5 Tempat Wisata Untuk Mengingat Sejarah Indonesia, Yang Mana Yang Pernah Kamu Kunjungi? - WisataHits
Yogyakarta

5 Tempat Wisata Untuk Mengingat Sejarah Indonesia, Yang Mana Yang Pernah Kamu Kunjungi?

INDOZONE.ID – Hampir semua orang setuju bahwa liburan di pantai, di pegunungan atau di pusat perbelanjaan itu menyenangkan. Sangat jarang orang memilih tempat bersejarah untuk tujuan perjalanan mereka.

Memang, Indonesia kaya akan sejarah dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Selain itu, wisata sejarah dapat memberikan wawasan kepada pengunjung.

Cocok buat santai pacar ke pacar, yuk intip tempat wisata sejarah di Indonesia seperti dikutip dari siaran resmi Pegipegi!

1. Rumah Pengasingan Bung Karno, selesai

Tempat wisata memperingati sejarah IndonesiaRumah Pengasingan Bung Karno, selesai. (Flickr)

Jika Anda berlibur ke Pulau Flores, disarankan untuk mampir ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ke tempat inilah Soekarno dan keluarganya diasingkan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Kini rumah tersebut menjadi salah satu situs sejarah terpenting di negeri ini. Tidak jauh dari sana, Anda bisa mampir ke Taman Renungan Bung Karno di desa Rukun Lima.

Wisatawan juga akan menemukan patung Bung Karno duduk termenung di bawah pohon sukun berlengan lima dan memandang ke laut.

2. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Tempat wisata memperingati sejarah IndonesiaMasjid Baiturrahman. (ANTARA/Irwansyah Putra)

Aceh tidak hanya memiliki pantai yang menakjubkan, tetapi juga masjid megah yang kaya akan sejarah, Masjid Baiturrahman. Dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda, masjid ini merupakan simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat setempat.

Sepanjang sejarah Indonesia, Masjid Raya Baiturrahman memiliki banyak fungsi. Selain digunakan sebagai tempat kegiatan keagamaan, masjid ini pernah menjadi tempat penyebaran agama Islam.

Bahkan saat tsunami 2004, masjid ini menjadi tempat penampungan sementara bagi para pengungsi. Saat ini, Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan religi paling terkenal di Aceh.

3. Kota Tua, Semarang

Tempat wisata memperingati sejarah IndonesiaKota Tua, Semarang. (Wikimedia)

Kota tua Semarang pernah menjadi salah satu pusat pemerintahan dan perdagangan pada abad ke-19 dan ke-20. Ada sekitar 50 bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri.

Sangat menyenangkan menjelajahi kawasan ini dengan berjalan kaki. Anda akan melihat berbagai bangunan khas arsitektur Eropa abad ke-17 dengan pintu utama, jendela besar, elemen dekoratif dan langit-langit yang tinggi.

Kawasan ini bisa menjadi salah satu destinasi favorit Anda untuk mengikuti jejak sejarah dan kerap menjadi destinasi wisata anak muda karena tempatnya yang dianggap estetis.

4. Taman Sari, Yogyakarta

Tempat wisata untuk mengingat sejarahTaman Sari, Yogyakarta. (Flickr)

Hanya dengan tiket masuk Rp 5.000 saja sudah bisa masuk ke Taman Sari Yogyakarta yang merupakan tempat peristirahatan dan peristirahatan Sultan Hamengku Buwono I, Permaisuri, anak-anak dan kerabatnya.

Anda dapat melihat jejak dari area ini, yang dulunya terdiri dari kolam pemandian, ruang ganti, taman, ruang dansa, dan lainnya.

Di masa lalu, Taman Sari juga merupakan situs pertahanan. Karena kawasan ini memiliki lorong bawah tanah, dapur, jembatan gantung dan berbagai bangunan lainnya.

5. Lubang Jepang, Bukittinggi

Tempat wisata untuk mengingat sejarahlubang Jepang. (Wikipedia)

Loch Bukttinggi Jepang adalah salah satu tempat wisata sejarah yang paling populer. Lubang Jepang adalah terowongan sedalam 60 meter di bawah kota Bukittinggi di Sumatera Barat.

Lokasinya tidak terlalu jauh jika berjalan kaki dari Jam Gadang, cukup 15 menit saja.

Sesampai di sana Anda bisa menyewa jasa pemandu seharga sekitar 60.000 rupee yang akan menemani Anda dan bercerita tentang sejarah lubang Jepang.

Dari kelima tempat wisata tersebut, mana yang pernah Anda kunjungi?

Artikel menarik lainnya:

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button