Pulau Weh, surga laut eksotis yang kaya pesona di Sabang - WisataHits
wisatahits

Pulau Weh, surga laut eksotis yang kaya pesona di Sabang

Biaya asisten: Mulai dari Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh. ; Kasus: Cek lokasi

Keindahan alam Nusantara terbentang dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur. Di ujung barat Indonesia terdapat Pulau Weh di Sabang yang terkenal dengan pesona keindahan laut dan pantainya. Pantai Iboih merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke pulau ini.

Wisatawan yang mampir akan disuguhkan dengan hamparan laut biru dengan air yang jernih dan suasana yang asri. Masyarakatnya yang hangat dengan kelezatan kulinernya akan memanjakan para wisatawan yang datang. Saat berkunjung ke pulau ini, jangan lupa untuk mencoba olahan seafood yang terkenal yaitu sate gurita.

Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di pulau paling barat Indonesia ini. Selain wisata alam, ada juga wisata sejarah seperti mengunjungi bangunan kuno di Jepang. Tugu fenomenal yang sudah terkenal di kalangan wisatawan yaitu tugu nol kilometer juga terdapat di Pulau Weh.

Aktivitas Pulau Weh

Aktivitas Pulau WehKredit gambar: Twitter ALSION

1. Nikmati keindahan pulau paling barat Indonesia

Salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh adalah karena letaknya yang berada di ujung barat Indonesia. Banyak wisatawan dari luar daerah datang untuk merasakan pengalaman berwisata ke pulau terluar ini.

Selain dikunjungi oleh wisatawan lokal, pulau ini juga sering menjadi tujuan liburan bagi wisatawan asing. Keindahan alam dan berbagai pesonanya menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk datang.

2. Pantai Matahari Terbit Iboih

Pesona keindahan yang bisa dinikmati wisatawan adalah keindahan matahari terbit di Pantai Iboih. Tempat wisata ini sudah begitu terkenal dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Pulau Weh.

Selain menikmati matahari terbit, pantai ini juga menjadi perhentian pertama bagi wisatawan yang datang dari pelabuhan Banda Aceh. Pemandangan laut dengan gradasi warna biru, toska dan warna terang akan menyambut kehadiran wisatawan.

3. Tugu Nol Kilometer di Indonesia

Selain karena letaknya yang strategis, banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh ke pulau ini karena ingin merasakan pengalaman menjajakan di tugu nol kilometer. Tugu yang merupakan tanda atau titik garis nol kilometer Indonesia yang hanya ada di pulau ini.

4. Bunker Jepang di atas bukit

Objek wisata milik Pulau WehKredit gambar: Google Maps Zuki Rama

Peninggalan zaman Jepang masih bisa ditemukan di pulau ini. Di sebuah bukit, terdapat sebuah bangunan tua yang dulunya merupakan bunker tentara Jepang. Tempat ini juga menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi.

5. Keindahan taman laut

Sebagai ujung pulau, Pulau Weh memiliki banyak keindahan alam. Salah satunya adalah taman laut yang terletak di sekitar pantai Iboih. Panorama bawah laut yang megah berhasil menarik perhatian wisatawan untuk datang. Taman laut ini menjadi habitat berbagai ikan lucu dan menggemaskan.

6. Gunung berapi bawah laut

Salah satu daya tarik yang jarang dimiliki tempat wisata lainnya adalah keberadaan gunung api bawah laut. Tempat ini juga menjadi spot diving favorit bagi wisatawan yang ingin mencoba petualangan baru dan berbeda. Air laut yang lebih hangat dan banyak gelembung air menjadi daya tarik utama tempat ini.

