Kasal membuka Kampung Bahari Nusantara di Dusun Tamban | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Kasal membuka Kampung Bahari Nusantara di Dusun Tamban | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Kabupaten Malang memiliki Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Keberadaan KBN ini diverifikasi oleh Danlanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, S.Pd., M.Tr. Hanla., MM, CHRMP.

Dalam sambutannya, Danlanal mengatakan pendirian KBN merupakan program TNI Angkatan Laut yang diprakarsai oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. Menurutnya, KBN tidak hanya ada di Malang. Tapi mereka ditemukan di setiap daerah di seluruh Indonesia. “Rencananya akan diresmikan oleh Pak KSAL pada waktu yang sama hari ini. Namun karena ada kegiatan, maka peresmian diganti dengan video conference siaga KBN,” kata Dewi.

Dikatakan bahwa KBN bukan sekedar desa biasa, keberadaannya dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Sesuai program, akan dibangun lima cluster di Kampung Bahari. Yakni Klaster Pertahanan, Kesehatan, Bisnis (UMKM), Pendidikan dan Pariwisata,” imbuhnya.

Kasal membuka Kampung Bahari Nusantara di Dusun Tamban |  Berita Malang hari ini |  Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita |  Gambar WhatsApp 2022 12 14 pada 15/05/46

Selain keberadaan KBN, Danlanal Malang juga berharap sinergi antara warga dan TNI AL dapat terus terjalin dengan baik ke depannya. “Terwujudnya KBN juga merupakan hasil kerjasama yang baik antara TNI Angkatan Laut, pemerintah daerah, ilmuwan dan warga. Kami berharap sinergi ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, Dewi menginformasikan kepada warga bahwa bagi mereka yang memiliki anak yang ingin mendaftar di TNI AL harus mempersiapkan diri di bawah pembinaan Pos SBU. Pihak Danlanal Malang mengucapkan terima kasih kepada Tim SAR PSR (South Coast Rescue).

SAR PSR didirikan dan dibangun oleh Lanal Malang. Keberadaannya sangat membantu masyarakat dalam kegiatan sosial dan SAR serta penanggulangan bencana di wilayah Malang dan Pesisir Selatan.

Selain melakukan sidak, Danlanal Malang juga membagikan sembako kepada warga. Ada 150 paket sembako yang diserahkan Dewi kepada warga di sekitar KBN. Juga menyumbangkan sepatu boat ke PSR. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan beberapa fasilitas KBN. Ini termasuk kunjungan ke Ponkesdes, rumah pintar dan kunjungan ke sekolah dasar dan menengah di daerah tersebut. Sebelumnya, Danlanal Malang hadir dalam video conference Kesiapan KBN. Vicon dipimpin oleh Wakasal oleh Lanal Kendari. (ira/udi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button