7 Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno - WisataHits
Jawa Barat

7 Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno

Surabaya

Hingga saat ini, Blitar identik dengan wisata religi Makam Bung Karno (MBK). Selain itu, kawasan perkotaan tersebut dijuluki Kota Proklamator.

Selain MBK, Blitar (Kota dan Kabupaten) memiliki banyak wisata lainnya. Termasuk wisata alam di kaki Gunung Kelud.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Olahraga Kota Blitar, ada banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Istana Gebang.

Pengikut, detik Jawa Timur merangkum 7 wisata di Blitar sebelah MBK:

1. Istana Gebang

Istana Gebang, jejak masa muda Bung Karno di BlitarIstana Gebang/ Foto: Erliana Riady

Suatu ketika, pada tahun 1917, Soekarno dan keluarganya datang ke Blitar. Mereka tinggal di sebuah rumah milik keluarga Belanda, Ch.Porter.

Rumah itu dibangun pada tahun 1884. Rumah tersebut terletak di Jalan Sultan Agung No. 59, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar

Di dalam Istana Gebang, jenazah Soekarno dan istrinya masih tertata rapi dan dilestarikan. Seperti sepeda, aneka gadget, perabot rumah tangga dan foto-foto di dinding.

2. Hutan Pinus Loji

hutan pinus loji blitarHutan Pinus Loji Blitar/ Foto: Istimewa/Kemenparekraf

Hutan pinus ini terletak di Desa Tulung Rejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Destinasi wisata ini menawarkan kesejukan hutan pinus.

Ada 3 wahana di Hutan Pinus Loji. Ada yang memacu adrenalin, seperti flying fox dan trail bike. Ada juga wahana santai seperti camping asik. Harga tiketnya adalah Rp75.000.

3. Pantai Tambakrejo

Pantai TambakrejoPantai Tambakrejo/ Foto: (Lena Ellitan/d’travelers)

Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo di Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Pantai ini menawarkan pesona pasir putih kecoklatan yang mempesona.

Di sini pengunjung hanya bisa bermain di pantai. Pengunjung disarankan untuk tidak berenang di pantai karena ombaknya cukup besar.

Pantai ini juga menawarkan wisata kuliner. Wisatawan bisa membeli dan mencicipi olahan seafood segar.

Harga tiket masuk Pantai Tambakrejo adalah Rp 8.000 per orang. Selamat datang di Detiker!

4. Wisata Dongeng

Wisata Dongeng menawarkan beberapa wahana dan spot foto yang menarik.  Bagi Anda yang senang mengoleksi foto-foto Instagramable, tak ada salahnya mampir ke sini.  Wisata ini berlangsung di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.Wisata Dongeng/ Foto: Istimewa (dok.Instagram @wisata_negeri_dongeng)

Wisata Dongeng menawarkan beberapa wahana dan spot foto yang menarik. Bagi Anda yang senang mengoleksi foto-foto Instagramable, tak ada salahnya mampir ke sini. Wisata ini berlangsung di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Pengunjung cukup membayar tiket Rp 10.000 untuk menikmati semua wahana dan menggunakan spot foto yang ada.

Wisata Dongeng buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Tertarik dengan docking detics?

5. Rambut montok

Suasana sejuk dan asri bisa dinikmati di Monte Hair Tour.  Tempat ini cocok untuk penyembuhan antara kerasnya perjalanan keluar dan pulang Anda.Wisata Rambut Monte/ Foto: Erliana Riady/ detikJawa Timur

Suasana sejuk dan asri bisa dinikmati di Monte Hair Tour. Tempat ini cocok untuk penyembuhan antara kerasnya perjalanan keluar dan pulang Anda.

Wisata Rambut Monte terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Dari Kota Blitar perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dengan jarak 37km timur lalu utara.

Beberapa larangan pengunjung tertulis di dinding Gerbang Rambut Monte. Di antaranya, dilarang masuk ke kolam besar karena dasar kolam berisi pasir hitam yang menyedot.

Kedua, dilarang menangkap dan memakan ikan cengkareng yang hidup di tambak. Karena penduduk setempat percaya bahwa ikan tersebut adalah titisan ikan dewa penjaga situs Rambut Monte. Jika tertangkap atau dimakan, konon nyawanya hilang.

Ketiga, dilarang melakukan kata-kata kotor untuk pasangan yang melanggar hukum. Karena ada kutukan, pasangan putus saat melanggar larangan ini.

Berikut adalah lima tur unggulan seperti:

  • Kuil rambut monte
  • tubing dan arung jeram
  • Sumber Kapal Uap
  • berkemah
  • danau

6. Desa Cokelat

Wisatawan lokal menikmati suasana taman hiburan Kampung Coklat, Blitar, Jawa Timur (03/02/2021).  Kampung Coklat menampung sejumlah UMKM untuk memasarkan produknya kepada para traveller.Kampung Coklat/ Foto: Ari Saputra

Kampung Coklat Blitar Theme Park dibuka pada 17 Agustus 2014. Kampung Coklat menjadi tuan rumah bagi sejumlah UMKM dalam memasarkan produknya kepada para traveller.

Kampung Coklat diprakarsai oleh Kholid Mustofa. Peternak ayam petelur yang banting setir membuka wisata edukasi.

Wisata ini diawali dengan menanam 120 pohon kakao pada tahun 2000. Jumlahnya terus bertambah hingga kini mampu menghasilkan hingga ratusan ton biji kakao per bulan.

Ada juga banyak permainan anak-anak di sini. Dibutuhkan 20 menit untuk mencapai Kampung Coklat dari pusat Kota Blitar. Wisata ini berlangsung tepatnya di Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

7. Candi Penataran

Candi Penataran BlitarCandi Penataran Blitar/ Foto: Erliana Riady

Candi Penataran adalah candi Hindu di lereng barat daya Gunung Kelud. Tepatnya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kuil ini juga dikenal sebagai kompleks tahanan terbesar. Menurut Peninggalan Budaya Jawa Timur, relief Ramayana terletak di Candi Penataran pada dinding candi utama. Cerita diawali dengan kisah Hanoman yang diutus ke Alengka dan diakhiri dengan kematian Kumbhakarna.

Seluruh cerita diukir pada 102 panel dan dibatasi oleh medali dekoratif. Adegan dimulai di barat dekat tangga. Relief tersebut hanya bisa dibaca dengan mengikuti jalan Prasawya, candi di sebelah kiri.

Simak video “Melihat Jejak Masa Muda Soekarno di Istana Gebang”.
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button