Konservasi Laut di Alor-NTT, Epson Indonesia Gandeng Yayasan WWF - WisataHits
Jawa Timur

Konservasi Laut di Alor-NTT, Epson Indonesia Gandeng Yayasan WWF

NTT – Indonesia meningkatkan dampak konservasi laut di wilayah Alor, Nusa Tenggara Timur. Seperti diketahui, Epson Southeast Asia pada bulan Maret mengumumkan kerjasamanya dengan World Wide Fund for Nature (WWF) sebagai bagian dari komitmen Epson untuk menciptakan solusi berkelanjutan dan memberdayakan masyarakat bersama-sama.

Kelanjutan program kerjasama pada tahap pertama yaitu Konservasi Laut Alor. Pada tahap kedua ini, Epson Indonesia dan Yayasan WWF Indonesia akan fokus pada peningkatan kesadaran restorasi terumbu karang dan wisata bahari yang bertanggung jawab di Kawasan Konservasi Daerah (KKD) Alor Pantar dan laut sekitarnya. Habitat laut yang penting sedang terdegradasi oleh kegiatan penangkapan ikan yang merusak.

Epson Indonesia mendukung Yayasan WWF Indonesia bekerjasama dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan program pemulihan terumbu karang dengan metode cairn.

Inisiatif ini akan melewati tahapan restorasi ekologi dan akan melatih staf dan masyarakat umum untuk meningkatkan kesadaran akan wisata bahari yang bertanggung jawab melalui webinar dan tantangan media sosial tentang topik tersebut. Wisata laut yang bertanggung jawab.

“Kolaborasi ini merupakan cerminan keseriusan Epson dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Kami ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memulai kegiatan perlindungan lingkungan dari tingkat terkecil dalam kehidupan kita, dimulai dari lingkungan terdekat, karena menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita semua untuk melestarikan planet kita,” kata Muto Yusuke, CEO Epson Indonesia. .

Wisata bahari di Indonesia berkembang sangat pesat dan memberikan dampak positif, namun tanpa disadari masih terdapat peluang dampak negatif, antara lain peningkatan volume serasah, pencemaran dan kerusakan terumbu karang.

Alor merupakan salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki wisata bahari yang sangat indah, namun terumbu karang di daerah tersebut mengalami degradasi akibat perubahan iklim dan antropogenisitas (seperti penggunaan sumber daya air yang destruktif dan tidak bertanggung jawab).

Oleh karena itu, Epson Indonesia bersama Yayasan WWF Indonesia berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir khususnya pemanfaatan Kawasan Konservasi Daerah Kabupaten Alor untuk membantu menjaga ekosistem terumbu karang.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Epson Indonesia dan Yayasan WWF Indonesia untuk menghindari dampak lingkungan terutama melalui webinar, tantangan media sosial dan kunjungan ke Alor.

Source: radarmadiun.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button