6 Properti Eks Wisata Ini Mirip "Kota Hantu" - WisataHits
Jawa Barat

6 Properti Eks Wisata Ini Mirip “Kota Hantu”

jakarta

Taman bermain, juga disebut taman hiburan, sering menjadi tujuan akhir pekan. Dulu penuh, sekarang tutup, ini adalah gugusan bekas tempat wisata yang mirip kota hantu.

Pandemi menjadi salah satu faktor di balik jatuhnya industri pariwisata. Dari sekian banyak yang selamat, ada beberapa yang akhirnya ditutup.

Tapi tidak semua karena pandemi. Ada juga tempat wisata yang tutup karena bangkrut. Jejaknya masih ada, berikut 6 daftar bekas objek wisata yang terbengkalai:

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Biaya kedalaman PIK

bom air PIKWaterbom PIK foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Waterbom PIK terletak di Jalan Pantai Indah Kapuk, Muara Karang, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sangat sepi, beberapa orang terlihat di sekitar area perairan.

Di area di sebelah pintu masuk, kondisi menara air tidak lagi sama seperti sebelumnya, dan beberapa seluncuran yang populer di kalangan wisatawan sudah tidak ada lagi. Banyak besi dan batu berserakan. Beberapa bagian dari area ini ditutupi dengan pagar asbes.

Taman rekreasi seluas 12 hektar ini akan diubah menjadi kondominium mewah. Sementara itu, objek wisata air akan dipindahkan ke PIK 2.

2. Desa Gajah Negeri Ajaib

desa gajahDesa Gajah Foto: (Yudha Maulana/detikcom)

Dulu, Kampung Gajah merupakan kawasan wisata keluarga yang populer. Tempat ini juga menawarkan wahana dan taman rekreasi air.

Namun, tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat tersebut telah ditutup karena bangkrut sejak tahun 2017. Kawasan itu terbengkalai sehingga berubah menjadi tempat angker karena terabaikan.

Seram sekali, kini Kampung Gajah menjadi tempat menguji keberanian. Oh…

3. Taman Festival Bali

Bali Festival Park yang terletak di Denpasar ini sempat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara beberapa tahun lalu. Namun, tempat ini sekarang seperti rumah hantu karena dipenuhi tanaman merambat, semak belukar dan banyak coretan di dinding bangunan yang ditinggalkan.

Terletak tidak jauh dari Pantai Sanur di Bali, tempat ini konon pernah menjadi taman festival yang sangat megah dan besar pada zamannya. Namun karena krisis, Festival Taman harus berhenti beroperasi pada 1999, meski baru dibuka selama dua tahun.

Menariknya, setelah ditinggalkan, Bali Festival Park justru menjadi tempat wisata horor karena suasananya yang mencekam. Bahkan, pengunjung yang ingin melakukan wisata horor di sini akan dikenakan biaya masuk sebesar 10.000 rupee.

4. Taman Air Fantasi Depok

Depok Fantasi Waterpark atau yang juga dikenal dengan Aladin Waterpark dikabarkan ditutup setelah tersandung akibat pandemi. Pelopor taman rekreasi air di Kota Depok, Jawa Barat ini bahkan sudah rata dengan tanah.

Bahkan, sebelum ditutup, Aladin Waterpark yang berdiri sejak 2008, selalu ramai dikunjungi pengunjung, terutama anak-anak. Waterpark yang sangat besar ini memiliki nuansa Timur Tengah dan memiliki beragam wahana mulai dari seluncuran air yang tinggi, air mancur, ember tumpah, dan lain-lain.

5. Taman Remaja Surabaya

Taman Pemuda SurabayaYouth Park Surabaya Foto: Deny Prastyo Utomo

Taman Remaja Surabaya (TRS) yang dibangun pada tahun 1971. Di masa jayanya, pengunjung bisa menikmati 20 wahana di sana.

Namun, taman hiburan bersejarah ini hanya tinggal kenangan setelah ditutup oleh pemerintah kota setempat pada tahun 2018. Pasalnya, kerja sama dengan pengelola sudah berakhir.

Di sisi lain, manajemen yakni PT Sasana Taruna Aneka Ria (STAR), dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Surabaya. Jadi mereka tidak punya pilihan selain menjual aset mereka kepada pihak ketiga untuk menutupi semua kewajiban mereka.

Meski sudah tidak digunakan lagi, warga setempat mengaku masih senang mendengarkan kebisingan keramaian dan alunan musik TRS di malam hari.

6. Taman Air Snowbay

Taman Air Snowbay TMIISnowbay Waterpark TMII Foto: Putu Intan/detikcom

Terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), taman air ini memiliki luas 3 hektar. Namun, Snowbay terpaksa berhenti beroperasi karena pandemi Covid-19 dan TMII resmi diambil alih oleh pemerintah.

Dibangun pada tahun 2008, objek wisata “bekas” ini dikunjungi banyak orang saat masih beroperasi, karena memiliki fasilitas dan wahana yang lengkap. Dua slide yang paling terkenal adalah Hurricane Slide dan Cool Running.

Menurut informasi, seiring dengan renovasi TMII, Snowbay Water Park yang sempat menganggur selama dua tahun akan dialihfungsikan menjadi tempat parkir.

Tonton Asyiknya Main Segway Di Sekitar Taman Wisata Bandung video
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button