Kawasan KBB-Walini yang gagal jadi KA ekspres TOD jadi tempat wisata - WisataHits
Jawa Barat

Kawasan KBB-Walini yang gagal jadi KA ekspres TOD jadi tempat wisata

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Setelah pembangunan TOD Kereta Cepat Jakarta-Bandung gagal, kawasan Perkebunan Teh Walini di Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi hub wisata.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya mengatakan ada investor yang bersedia menanamkan modal Rp 3 triliun untuk pengembangan pariwisata di Walini.

“Kawasan Walini akan menjadi kawasan wisata karena menurut Menteri BUMN (Pa Erick Thohir) masih panjang perjalanannya,” kata Hengky, Senin, 12 September 2022.

Hengky menyatakan siap mendukung rencana tersebut, apalagi jika investasi tersebut juga berdampak pada pendapatan daerah, terutama dari sektor perpajakan untuk perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Baca juga: Polisi kerahkan alat lalu lintas di Padalarang untuk antisipasi aksi unjuk rasa ribuan pekerja KBB

“Kami mendukung setiap investasi yang masuk ke KBB selama ini sesuai regulasi. Selain itu, rencana ini juga akan mendongkrak PAD kita sehingga kalau dihitung dari BPHTB bisa sekitar Rp 1 triliun,” jelas Hengky.

Menurutnya, investasi tersebut sebenarnya sudah digulirkan jauh sebelum rencana pembangunan TOD KCJB muncul. Belakangan, rencana itu muncul kembali seiring dengan keseriusan investor untuk pengembangan kawasan wisata Walini Raya Cikalongwetan.

Melihat detail technical design (DED) pengembangan Kota Wisata Walini, lanjut Hengki, konsepnya sangat bagus. Lahan yang digunakan untuk pengembangan wisata Walini kurang lebih 1.000 hektar. Nantinya, selain tempat wisata, juga akan ada hunian, hotel dan patung besar Soekarno karya pematung nasional Nyoman Nuarta.

Baca Juga: KCJB TOD Dibatalkan di Walini, Pemda KBB Berencana Bangun Stadion Internasional Ambyar

Source: www.ayobandung.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button