Letnan Gubernur EMIL: Kalimas bisa jadi ikon wisata seperti Sungai Thames di London - WisataHits
Jawa Timur

Letnan Gubernur EMIL: Kalimas bisa jadi ikon wisata seperti Sungai Thames di London

SURABAYA – Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak menyusuri Kalimas dengan rute Dermaga Laksamana di Jalan Yos Sudarso menuju Perak. Saat menaiki kapal, Emil didampingi Panglima TNI Laksamana TNI TNSB Hutabarat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kali Bersih Bersih Lingkungan (Berlian Kasih). Di sepanjang sungai, relawan dan peserta Berlian Kasih aktif membersihkan bantaran sungai. Beberapa orang bahkan menceburkan diri ke sungai untuk mengambil puing-puing dan sedimen yang mengendap. Ada juga kapal keruk yang mengeruk lumpur dan sampah di area sungai.

Wakil Gubernur Emil optimistis Kalimas akan dikenal dan merebut hati wisatawan mancanegara seperti Thames, Sumida, dan Seine. Bahkan, semakin mengukuhkan julukan Surabaya sebagai Kota Angkatan Laut.

“Sebuah kota dikenal dengan sungai-sungainya yang indah dan bermanfaat,” kata Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, sambil mencontohkan beragam sungai yang membentuk kota-kota di seluruh dunia. Seperti Sungai Thames di London, Sungai Sumida di Tokyo dan Sungai Seine di Paris, Prancis.

Kalimas di Surabaya, atau yang dulu disebut Sungai Emas, akan menjadi ciri khas Kota Pahlawan. Karena saat ini merupakan anak sungai Brantas yang mengalir melalui Jawa Timur.

Ditegaskannya, Kalimas berperan besar dalam kehidupan masyarakat Surabaya. “Kalimas yang merupakan anak sungai Brantas ini memiliki fungsi yang sangat krusial dalam kehidupan masyarakat di Jawa Timur dan khususnya di Surabaya,” ujarnya.

Emil menegaskan, sumber air menyediakan mata pencaharian bagi lebih dari 40 persen penduduk di Jawa Timur. Bahkan PDAM di sepanjang Sungai Brantas bergantung pada air bakunya.

Hal ini juga tercermin di Kalimas yang mengairi Surabaya dan memberikan penghidupan bagi masyarakatnya. Di sepanjang Kalimas, banyak masyarakat yang memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Kemudian Emil mengatakan bahwa kali ini harus selalu memperhatikan kebersihan. Hal ini tidak lain adalah tujuan tercapainya kelestarian lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sehingga aspek lainnya juga meningkat. (Mus/Rak)

Source: radarsurabaya.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button