Ratusan pohon tabebuya mirip sakura ditanam di Buntu Burake – properti wisata Kareba Toraja - WisataHits
Jawa Timur

Ratusan pohon tabebuya mirip sakura ditanam di Buntu Burake – properti wisata Kareba Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bentuk pohon dan bunganya yang menyerupai sakura asal Jepang memang bisa menipu banyak orang. Tabebuya juga kadang-kadang disebut sebagai Sakura. Padahal, pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus) berasal dari Amerika Latin, lebih tepatnya dari Brazil.

Ada pemandangan di Indonesia ketika bunga pohon ini mulai mekar di kota Surabaya, kini Tabebuya banyak ditanam di beberapa wilayah Indonesia termasuk Toraja.

Di jalan kayu (jalur dua) di Kota Rantepao, Toraja Utara, pohon yang ditanam tiga tahun lalu sudah berbunga, meski baru satu atau dua dari ratusan pohon yang ditanam.

Dan pada Jumat 14 Oktober 2022, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tana Toraja mulai menanam ratusan pohon Tabebuya di objek wisata Buntu Burake, Makale.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Tana Toraja Nirus Nikolas mengatakan penanaman pohon Tabebuya di objek wisata Buntu Burake merupakan salah satu program Kementerian Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Penanaman pohon Tabebuya ini untuk mendukung KKS khususnya yang terlibat dalam pengelolaan lingkungan di kawasan objek wisata Buntu Burake. Juga semua pembersihan,” kata Nirus Nikolas.

Pohon tabebuya, kata Nirus, akan ditanam di beberapa tempat wisata di Tana Toraja, selain Buntu Burake, seperti Pango-Pango, Pasar Seni dan sejumlah objek lainnya.

“Pembersihan dan penanaman pohon ini sekaligus untuk menyambut rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk menghadiri Kongres GMKI di Tana Toraja,” kata Nirus.

Nirus berharap setiap pohon Tabebuya yang ditanam dapat tumbuh dan dirawat dengan baik. “Dan kami juga berharap setiap unit kerja yang memiliki program dapat diintegrasikan ke dalam objek wisata Buntu Burake, serta Pango-Pango dan tempat wisata lainnya,” harap Nirus.


Pengarang : Arsyad Parende

Penerbit: Arthur

Source: kareba-toraja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button