Aneka Kuliner Keraton Mangkunegaran Tersaji di Gala Dinner IWTCF 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Aneka Kuliner Keraton Mangkunegaran Tersaji di Gala Dinner IWTCF 2022

Metro, Suara.com- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar malam pada Jumat (5/822).

Pada Royal Heritage Dinner, Kemenparekraf/Baparekraf menghadirkan 11 menu spesial Istana Mangkunegaran yang disajikan dan disiapkan langsung oleh Chef Ragil, salah satu chef lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Aneka masakan khas keraton akan disajikan antara lain Apem, Sosis Solo, Wedang Secang, Bestik Glinding, Tempe Goreng Espuma Lodeh, Nasi Kuning Kelapa Kering Karamel, Blenyik Campur Sayur Trancam, Ayam Bledhek, Daging Sapi Gadon, tape ketan hijau dan wedang bumbu mangkunegaran

Rizki Handayani Mustafa, Deputi Produk dan Kegiatan Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengucapkan terima kasih kepada Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X yang menjadi tuan rumah delegasi dan narasumber untuk acara IWTCF 2022 di Pura Mangkunegaran untuk makan malam.

Pura Mangkunegaran sendiri adalah Kadipaten Praja Istana Mangkunegaran yang merupakan kediaman para penguasa yang bergelar adipati. Keraton ini berusia 265 tahun, namun Pura Mangkunegaran masih digunakan untuk kegiatan kerajaan serta menyimpan benda-benda bersejarah.

“Solo sudah diakui sebagai Kota Sejahtera oleh Walikota Surakarta. Dan candi Mangkunegaran ini merupakan bagian dari daya tarik yang sangat kuat tidak hanya untuk wisata kesehatan tetapi terutama untuk wisata cagar budaya di Jawa Tengah,” kata Rizki Handayani.

Makan sehat adalah bagian dari wisata kesehatan. Dimana gizi sehat dalam bidang wellness memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal daerah. Solo sendiri sebagai “The City of Java Wellness” memiliki beragam olahan makanan yang kaya akan rempah-rempah yang mengandung manfaat baik untuk tubuh.

Source: metro.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button