Tiket dan Aktivitas PANTAI BALEKAMBANG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas PANTAI BALEKAMBANG

Tiket dan Aktivitas PANTAI BALEKAMBANG

Harga tiket masuk pantai Balembang : Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco, Jalan Balekambang, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65179.

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai utama di kota Malang. Sejak tahun 1985 hingga saat ini, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan pantainya yang masih bersih dari sampah dan kotoran membuat pengunjung nyaman berlibur disini. Bahkan tim sepak bola seperti Arema dan Persema sering berlatih di sini.

Pantai berpasir putih ini sering diberi sebutan Kuta-nya Malang. Memiliki akses jalan yang mudah dan pemandangan yang indah menjadi alasan utama para pengunjung. Tidak hanya wisata pantai, namun ada wisata religi, wisata budaya dan wisata kuliner.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang Malang

Karena harga masuk yang berlaku tidak mahal. Cukup dengan beberapa ribu pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang
Tiket masuk Rp 20.000
Pertanggungan RDI 500
Karcis parkir kendaraan
Roda 2 Rp5.000
Roda 4 Rp 10.000
Roda 6 Rp 15.000

Baca: TELUK ASMARA Benarkah Pantai Malang Mirip Raja Ampat?

Syarat dan informasi untuk mengunjungi pantai Balekambang :

  • Hormati protokol sanitasi yang berlaku di area pantai.
  • Anak-anak dapat mengunjungi pantai Balekambang didampingi oleh orang dewasa atau orang tua.

Jam Buka Pantai Balekambang

Jam buka tempat wisata ini adalah 24 jam. Namun loket tersebut hanya buka dari pagi hingga sore hari. Tempat wisata ini biasanya ramai saat hari libur atau tanggal merah lainnya.

Jam buka pantai
Setiap hari 24 jam

Aktivitas Wisata di Pantai Balekambang

Pemandangan pantai BalembangKeindahan pantai Balekemabang dilihat dari ketinggian tak salah pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan yang berkunjung ke Malang – Instagram/wisatabatumalangguide

Berbagai aktivitas wisata di pantai ini siap menghibur wisatawan. Tak hanya berenang saja yang menjadi aktivitas utama wisata pantai, tapi juga aktivitas lainnya. Ini beberapa.

Berkemah

Di pantai Balekambang, berkemah juga diperbolehkan. Pengunjung tidak perlu membayar biaya tambahan jika ingin berkemah. Karena Pantai Balekambang tidak menawarkan persewaan tenda, pengunjung harus bersiap.

Sedangkan untuk camping pitch, Anda bisa memilih area pinggir pantai. Tetapi Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan pantai. Karena ada kemungkinan tenda akan hanyut terbawa ombak.

Banyak anak muda berkemah di pantai Balekambang pada malam hari. Biasanya diiringi dengan kegiatan api unggun dan membakar jagung. Diiringi lagu dan suara deburan ombak sangat menyejukkan jiwa.

Baca: Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan dan Aneka Aktivitas

Renang

pengunjung mandi di pantaiBerenang adalah salah satu kegiatan utama yang termasuk di pantai ini. Foto: Google Maps/Wahyu Suhermanto

Saat berada di pantai, tidak lengkap rasanya jika tidak berenang. Begitu pula di Pantai Balekambang, pengunjung diperbolehkan untuk berenang. Meski begitu, seseorang harus selalu berhati-hati dengan ombak dan menghormati batasan yang ada.

Di pinggir pantai selalu ada penjaga yang mengawasi pengunjung bermain atau berenang. Ada juga petugas jaga yang menggunakan perahu karet. Memang, jika terjadi kecelakaan, agen bisa bertindak cepat.

Ingat bagi pengunjung untuk menyiapkan pakaian ganti. Di Pantai Balekambang sudah tersedia toilet untuk mandi dan bersih-bersih setelah bermain air. Jika lupa membawa pakaian, pengunjung bisa membelinya di toko yang menjual oleh-oleh.

Mengunjungi pulau-pulau di sekitar Pantai Balekambang

Pulau Ismoyo, Pantai BalembangSalah satu keistimewaan pantai ini adalah Pulau Ismoyo. Di sini terdapat sebuah pura yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Foto: Google Maps/Fauzi Badar

Di sekitar pantai Balekambang terdapat 3 pulau yaitu Pulau Ismoyo, Anoman dan Wisanggeni. Pulau yang paling terkenal adalah Pulau Ismoyo. Bahkan, pulau ini mendapat julukan Tanah Lot Jawa karena bentuknya yang menyerupai pulau.

