Tips aman dan nyaman terbang bersama bayi - WisataHits
Yogyakarta

Tips aman dan nyaman terbang bersama bayi

TANGERANGNEWS.com– Mengambil bayi di pesawat selama liburan, ya atau tidak? Bagi seorang ibu, proses melahirkan, menyusui, dan mengasuh buah hati merupakan hal yang menyenangkan sekaligus melelahkan.

Bayi baru lahir harus menyesuaikan diri dengan dunia baru mereka. Aktivitasnya masih sangat minim, hanya tidur, memberi makan ibunya, buang air besar, lalu tidur dan menyusui lagi.

Lelah merawat bayi seringkali menyebabkan ibu mengalami baby blues. Dalam banyak kasus, baby blues yang tidak diobati dapat menyebabkan depresi. Itu seharusnya tidak terjadi karena anak-anak yang bahagia biasanya dibesarkan oleh orang tua yang bahagia.

Beberapa cara ibu dapat mencegah baby blues adalah dengan membantunya bergiliran merawat bayi. Dimungkinkan juga untuk membiarkan ibu beristirahat, mengejar hobi dan mengundangnya untuk percakapan dari hati ke hati. Jika bayi berusia lebih dari tiga bulan, Anda mungkin bisa mengajaknya berlibur sambil mengubah suasana.

Agar liburan lebih menyenangkan, orang tua lebih memilih naik pesawat daripada kendaraan pribadi atau angkutan umum lainnya. Padahal, bepergian dengan pesawat bisa menghemat waktu dan tenaga karena perjalanan dari satu kota ke kota lain relatif lebih singkat.

Jakarta ke Jogja, misalnya, hanya membutuhkan waktu lima puluh menit hingga satu jam di udara. Bandingkan ini dengan kereta api, yang memakan waktu antara enam dan delapan jam perjalanan.

Selain itu, ada banyak maskapai penerbangan di Indonesia. Sebut saja Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air dan juga Cathay Pacific jika ingin bepergian ke luar negeri. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing dalam hal pelayanan.

Namun Anda harus ingat bahwa memasukkan bayi ke dalam pesawat merupakan tantangan yang tidak mudah. Anda perlu strategi, persiapkan diri Anda agar perjalanan terasa nyaman bagi anak Anda, Anda dan penumpang lain yang terbang bersama Anda.

Agar perjalanan Anda bersama buah hati berjalan lancar, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih penerbangan awal atau akhir

Memesan tiket pesawat pertama Anda adalah tip yang bisa Anda terapkan. Biasanya, penerbangan terjadwal paling awal jarang mengalami penundaan. Ini berbeda dengan penerbangan siang atau malam.

Penumpang yang memilih penerbangan dini hari juga cenderung lelah, sehingga suasana di dalam kabin relatif tenang dan tenteram. Bayi juga memiliki kebiasaan tidur di pagi hari sehingga tidak terlalu rewel.

Jika Anda kehabisan tiket pagi, carilah tiket penerbangan malam. Pada saat ini, para penumpang juga lelah dengan bayi Anda, sehingga anak Anda lebih mungkin untuk tidur saat mengemudi.

2. Diam ketika ingin terbang dan juga ingin mendarat

Sesaat sebelum lepas landas atau mendarat, tekanan udara relatif di dalam kabin meningkat. Tabung eustachius, tabung yang menghubungkan saluran udara bagian atas ke bagian dalam telinga tengah, mencoba mengatur tekanan dengan perubahan ketinggian. Tidak jarang bayi menangis histeris kesakitan saat ini.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, ibu dapat menyusui atau memformulasi bayinya. Aktivitas ini akan membuat bayi lebih tenang, sehingga perjalanan akan lebih lancar.

3. Kenakan pakaian berlapis

Suhu di dalam kabin biasanya rendah, sehingga terasa dingin. Agar bayi nyaman dan tidak membeku, sebaiknya kenakan pakaian dan kaus kaki berlapis-lapis. Pastikan pakaian bayi Anda lembut dan menyerap keringat. Jangan lupa untuk memakai topi atau cap agar suhu AC tidak langsung ke kepala.

4. Siapkan popok dan baju ganti di tas tangan Anda

Jangan mengemas semua perlengkapan bayi dalam satu koper besar. Anda dapat menyimpan satu atau dua set pakaian dan popok dalam tas jinjing yang dapat disimpan di kabin.

5. Bawa stroller yang ergonomis dan mudah dilipat

Saat bepergian dengan bayi, Anda membutuhkan perlengkapan yang lebih kecil agar lebih mudah dibawa atau dimasukkan ke dalam tas. Salah satunya adalah stroller yang memang berguna untuk menampung buah hati.

Saat ini sudah banyak stroller yang bisa dilipat dengan mudah. Ukurannya juga sangat pas dan mudah dibawa ke kabin.

Jadi ini adalah beberapa tips sederhana untuk menggendong bayi. Jangan lupa pesan tiket pesawat, hotel, dan tiket destinasi Anda di Traveloka. Selamat berlibur!

Source: tangerangnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button