Pulau Pamutusan, pulau yang indah dan tempat favorit para pecinta snorkeling - WisataHits
wisatahits

Pulau Pamutusan, pulau yang indah dan tempat favorit para pecinta snorkeling

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 275.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pantai Selatan, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Pamutusan merupakan semenanjung memanjang di pesisir selatan. Daratan utama adalah pantai selatan Bungus Teluk Kabung. Ketika air laut sedang tinggi, pantai akan tergenang dan tidak akan terlihat lagi. Daratan panjang pulau ini tampaknya terbagi menjadi pulau tersendiri. Oleh karena itu dinamakan Pamutusan yang dalam bahasa Minang artinya dipotong.

Pulau ini hanya seluas 8 hektar. Dikelilingi oleh pulau-pulau kecil, pulau ini indah dengan pemandangan hijau dan laut biru di tengahnya. Pantai ini sangat jernih sehingga orang bisa melihat ikan, biota laut dan terumbu karang. Ada juga perbukitan yang pemandangan di bawahnya tidak kalah dengan pulau-pulau wisata populer lainnya.

Pengunjung yang datang tidak akan bosan. Pemandangannya indah dan suasana alamnya yang menenangkan sehingga pengunjung yang datang ingin terus berlama-lama dan tidak ingin langsung pulang. Pulau Pamutusan tidak terlalu ramai dibandingkan pulau lain, sehingga selalu bersih dan santai.

Atraksi Pulau Pamutusan

Aktivitas Pulau PamutusanKredit Gambar: Google Maps Arief Gunawan

Meski tidak sepopuler pulau-pulau terkenal lainnya, Pamutusan memiliki pesona tersendiri yang membuat pengunjung terus berdatangan. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa pulau ini adalah Pulau Sumba di Sumatera Barat. Daya tarik inilah yang menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata yang cocok untuk berlibur dan menyegarkan pikiran. Beberapa objek wisata yang ada di pulau ini adalah :

1. Laut yang jernih

Pulau Pamutusan menawarkan laut yang jernih sehingga Anda dapat melihat terumbu karang, biota laut dan juga ikan hias yang berenang di perairan. Ekosistem laut yang masih terjaga mendorong banyak pengunjung untuk tertarik berenang, menyelam atau snorkeling. Layanan wisata juga akan memberikan Anda akomodasi untuk berwisata bawah air tanpa harus mencari tempat-tempat menarik.

2. Bersihkan pantai

Pulau ini tidak banyak dikunjungi orang, sehingga bebas sampah. Selain itu, tiket masuk ke pulau ini memang digunakan untuk biaya kebersihan. Air di dekat pantai juga sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat kedalamannya. Anda tidak perlu takut tenggelam jika ingin bermain air atau berenang di perairan sekitar pantai.

Meski terbilang cukup aman, sebaiknya tetap patuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh lifeguard agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian, aktivitas bermain air juga akan jauh lebih aman dan nyaman.

3. Pemandangan lanskap yang indah

Tak bisa dipungkiri, pemandangan Pulau Pamutusan begitu indah sehingga menarik pengunjung. Daerah sekitar selalu asri yang membuat suasana menjadi segar dan asri. Anda tidak akan menemukan keindahan ini di tempat lain. Untuk itulah, pemandangan ini menjadi daya tarik yang cukup kuat bagi banyak pengunjung untuk datang.

Jika Anda naik ke atas bukit, Anda juga akan melihat pemandangan yang indah dari atas. Dengan pulau-pulau di sekitarnya dan pasir putih yang indah, bukit ini menjadi salah satu tempat yang paling menarik untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau TerminasiKredit gambar: Twitter @newspadek

Pulau Pamutusan terletak di Kecamatan Teluk Bungus Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Jarak dari pusat kota sekitar 38 km. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju tempat ini dengan waktu tempuh sekitar 90 menit hingga 2 jam. Meski cukup jauh, namun sepadan dengan apa yang akan Anda temukan di destinasi wisata tersebut.

Selain kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan jasa rental mobil. Waktu perjalanan juga mungkin berbeda. Sarana transportasi lain yang dapat digunakan adalah angkot. Begitu sampai di Sungai Pisang, Anda perlu menyewa perahu nelayan. Dengan kisaran harga Rp 300.000, Anda sudah bisa menjangkau beberapa pulau lain seperti Pulau Panggang dan Pulau Paumpahan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Estimasi di Pulau PamutusanKredit gambar: Twitter Daerah akord

Ada paket untuk pergi ke pulau Pamutusan dan Sirandah. Perjalanan terorganisir ini sangat cocok untuk membawa keluarga atau teman Anda berlibur dengan waktu terbatas. Dengan harga per orang sekitar Rp 275.000 di akhir pekan dengan sistem open travel, Anda sudah mendapatkan berbagai fasilitas dan akomodasi di pulau tersebut.