7. Air Terjun Man Laot

Berbelok ke selatan, ada air terjun yang indah dengan suasana yang sangat alami. Air Terjun Pria Banyak sekali, inilah salah satu pesona keindahan yang ditawarkan pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau WehKredit gambar: Twitter Wisata Aceh

Lokasi Pulau Weh sangat mudah diakses dari pelabuhan Banda Aceh. Bagi wisatawan dari luar daerah yang ingin mengunjungi pulau cantik ini, bisa memulai perjalanan dari Pelabuhan Ulee Lheu di Banda Aceh.

Perjalanan dilanjutkan melintasi pelabuhan Balohan, Sabang. Transportasi umum seperti feri dan speedboat tersedia untuk wisatawan. Penyeberangan feri memakan waktu 2 jam atau lebih tergantung cuaca. Jika ingin lebih cepat, wisatawan bisa menyeberang dengan speed boat.

Selama berada di pulau tersebut, wisatawan dapat menjelajahi banyak tempat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun, agar lebih efisien, wisatawan perlu menyewa sepeda motor atau mobil untuk pergi dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau WehKredit Gambar: Google Maps Afar Blank

Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp 25.000,- untuk menyeberang dari Banda Aceh ke Pulau Weh menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Ulee Lheu.

Tiket penyeberangan dengan speedboat lebih mahal, sekitar Rp 90.000. Harga tiket untuk sekali jalan atau penyeberangan. Meski membutuhkan biaya lebih, Anda bisa menikmati keindahan pulau paling barat Indonesia yang indah ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Weh

Kegiatan menarik di pulau WehKredit Gambar: Instagram Jelajahi Pulau Weh

1. Menikmati matahari terbit di Pantai Iboih

Jika ingin menikmati keindahan pulau ini dengan lebih puas, sebaiknya rencanakan bermalam di Pantai Iboih. Anda dapat menjelajahi banyak tempat keesokan harinya dengan energi dan persiapan yang maksimal. Namun jangan sampai telat bangun, karena di pagi hari ada pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.

Buka jendela kamar dan Anda dapat mengagumi keindahan matahari terbit yang menakjubkan di atas pantai Iboih. Pemandangan matahari terbit yang akan memberi Anda ketenangan dan kegembiraan untuk memulai petualangan Anda.

2. Snorkeling di taman laut

Taman Laut Pulau Weh adalah salah satu keindahan alam yang tidak boleh dilewatkan. Air lautnya sangat jernih, ombaknya tidak terlalu besar dan yang paling menarik adalah ikan-ikan cantik yang berenang disana.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan peralatan snorkeling karena mereka dapat menyewanya di sekitar tempat snorkeling ini termasuk jaket pelampung. Anda juga dapat menyewa pemandu lokal untuk menemani Anda dan membantu Anda menyelam dengan aman.

3. Menyelam di sekitar gunung berapi bawah laut

Salah satu kegiatan yang paling menarik bagi wisatawan adalah menyelam di situs vulkanik bawah laut. Lokasinya tidak jauh dari teluk Pria Laot dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Anda akan merasakan diri Anda tenggelam ke dalam air hangat dengan banyak gelembung air yang muncul dari celah-celah batu dasar laut. Keanekaragaman biota laut juga menjadi suguhan bagi para penyelam.

4. Lihat bangkai kapal uap

Bagi pecinta keindahan bawah laut, Pulau Weh memiliki spot diving yang menarik. Tak jauh dari lokasi snorkeling, terdapat bangkai kapal yang tenggelam sedalam 14 meter.

5. Lihat bunker Jepang

Aktivitas di Pulau WehKredit gambar: Twitter Kie

Wisatawan harus meluangkan waktu untuk mengunjungi perbukitan Anoi Itam. Anda akan menemukan sebuah bunker tua yang masih kokoh sampai sekarang. Bangunan tersebut merupakan tempat perlindungan bagi tentara Jepang pada masa penjajahan.

Saat ini, bunker Jepang adalah salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di pulau ini. Selain melihat bunker, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sekitar yang indah. Lokasi bunker dibangun di atas bukit dengan pantai karang di bawahnya dengan ombak yang luar biasa.

