Sebagai yang pertama di Indonesia, Air yang Dikelola oleh Perumda Tugu Tirta Kota Malang bersertifikat Halal - WisataHits
Jawa Timur

Sebagai yang pertama di Indonesia, Air yang Dikelola oleh Perumda Tugu Tirta Kota Malang bersertifikat Halal

JATITIMES – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menjadi yang pertama di Indonesia memperoleh sertifikasi Halal setelah diaudit Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) oleh PT Sucofindo.

Presiden dan Direktur Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas menyatakan bahwa adanya sertifikasi Halal oleh SJPH yang dilakukan oleh PT Sucofindo merupakan upaya Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, pelayanan terbaik bagi kesehatan dan menyediakan kualitas air yang halal untuk konsumsi masyarakat.

Baca juga: Bupati Luncurkan 100 persen Tuban dan tandatangani nota kesepahaman untuk mendukung kemajuan UKM Tuban

Karena menurutnya, selama air yang dikonsumsi masyarakat tidak mengandung unsur-unsur yang membuat air tersebut najis atau najis, jika pendistribusiannya tidak dapat dilakukan dengan baik dan benar, maka akan menghambat masyarakat untuk mendapatkan air yang sehat dan halal.

Oleh karena itu, Perumda Air Min Tugu Tirta Kota Malang bekerjasama dengan pihak eksternal dalam hal ini PT Sucofindo untuk melakukan audit SJPH terhadap kualitas dan pendistribusian air yang dilakukan oleh Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

“Yang penting kepada pelanggan kami berharap airnya dikonsumsi masyarakat, airnya tidak hanya sehat tapi juga halal,” kata Muhlas kepada JatimTIMES.com, Selasa (30/8/2022). .

Selain itu, Muhlas menegaskan sertifikasi halal untuk kualitas air dan distribusi ke pelanggan merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia untuk Perusahaan Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

“Ya itu satu-satunya (mendapat sertifikasi halal, redaksi note). Orang mengira air minum itu halal, tapi itu perlu diuji juga. Salah satu komitmen kami adalah kami diuji oleh lembaga yang memiliki otoritas, kapasitas untuk menguji air yang kami distribusikan ke pelanggan benar-benar air halal,” jelas Muhlas.

Menurutnya, sejalan dengan semangat Pemkot Malang untuk mewujudkan kota wisata halal, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang juga berkomitmen untuk menyediakan pelayanan air bersih yang memenuhi persyaratan SJPH.

Sementara itu, Edi Sugiarto, Kepala PT Sucofindo Cabang Utama Surabaya, mengatakan pihaknya sangat bangga dengan upaya dan komitmen Perumda Air Minum Kota Tugu Tirta Malang dalam memberikan pelayanan air minum yang dijamin SJPH.

“Kami Sucofindo sangat bangga atas keberhasilan Perumda Tugu Tirta meraih sertifikasi Halal ini. Mungkin Perumda Tugu Tirta satu-satunya PDAM di Indonesia yang sudah bersertifikat Halal,” kata Edi.

Baca juga: Kejaksaan Kota Malang sudah satu tahun menghancurkan barang bukti, dengan kekuatan dominan narkoba

Ia juga berharap apa yang telah dilakukan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang untuk memberikan pelayanan distribusi air bersih yang telah terjamin SJPH dapat dicontoh oleh Perumda Air Minum lainnya di seluruh Indonesia.

“Semoga ini bisa menjadi contoh dan menjadikan darah kita lebih baik sehingga kita bisa menjadi lebih baik untuk diri kita sendiri dan untuk Indonesia,” kata Edi.

Sebagai informasi: Tim auditor PT Sucofindo melakukan audit SJPH terhadap PDAM Tugu Tirta Kota Malang sejak Rabu (29/6/2022) hingga Jumat (7/1/2022).

Dimana terdapat beberapa rangkaian pekerjaan audit SJPH untuk Pelayanan Distribusi Air Minum Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. Berdasarkan verifikasi dokumen material; verifikasi alat dan proses; verifikasi fasilitas produksi; Verifikasi ketertelusuran dan dokumen audit internal; untuk verifikasi dokumen tinjauan manajemen.

Melalui serangkaian proses, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang akhirnya memperoleh Sertifikat Layanan Distribusi Air Minum Halal. Sertifikat Halal tersebut diserahkan langsung oleh Pemimpin Cabang Kantor Pusat PT Sucofindo, Surabaya, Edi Sugiarto, kepada Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas, didampingi Direktur Administrasi dan Keuangan Syaifuddin Zuhri dan Direktur Teknik Ari Mukti.

Source: tulungagung.jatimtimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button