Fasilitas yang didapat datang berupa perahu wisata untuk datang dan pergi, tiket on-site island, life jacket, peralatan snorkeling, foto bawah air, asuransi, sport banana, makan siang dan air mineral, parkir kendaraan di Bungus dan beberapa fasilitas lainnya. Sedangkan jika tidak menggunakan jasa tour, harga tiket ke pulau ini hanya Rp 15.000 untuk biaya kebersihan.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Pamutusan

Aktivitas di Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Lee Suwanda

Pulau ini merupakan wisata bahari dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Kegiatan ini pasti akan membuat Anda tidak bosan berada di tempat ini. Beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan pasti akan meninggalkan kesan yang mendalam setelah menghabiskan waktu di Pulau Pamutusan.

1. Berenang

Pantai yang jernih dan bersih sangat cocok untuk menikmati dinginnya air laut sambil berenang atau sekedar bermain air. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang. Anda bisa merasakan kesejukan air laut yang jernih sambil menikmati keindahan pantai pasir putih yang membentang di sepanjang pantai pulau.

2. Mendaki

Perbukitan pulau ini bisa menjadi tempat yang menarik untuk hiking. Puncak bukit yang menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih dan laut biru akan membuat rasa lelah Anda hilang. Pemandangan pulau dari bukit ini juga sangat indah, dengan perbukitan berbatu di tepinya dan pantai di tengahnya, membuat Anda ingin berlama-lama di sana.

Setelah mendaki, Anda kemudian dapat menjelajahi pulau dengan berjalan kaki. Udara di sekitar pulau ini sangat sejuk dan menenangkan. Dengan panorama yang indah dan alami, liburan Anda akan menghilangkan stres dan penat setelah rutinitas yang melelahkan.

3. Perkemahan

Pulau Pamutusan memiliki banyak hostel, namun banyak juga pengunjung yang berkemah di sekitar pantai. Menikmati alam bebas di malam hari dan melakukan aktivitas menyenangkan bersama teman atau keluarga saat berkemah bisa menjadi pilihan aktivitas yang bagus. Selain itu, berkemah juga akan mengurangi pengeluaran Anda.

4. Memancing

Aktivitas di Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Minda Rifanda

Anda akan menemukan banyak ikan di perairan sekitar pulau. Dengan ombak yang tenang dan air yang jernih, banyak pengunjung memilih untuk menghabiskan waktu memancing. Bagi Anda yang sangat suka memancing, Anda bisa menyalurkan hobi Anda ke pulau ini. Berbagai jenis ikan bisa Anda dapatkan nanti, Anda bisa memasaknya langsung di sana.

5. Snorkeling

Snorkeling merupakan kegiatan yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Keindahan dasar laut dengan aneka ikan, terumbu karang dan juga biota lautnya sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke pulau ini. Fasilitas persewaan snorkel telah disediakan. Hanya dengan memasukkan tangan ke dalam saku seharga Rp 20.000 kamu sudah bisa melakukan aktivitas menarik ini.

Penginapan murah dekat lokasi pulau

Akomodasi di Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Raka Wicaksana

Jika Anda dari luar daerah dan ingin berlibur panjang di Pulau Pamutusan, Anda tidak perlu repot mencari penginapan. Di sekitar pulau, tersedia banyak penginapan dengan harga dan pilihan peralatan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa rekomendasi akomodasi terdekat untuk Anda pilih.

1. Pondok Pantai Nyalo

Hostel ini terletak di Mendeh. Dengan fasilitas dan hiburan yang lengkap untuk Anda, Anda juga bisa beristirahat dengan nyaman di sini. Anda bisa tinggal lama. Pelayanan yang baik akan membuat Anda betah. Resepsionis juga akan siap membantu Anda 24 jam sehari untuk membantu dan melayani Anda.

2. Chalet Pantai Baga

Hostel ini cocok untuk backpacker karena harga sewa kamar yang murah namun dengan tempat yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Cukup dekat dengan destinasi wisata, sehingga ini bisa menjadi rekomendasi pilihan akomodasi Anda. Pelayanannya juga sangat baik, membuat Anda merasa nyaman seperti sedang berada di rumah sendiri.

3. Jophira Tin-tin Cottage

Salah satu hostel yang cukup dekat dengan pulau semenanjung ini. Hanya sekitar 3,6 km. selain itu, ada juga beberapa tempat menarik di sekitarnya. Hostel yang terletak di kota Bungus Teluk Kabung ini mengutamakan keselamatan pengunjung dan menyediakan fasilitas yang memadai tanpa harus merogoh kocek.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Pamutusan

Fasilitas di Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Ilfa Septiani

Pulau Padang yang indah ini sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk membuat liburan Anda semakin nyaman dan betah. Ada gazebo, mushola untuk beribadah, ada juga warung makan untuk mengisi perut, ada juga WC umum. Jika Anda ingin menikmati keindahan laut, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling. Ada juga hostel jika ingin bermalam.

Pulau Pamutusan bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari rutinitas yang melelahkan. Liburan dengan pemandangan alam yang indah dan aktivitas yang menarik akan membuat pikiran menjadi segar dan siap untuk melanjutkan rutinitas seperti biasanya. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan liburan yang berkesan, Anda bisa mengunjungi pulau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button