5 Daya Tarik Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta - WisataHits
wisatahits

5 Daya Tarik Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta

5 Daya Tarik Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta

Harga Tiket Masuk Pasar Malam Ngarsopuro: Gratis. Jam buka: 18:00 – 22:45 Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Diponegoro, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57131.

Kota Surakarta atau Solo terkenal dengan warisan budaya tradisional Jawa yang sangat kental. Keberadaan Keraton Mangkunegaran di Surakarta semakin mempertegas posisinya sebagai kota budaya. Namun yang menjadi pokok bahasan artikel ini adalah kawasan di depan Keraton Mangkunegaran yaitu Pasar Malam Ngarsopuro.

Pasar ini terletak di Jalan Diponegoro. Di mana itu adalah area yang tidak terorganisir. Jalanan menjadi semrawut dengan kios barang antik dan toko elektronik yang tumpang tindih. Tapi sekarang bidang ini lebih baik dan berkembang.

Harga Tiket Masuk Pasar Malam Ngarsopuro

Tidak ada tiket yang harus dibayar pengunjung untuk masuk ke sini. Pengunjung hanya membayar biaya parkir.

Tiket Masuk Pasar Malam Ngarsopuro
Tiket masuk Untuk membebaskan

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Keraton Surakarta Hadiningrat.

Jam Buka Pasar Malam Ngarsopuro

Berbeda dengan pasar pada umumnya, pasar ini mulai beroperasi dari sore hingga malam hari. Dan juga buka seminggu sekali yaitu pada hari sabtu.

Jam operasional
Sabtu 18.00 – 22.45

Atraksi Pasar Malam Ngarsopuro

Meski tidak tertata, pada 2009 Jalan Diponegoro dirubah. Pasar Triwindu di dalam Jalan Diponegoro yang menjual barang antik juga telah direnovasi. Sedangkan Jalan Diponegoro sendiri telah disulap menjadi kawasan pejalan kaki perkotaan yang lebih menarik.

Pada Sabtu malam, di sepanjang Jalan Diponegoro akan ada pasar dadakan. Pasar Tiban atau pasar dadakan disebut pasar malam Ngarsopuro.

1. Pasar Malam Ngarsopuro bukanlah pasar biasa

Pengunjung Pasar Malam NgarsopuroKerumunan di pasar malam Ngarsopuro Surakata. foto: google maps/Andi Tama.

Meski mengandung kata pasar yang berarti pasar, pasar ini bukanlah pasar biasa. Pasar ini bukanlah pasar tempat para pedagang bebas menjajakan dagangannya. Barang yang bisa dijual harus memiliki karakter.

Karakternya adalah barang yang dijual harus mengandung karakter kota Solo. Jadi barang yang dijual disini seperti batik, mainan tradisional akik. Dan penjual harus memiliki KTP Surakarta.

2. Hanya buka selama empat jam

Berada di dekat Keraton Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta, pasar ini dibanjiri pengunjung. Pengunjung selain bisa melihat hasil kreasi para UKM yang ada di Kota Solo, juga bisa menyaksikan pagelaran budaya. Salah satunya adalah penampilan keroncong.

Pengunjung harus memperhatikan jam buka pasar malam Ngarsopuro. Pasar ini memiliki jam buka yang sangat terbatas, yakni hanya empat jam. Oleh karena itu, pengunjung harus datang tepat waktu agar dapat menikmati suasana pasar ini.

3. Pusat Purbakala

Barang Antik di Pasar Malam Ngarsopuro - O PalmBarang antik di pasar malam Ngarsopuro. Foto: google maps/O Palm.

Pasar malam Ngarsopuro sangat cocok bagi pengunjung yang gemar mengoleksi barang antik. Di dalam Jalan Diponegoro, ada pasar barang antik. Pasar ini disebut pasar Triwindu.

Karena sama-sama berada di Jalan Diponegoro, pasar Triwindu seolah menyatu dengan pasar malam Ngarsopuro. Pengunjung bisa menemukan berbagai barang antik khas budaya Jawa di sini. Mulai dari tembikar, lampu gantung, payung, cermin hingga wayang kulit.

4. Pembeli diperbolehkan menawar harga

Kios penjual pakaian di pasar malam NgarsopuroPengunjung memilih pakaian dari kios pakaian di pasar malam Ngarsopuro. foto: google maps / keagungan essa.

Daya tarik Pasar Malam Ngarsopuro lainnya adalah pengunjung dapat menawar harga. Barang yang dijual dapat ditawar oleh pembeli. Apalagi keseruan tawar menawar antara pembeli dan penjual menambah daya tarik pasar ini.

5. Mencicipi makanan khas kota Solo

Kuliner Solo di Pasar Malam NgarsopuroPara pengunjung memilih makanan yang disajikan. foto: google maps / ezimple Entertainment.

Puas melihat berbagai barang yang dijual, saatnya mencoba kuliner khas Solo. Di sepanjang Jalan Diponegoro terdapat penjaja makanan khas Solo. Aneka makanan seperti sosis solo, nasi liwet hingga sate kere patut dicoba pengunjung.

Pengunjung bisa menanyakan dulu harga makanan dari pedagang kaki lima di sini. Namun tentunya jangan takut dengan harganya, karena jajanan di Solo sangat terjangkau.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di Pandawa Water World.

Fasilitas Pasar Malam Ngarsopuro

Meski fokus memberdayakan UMKM di Kota Solo, tempat ini menawarkan fasilitas yang cukup untuk pengunjung. Fasilitas tersebut adalah tempat parkir kendaraan roda dua dan mobil yang cukup luas, toilet dan Masjid Muhammadiyah terdekat.

Lokasi Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta

Berada di jantung Kota Solo membuat pasar ini sangat mudah dijangkau. Lokasinya juga strategis karena masih di sekitar jalan utama Jl Selamat Ryadi. Alamat lengkapnya Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button