Selain bentuknya yang mirip dengan pulau, Pulau Ismoyo juga memiliki pura yang bisa dikunjungi pengunjung. Nama pura tersebut adalah Pura Amarta Jati. Untuk mengunjungi pura, cukup menyeberangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau.

Biasanya di pura ini acara peribadatan umat Hindu berlangsung saat hari raya Nyepi. Karena pura ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu, maka pengunjung diwajibkan untuk mengikuti aturan yang ada. Khusus bagi wanita yang sedang haid, dilarang memasuki pura.

Penangkapan ikan

Pengunjung juga bisa memancing di pantai Balekambang ini. Jangan lupa membawa alat tangkap sendiri. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dibawa pulang atau dibakar saat berkemah.

Bermain rubah terbang

Di pantai Balekambang juga tersedia wahana permainan rubah terbang. Permainan rubah terbang dirilis mulai tahun 2012. Adapun wahananya rubah terbang hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. rubah terbang itu melintasi garis pantai sehingga pemain dapat melihat seluruh pantai.

bermain di sungai kecil

Untuk anak-anak yang ingin bermain dengan aman, terdapat sungai kecil di Pantai Balekambang. Penyewaan ban juga tersedia sehingga anak-anak dapat bermain tanpa khawatir. Untuk sewa ban bisa langsung menghubungi agennya.

Makan di tepi pantai

Pengunjung bisa makan di pinggir pantai. Banyak warung dan kafe yang menjual makanan dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 per porsi.

Meski tidak ada larangan makan di pantai, Anda tetap harus menjaga kebersihan. Karena sayang sekali pantai yang indah ini tercemar oleh sampah.

Beli oleh-oleh

Banyak toko suvenir berjejer di pantai. Toko ini menawarkan segalanya mulai dari kacamata, topi, pakaian, dll. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Bisa lebih murah lagi jika pengunjung pandai menegosiasikan harga.

Bersantai di pantai

Tidak ingin basah saat bermain air? Pengunjung juga bisa berjemur atau duduk santai di pinggir pantai. Jangan khawatir kotor atau basah. Kios-kios di sekitar pantai menawarkan tikar untuk disewakan. Harga bervariasi dan berbeda untuk setiap stand.

Akomodasi dan hotel di sekitar pantai Balekambang

pemandangan pantai dari hotel di sekitar pantai balekembangWisatawan yang ingin menginap bisa memilih homestay di sekitar pantai dengan pemandangan langsung ke pantai. foto: Google Maps/Socmed Artist

Bagi wisatawan dari luar kota, menginap di dekat pantai mungkin bisa menjadi pilihan. Selain lebih dekat dengan pantai, Anda akan bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini. Berbagai penginapan dan hotel berada di dekat pantai Balekembag dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Akomodasi seperti Dhilpratis, Wibisono Inn, Villa Wisma Berbunga dan akomodasi lainnya. Harganya juga relatif terjangkau, mulai dari Rp 150.000 per kamar per malam. Adapun hotel untuk mengintegrasikan memang tidak banyak pilihan di sekitar pantai. Pilihan terdekat dan paling variatif tentunya ada di kota Malang yang jaraknya sekitar 60 kilometer.

Akses ke Pantai Balekambang

Pantai ini secara administratif masuk dalam wilayah Dusun Sumber Jambe di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Padahal jarak antara kota Malang dan pantai Balekambang cukup jauh. Sekitar 60 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum, perjalanannya agak sulit. Dari terminal Malang Arjosari, Anda bisa memilih angkutan yang menuju ke terminal Gadang. Lanjutkan dengan jalan Bantur dan turun di kecamatan Pagelaran atau Gondanglegi. Dari situ sudah tidak ada lagi angkutan kota, wisatawan bisa menggunakan ojek untuk menuju pantai.

Reda

Fasilitas yang tersedia di Pantai Balekambang sangat lengkap, seperti:

  • Toilet
  • Akomodasi
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan karpet
  • ruang sholat
  • Toko cendera mata

Alamat Pantai Balekambang

Pantai ini terletak di wilayah selatan Malang. Tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Sekitar 60 km sebelah selatan kota Malang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button