5 Danau Indah Yang Terkenal Berhantu Di Indonesia, Penuh Misteri Dan Beragam Mitos: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

5 Danau Indah Yang Terkenal Berhantu Di Indonesia, Penuh Misteri Dan Beragam Mitos: Okezone Travel

INDONESIA memiliki sejumlah danau yang indah dan terbentuk secara alami. Bahkan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia karena keindahannya.

Namun dibalik pesonanya, beberapa danau di Indonesia memiliki sejarah yang misterius, dan masing-masing memiliki mitos yang justru menjadi daya tarik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima danau indah di Indonesia yang dikaitkan dengan mitos dan misteri.

BACA JUGA:10 Danau Terbesar Di Dunia, Adakah Dari Indonesia?

1. Danu Begu Ganjang di Danau Toba

Danau Toba merupakan bagian dari tujuan wisata prioritas. Namun, danau ini menyimpan mitos yang menceritakan tentang ikan mas raksasa. Kemudian mitos tersebut ramai diperbincangkan pasca tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun pada tahun 2018. Masyarakat Samosir percaya bahwa penyebab tenggelamnya ikan mas raksasa yang marah.

ilustrasi

Danau Toba (Okezone.com/Pradita)

Kisah lainnya adalah Begu Ganjang. Dikatakan dihuni oleh sosok gaib yang tinggal di sekitar danau. Menurut warga sekitar, bila orang melihat sosoknya, itu pertanda hidupnya tidak akan bertahan lama.

2. Danau Gunting

Lokasinya ada di Bogor, Jawa Barat atau persis di belakang Istana Bogor. Konon danau ini menyimpan mitos sebagai tempat bersemayamnya makhluk astral, bentuknya yang hitam besar.

BACA JUGA:Sandiaga Uno optimis Danau Toba dapat menciptakan 4,4 juta lapangan kerja berkualitas pada 2024

Selain itu, ada juga sosok Noni Belanda yang konon sering muncul di tengah danau yang berbentuk seperti pulau kecil. Kemunculan karakter Noni Belanda kabarnya cukup sedikit dilihat oleh masyarakat sekitar.

3. Situ Bagendit

Situ Bagendit yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tak hanya terkenal akan keindahannya, telaga atau telaga ini juga menyimpan cerita tentang Nyai Bagendit yang berubah menjadi lintah berukuran besar.

Konon pada zaman dahulu dikisahkan dari sebuah cerita rakyat bahwa Nyai Bagendit adalah seorang yang kaya raya namun sangat pelit dengan orang lain. Akhirnya dia mendapat hukuman karma dan tenggelam di danau itu.

4. Ranu Kumbolo

Tentu bagi Anda yang suka mendaki gunung pasti tahu Ranu Kumbolo yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur.

Keindahan Ranu Kumbolo terdengar hingga ke pelosok negeri. Banyak pendaki yang rela berjalan berjam-jam untuk mencapainya. Ada yang menjadikan Ranu Kumbolo sebagai tujuan utama atau persinggahan belaka untuk menaklukan Gunung Semeru yang megah.

Banyak sekali keindahan di balik keindahan panoramanya sehingga Ranu Kumbolo juga dikenal angker. Menurut laporan, ada beberapa pendaki yang pernah melihat seorang wanita muncul dari tengah danau, terutama saat bulan purnama.

ilustrasi

5. Lausee

Danau angker yang satu ini terletak di Provinsi Sumatera Utara (Semut) dan bernama Danau Lau Kawar. Lokasi tepatnya berada di Kabupaten Karo atau di lereng Gunung Sinabung. Dimana tempat ini sudah lama dikenal akan kemegahannya.

Beberapa pengunjung mengaku terganggu saat mengunjungi Danau Lau. Bahkan sampai dikuasai oleh sipir daerah. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin datang ke tempat wisata ini diharapkan menjaga sopan santun.

Sementara itu, di balik keindahannya, Danau Lau memiliki pemandangan yang mempesona. Anda akan takjub dengan pesonanya, karena kondisi alamnya yang masih hidup dan tak kalah indahnya dengan Danau Toba.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button