemen visual yang bisa dilihat, tapi bisa juga diartikan dengan niat atau motivasi yang sebenarnya tersembunyi dari setiap karya yang dibuat.

Berbeda dengan makna lamaran secara umum yang merupakan proses terjalinnya hubungan yang serius antara laki-laki dan perempuan, makna lamaran yang dimaksud dalam ArtJog kali ini adalah terjalinnya hubungan antara kurator dan seniman selama proses berlangsung. untuk melakukan suatu pekerjaan.

“Usulan dalam tema ini tidak mengacu pada ritual romantis antara perempuan dan laki-laki, melainkan merupakan cara bagi kami para kurator untuk berkomunikasi dan lebih mendekatkan diri dengan para seniman agar mereka dapat menampilkan motif-motif yang ada pada setiap karya”,

kata Nadiah Bamanadj.

Heri Pemad selaku direktur ArtJog juga menambahkan bahwa program Jogja Art Weeks tetap akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Sehingga setiap galeri dan setiap individu dapat berpartisipasi dalam Jogja Art Weeks.

Kejutan lainnya, kali ini ArtJog akan merekrut Mella Jaarsma sebagai artis yang ditugaskan tahun ini.

Art Jog 2023 Kapan?

ArtJog 2023 akan diselenggarakan mulai 30 Juni 2023 hingga 27 Agustus 2023.

ArtJog kali ini akan diisi dengan program-program seperti pertunjukan atau demonstrasi (penjelasan), membuat karya pertunjukan di galeri, kunjungan pendidikan atau pameran, talk show, pertemuan dengan seniman, penghargaan seniman, inklusivitas dan banyak lagi.

Sebagai kelanjutan dari program sebelumnya yaitu inklusivitas, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi seniman muda dan penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam penyegaran karya di ArtJog.

Tahun ini, program ArtJog Kids berkolaborasi dengan artis Erwin yang akan membuat ArtJog juga dapat dinikmati oleh anak-anak nantinya.

Informasi mengenai pemilihan artis dan peserta dapat diakses di website resmi ArtJog yaitu www.artjog.id mulai tanggal 17 Februari hingga 17 Maret.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button