6 Wisata Kulon Progo, Surganya Wisata Alam Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

6 Wisata Kulon Progo, Surganya Wisata Alam Yogyakarta

PeekLifestyle Celebrities – Wisata Kulon Progo adalah salah satu rekomendasi yang harus kamu coba jika datang ke Yogyakarta untuk berlibur. Kota Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan budayanya saja, namun wisata alamnya tidak kalah indah dengan tempat lainnya.

Kulon Progo, atau kadang disebut Kulonprogo, adalah nama sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Magelang.

Selain itu, kabupaten yang terletak langsung di laut ini berbatasan dengan Samudera Hindia di selatan.

Kabupaten yang satu ini semakin ramai diperbincangkan karena menawarkan wisata alam yang keindahannya masih terjaga dan sangat asri. Ada banyak tempat dan wisata alam yang bisa dikunjungi di Kulon Progo. apa pun? Yuk simak rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Wisata Kulon Progo

1. Kalibiru

Genjosoliday.com

Foto: Genjosoliday.com

Rekomendasi wisata pertama dari Kulon Progo adalah objek wisata bernama Kalibiru. Tempat yang satu ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kulon Progo untuk berlibur.

Bahkan di media sosial, berbagai foto yang memperlihatkan keindahan Kalibiru bertebaran dimana-mana. Bahkan, tempat ini menjadi semakin populer saat ini berkat meningkatnya pengguna media sosial yang memamerkan keindahan alamnya.

Salah satu panorama terindah yang akan Anda temukan di sini adalah pemandangan Waduk Sermo yang berpadu dengan deretan pegunungan.

Dengan keindahan alamnya yang memukau, Anda mungkin perlu bersabar jika ingin berfoto. Sebab, apalagi di awal musim liburan, akan ada rangkaian foto yang panjang.

Selain itu, wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, namun ada juga berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kalibiru.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain menyeberangi jembatan monyet, mengendarai sepeda air dan flying fox. Apakah kamu mau mencoba?

2. Taman Bunga Matahari

trailpiknik.com

Foto: tracepiknik.com

Taman bunga matahari ini cukup unik karena berada di tepi pantai, tepat di Pantai Glagah Indah.

Tidak hanya bisa menikmati indahnya panorama pantai dan semilir angin, wisatawan juga akan betah berlama-lama, karena akan disuguhkan pemandangan bunga matahari yang bermekaran.

Untuk mendapatkan foto estetis yang menunjukkan kesegaran latar belakang bunga matahari, disarankan untuk datang memotret di pagi hari.

Setelah puas berfoto di sekitar bunga matahari sejak pagi hari, Anda bisa beralih menikmati segarnya deburan ombak dan lembutnya pasir pantai. Kemudian, saat senja menjelang, momen tersebut bisa dijadikan waktu yang tepat untuk bersantai sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

Dengan pesonanya yang unik, tak heran jika taman bunga matahari di Pantai Glagah ini menjadi salah satu primadona yang diincar banyak wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo.

3. Wisata Kebun Teh Desa Nglinggo

Yogyakartacity.com

Foto: Yogyakartacity.com

Selain mengunjungi Taman Bunga Matahari, rekomendasi wisata Kulon Progo selanjutnya adalah kawasan Kebun Teh di Desa Wisata Nglinggo.

Seperti kebun teh pada umumnya, destinasi yang satu ini menawarkan suasana yang asri, menenangkan, dan sejuk. Suasana yang dihadirkan cocok bagi Anda yang ingin bersantai dengan tenang.

Areal kebun teh di Desa Nglinggo mungkin bukan yang terluas, namun ada yang unik dari kebun ini.

Keunikannya adalah kontur kebun teh ini yang memiliki anak tangga sehingga terlihat seperti sawah bertingkat di Bali. Berkaitan dengan lokasinya yang berada di daerah perbukitan, wisatawan dapat melihat pemandangan berupa lembah yang terhampar luas.

Setelah menikmati keindahan kebun teh di Desa Nglinggo ini, dijamin segala penat dan penat akan berkurang dan semangat bisa disegarkan kembali.

4. Ayunan Langit

datawisata.com

Foto: datawisata.com

Berayun adalah kegiatan yang menyenangkan dan menyenangkan tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Namun, naik ayunan biasa tentu tidak ada yang istimewa. Bagaimana dengan mendaki ayunan langit di ketinggian?

Nah, perasaan unik ini bisa kamu rasakan saat datang ke Pule Payung. Di tempat ini terdapat wahana berupa ayunan langit yang tidak hanya menghadirkan keseruan berayun tetapi juga keindahan menikmati pemandangan dari ketinggian.

Rekomendasi wisata Kulon Progo ini diketahui memiliki ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Ayunan ini menggantung di tepi tebing tempat wisatawan duduk di atasnya dan kemudian mengayunkannya beberapa kali.

Meski berada di ketinggian, wisatawan yang ingin mencobanya tidak perlu khawatir karena keamanannya sudah terjamin. Sebelum duduk di ayunan, wisatawan disediakan sabuk pengaman tetap yang akan melindungi mereka dari jatuh.

Tak hanya ayunan langit, ada wahana lain di kawasan ini yang akan menguji adrenalin Anda. Meski demikian, bagi wisatawan yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya tidak mengendarai kendaraan jenis ini.

5. Air Terjun Bunga Soka

visitjogja.jogjaprov.go.id

Foto: visitjogja.jogjaprov.go.id

Wisata air di Kulon Progo tidak hanya di pantai tetapi juga berupa air terjun seperti destinasi wisata yang bernama Air Terjun Kembang Soka.

Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati wisata air tanpa harus kepanasan seperti di pantai. Air terjun ini melayani wisatawan yang datang dengan aliran air jernih yang deras dan segar.

Selain itu, udara yang sejuk akan membuat wisatawan lebih menikmati waktu liburan mereka di air terjun ini.

Selain itu, Air Terjun Kembang Soka juga memiliki beberapa tingkatan, sehingga saat air mengalir dan jatuh, ada pemandangan yang terbentang keindahannya sendiri.

Jika bosan bermain air, Anda bisa mencoba menaiki ayunan yang juga tersedia di sana. Selain nikmatnya berayun di air terjun, ayunan juga bisa Anda jadikan sebagai spot foto yang estetis.

Nah, bagi wisatawan yang lapar setelah seharian bermain di air terjun namun lupa membawa bekal, tidak perlu khawatir. Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat berbagai warung makan yang menawarkan makanan khas Yogyakarta seperti Gudeg.

Harganya juga bervariasi, jadi Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan budget yang tersedia.

6. Goa Kebon

visitjogja.jogjaprov.go.id

Foto: visitjogja.jogjaprov.go.id

Rekomendasi wisata Kulon Progo selanjutnya yang layak dikunjungi adalah Goa Kebon. Daerah ini bisa disebut surga tersembunyi di kabupaten ini.

Ini dianggap sebagai surga tersembunyi karena terletak di belakang taman yang rimbun dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman hijau dan pepohonan. Lokasinya yang begitu tersembunyi membuat wisatawan jarang mengetahuinya.

Meski susah untuk masuk, namun usaha tersebut tidak akan sia-sia karena sesampainya di Goa Kebon, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan aliran air di dalamnya yang sangat jernih dan segar karena jarang dijamah. melalui orang-orang. (rg)

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button