Semarak Kemerdekaan, PDIP Pasang 1.200 Bendera di Lokasi Wisata - WisataHits
Yogyakarta

Semarak Kemerdekaan, PDIP Pasang 1.200 Bendera di Lokasi Wisata

Harianjogja.com, Gunungkidul – DPC PDI Perjuangan Gunungkidul turut memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengibarkan 1.200 bendera. Lokasi pemasangan terletak di daerah tujuan wisata Sawahkerjo di Dusun Genjahan I, Genjahan, Ponjong.

Ketua DPC PDIP Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, pemasangan 1.200 bendera di Sawahkerjo merupakan bagian dari program 10 juta bendera yang dicanangkan Presiden Indonesia Jokowi. “Kami merayakan dan ambil bagian dalam pengibaran bendera ini. Lokasinya berada di pinggir jalan raya dan areal persawahan di Sawahkerjo,” kata Endah kepada wartawan, Minggu (14/8/2022).

Ia menjelaskan, pemasangan bendera tersebut tidak dimaksudkan untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga untuk melambangkan kebangkitan masyarakat pasca pandemi Covid-19. Diharapkan momen ini dapat menjadi penyemangat dalam berbagai aspek mulai dari pemulihan ekonomi hingga berbagai aktivitas di masyarakat.

“Jalannya banyak, mulai dari pertanian, industri kreatif dan lain sebagainya. Tujuannya satu, untuk bisa tumbuh dan kuat,” ujarnya.

Baca juga: Rekam! Ini dia 5 aturan memasang bendera merah putih yang benar

Selain itu, pengibaran bendera juga harus membangkitkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi muda. Lokasi di Sawahkerjo dipilih karena banyak anak muda yang datang pada sore hari untuk bermain dan menikmati sajian kuliner warga sekitar.

“Jadi harapannya bisa memperkuat semangat nasionalisme khususnya di kalangan generasi muda,” ujarnya.

Salah satu pengunjung Wisata Sawahkerjo, Satriya, mengaku senang dengan dipasangnya ribuan bendera di areal persawahan. Pasalnya, selain memperingati hari kemerdekaan juga menambah keindahan alam kawasan Sawahkerjo. “Jadi lebih meriah karena tidak hanya sawah yang ditanami padi, tapi juga warna-warni bendera merah putih menghiasinya,” ujarnya.

Ia pun mengaku puas dengan pemandangan tersebut. Namun, Satriya menilai peringatan kemerdekaan merupakan momen refleksi agar bisa lebih baik lagi. “Setiap warga negara berhak merayakannya dengan caranya sendiri. Cahaya kemerdekaan juga ada di mana-mana,” katanya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button