7 Mata Air Terpopuler di Indonesia, Punya Mitos dan Pemandangan Indah: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

7 Mata Air Terpopuler di Indonesia, Punya Mitos dan Pemandangan Indah: Okezone Travel

ADA sumber yang menarik dan menjadi tujuan wisatawan kreatif.

Mulai dari berenang atau sekedar bermain air. Bukan hanya air, tetapi mitos dan sejarah juga menjadi daya tarik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kami sajikan 7 sumber destinasi wisata yang menarik dan mitosnya mengundang Anda untuk memakainya.

1. Pemandian Zibulan, Kuningan

Pemandian Cibulan terletak di Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Mata air ini merupakan salah satu mata air yang dijadikan sebagai tujuan wisata. Ada mata air yang jernih, keluar dan isi kolam, lalu wisatawan bisa berenang di sana.

Di kolam ini, wisatawan juga bisa berenang bersama ikan-ikan. Konon ikan itu bukan sembarang binatang, melainkan tentara pemberontak yang hidup pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

2. Umbul Manten Janti Polanharjo, Klaten

Juga sumber yang terkenal dengan mitosnya, yaitu Umbul Manten Janti Polanharjo. Terletak di Jalan Janti Boto, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Airnya sangat jernih dan lingkungan sekitarnya tidak kalah indahnya.

Ada mitos yang terkait dengan panji Manten Janti Polanharjo. Dikatakan bahwa sumber ini dapat membawa kedamaian batin bagi siapa pun yang menyentuhnya.

3. Sumber Sirah, Malang

Sumber Sirah terletak di Jalan Sunan Kalijaga 1, Kecamatan Gondanglegi, Malang, Jawa Timur. Maka dari itu, salah satu mata air tersebut dijadikan sebagai destinasi wisata di Apple City.

Nuansa alamnya begitu indah berpadu dengan airnya yang sangat bersih dan juga jernih. Artinya, bagi setiap orang yang berkunjung atau berenang di sini, jiwanya akan tenang dan tentram.

4. Sumber Jenon, Malang

Masih di Malang ada mata air lain yang tak kalah jernih dan indahnya. Tempat ini juga salah satu yang paling terkenal di Indonesia, para wisatawan yang datang tidak pernah ketinggalan untuk berenang disini.

Situs ini terletak di kawasan Gunung Ronggo, Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Selain itu, ada mitos dalam sumber ini yang mengatakan bahwa siapa pun yang berenang di air akan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

5. Sumber Krabyakan, Malang

Malang tampaknya merupakan daerah yang memiliki banyak sumber mata air. Sumber Krabyakan Malang salah satunya bersama dengan Sumber Jenon dan Sumber Sirah. Pedesaan di sekitarnya pun tak kalah indah, lho. Udaranya sejuk dan banyak pepohonan hijau dapat merusak pemandangan.

Terletak di Desa Sumber Ngepoh, Krajan, Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur. Konon jika seseorang berenang di mata air ini dia akan terbebas dari berbagai macam penyakit kulit lho.

6. Wisata Taman Sungai Mudal, Kulon Progo

Terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada Wisata Taman Sungai Mudal, sehingga menjadi salah satu mata air yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Tentu saja, mitos seputar wisata Taman Sungai Mudal ini. Dikatakan bahwa siapa pun yang bermain atau berenang di air di sini akan memiliki ketenangan pikiran.

7. Pengging Pengging, Boyolali

Kemudian Umbul Pengging yang terletak di Umbulsari, Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah merupakan salah satu mata air yang banyak dikunjungi wisatawan.

Ada mitos musim semi ini yang cukup tepat. Dikatakan bahwa mandi di umbul sungsang tidak hanya mewujudkan keinginan, tetapi air di umbul sungsang dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button