5 Tempat Wisata Sejarah Seru, dari Hotel Majapahit di Surabaya hingga Fort Durstede di Maluku - WisataHits
Jawa Timur

5 Tempat Wisata Sejarah Seru, dari Hotel Majapahit di Surabaya hingga Fort Durstede di Maluku

PETIR – Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya merupakan salah satu momen terbesar dalam sejarah Indonesia.

Momen ini juga menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme, diperingati setiap tahun pada tanggal 10 November dengan Hari Pahlawan Nasional.

Para pahlawan nasional yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia ini berasal dari berbagai daerah yang memiliki berbagai tempat wisata untuk dikunjungi.

Baca juga: Nglanggeran, TMII, hingga Hilisimaetano Ini Rekomendasi Tempat Liburan Sekolah Sandiaga Uno

Berikut rekomendasi wisata seru di lima tempat kelahiran pahlawan Indonesia untuk dijelajahi saat liburan, dikutip dari siaran resmi Pegipegi, Kamis 10 November 2022.

1. Soekarno dan Bung Tomo – Surabaya, Jawa Timur

Soekarno dan Bung Tomo lahir di daerah Surabaya. Di kota pahlawan ini, Anda bisa menjelajahi sejumlah destinasi menarik, seperti Tugu Pahlawan.

Daerah ini adalah rumah bagi Museum 10 November, yang menyimpan ratusan koleksi sejarah termasuk foto, senjata curian, dan artefak dari Pertempuran Surabaya.

Baca Juga: Salah satunya Kuala Lumpur, Ini 5 Destinasi Wisata Mancanegara Populer untuk Orang Indonesia di Liburan 2022

Setelah itu, Anda bisa menuju kawasan Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) yang menjadi saksi bisu robeknya warna biru bendera Belanda menjadi bendera merah putih.

Selanjutnya Anda bisa mengunjungi Hutan Bambu Keputih untuk menikmati suasana pepohonan bambu yang menjuntai tinggi di udara sejuk ala Hutan Bambu Sagano di Jepang.

Sore hari, perjalanan ke Pantai Kenjeran untuk melihat pemandangan pantai di depan Jembatan Suramadu yang megah bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Baca Juga: Pameran Wisata Ramah Muslim di Jakarta, Pameran Wisata Ramah Muslim dari Kuliner hingga Fashion

Destinasi lain untuk dijelajahi adalah Kampung Arab, Pura Sanggar Agung, Ekowisata Mangrove dan Jalan Kembang Jepun.

2. Mohammad Hatta – Bukittinggi, Sumatera Barat

Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Jejak kehidupan Bung Hatta bisa Anda ikuti dengan berjalan kaki menuju Tempat Kelahiran Bung Hatta yang terletak di Jalan Soekarno Hatta 37, tidak jauh dari Jam Gadang.

Di rumah ini Anda dapat melihat ruang bujangan, kereta api Bugi dan informasi serta dokumentasi lainnya tentang Bung Hatta.

Baca Juga: Gelombang Kasus Covid-19 Meningkat di Xinjiang, 2003 Wisatawan Masih Terjebak di Tempat Wisata, Menunggu Evakuasi

Di Bukittinggi Anda juga bisa menjelajahi Lubang Jepang, salah satu terowongan terpanjang di Asia yang pernah menjadi jalur perlindungan dan pelarian tentara Jepang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button