6. Kunjungi Monumen Mile Zero

Aktivitas yang paling wajib dilakukan di pulau ini adalah mengunjungi Tugu Kilometer Indonesia di Hutan Wisata Sabang. Monumen yang menandai kilometer nol Indonesia ini merupakan gedung tinggi yang menjadi spot foto paling menarik bagi wisatawan.

Apalagi lokasinya juga dekat dengan laut, sehingga memiliki pemandangan alam yang indah. Wisatawan bisa melihat hamparan Samudera Hindia dan pemandangan hijau perbukitan di sekitarnya.

7. Melihat Air Terjun Laot untuk Pria

Pulau paling terpencil di Indonesia ini kebetulan memiliki air terjun yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Wisatawan bisa berbelok ke Gunung Sarung Keris untuk bisa menemukan air terjun Pria Laot ini.

Petualangan Anda akan dimulai dengan perjalanan melalui hutan lebat. Beberapa aliran sungai juga akan dilalui untuk mencapai lokasi air terjun. Meski sedikit melelahkan, semua akan terbayar saat melihat keindahan air terjunnya meski mencoba terapi ikan di kolam.

8. Ambil gambar

Sebelum mengunjungi pelabuhan Ulee Lheu, sebaiknya siapkan kamera terbaik Anda. Ada banyak keindahan dan hal menarik yang harus Anda abadikan dalam bidikan.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar pulau WehKredit gambar: Google Maps Dly Saputra

1. Bungalo Olala

Akomodasi terdekat bagi wisatawan yang ingin menginap di Pulau Weh Sabang adalah Olala Bungalow. Hostel ini dibangun di pinggir pantai, tepatnya di pantai Iboih. Cocok untuk anda yang ingin menikmati indahnya matahari terbit di pantai yang terkenal ini. Selain kamar, fasilitas lain seperti restoran juga disediakan untuk para tamu yang menginap.

2. Frededies Relaxing Wells Tiga

Salah satu akomodasi paling populer yang direkomendasikan wisatawan adalah Frededies Santai Sumur Tiga. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan laut dari jendela kamar tidur. Para tamu juga mendapatkan keuntungan dari fasilitas lain seperti tempat tidur yang nyaman dan tempat makan.

3. Surga Pulau Weh

Sebagian besar tempat menginap di pulau eksotis ini memiliki pemandangan laut seperti ini. Anda akan mendapatkan keuntungan dari kamar yang nyaman dan balkon. Setelah tiba di hostel, wisatawan dapat duduk dan bersantai di balkon sambil menikmati makanan dan pemandangan laut yang indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Pulau Weh.Kredit gambar: Google Maps Yoyon Haryono

Fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan di Pulau Weh cukup memadai. Salah satunya adalah restoran atau tempat makan yang ada di beberapa tempat. Beragam sajian kuliner yang lezat dan menggugah selera ditawarkan dengan harga terjangkau. Olahan seafood ini menjadi primadona bagi wisatawan yang datang.

Selain tempat makan, tempat menginap juga disediakan di beberapa tempat. Anda dapat menemukan hotel atau hostel di pusat kota di pantai. Fasilitas hostel juga beragam, mulai dari standar hingga full dengan kamar ber-AC dan pemandangan pantai.

Fasilitas lain yang tersedia adalah untuk mengangkut wisatawan. Beberapa tempat menawarkan persewaan sepeda motor dan mobil bagi wisatawan yang datang ke pulau ini. Menyewa kendaraan pribadi sangat disarankan agar mobilitas di Pulau Weh menjadi lebih mudah dan efisien.

Berikut adalah atraksi, rute dan fasilitas yang tersedia di Pulau Weh Sabang. Pemandangan alam yang indah, bangunan ikonik, masakan yang lezat dan penduduk yang ramah adalah paket lengkap yang ditawarkan oleh wisata pulau paling barat di Indonesia ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button