5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas Seru - WisataHits
Yogyakarta

5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas Seru

5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas Seru

Desa Wisata Tembi merupakan salah satu desa wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Desa liburan ini terletak di Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa Wisata Tembi menawarkan panorama yang mempesona dan keindahan alam yang indah dengan berbagai atraksi. Beragam aktivitas seru dan menyenangkan bersama teman dan keluarga bisa kamu lakukan saat berwisata di Desa Wisata Tembi lho. Nah, itulah berbagai atraksi yang ditawarkan Desa Wisata Tembi!

1. Perjalanan jauh yang menarik

5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas SeruDesa Wisata Tembi Bantul (Instagram.com/desawisatatembi)

Daya tarik Desa Wisata Tembi di Bantul Yogyakarta yang pertama adalah menawarkan banyak wahana keluar apa yang menyenangkan. dimana kegiatannya keluar Ini dikombinasikan dengan lingkungan alam. Sehingga pengunjung dapat merasakan keseruan aktivitasnya yang dipadukan dengan kearifan lokal.

kendaraan keluar Di desa wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, acara liburan kantor dan acara sekolah. berbagai kegiatan keluar Yang bisa kamu dapatkan di Desa Wisata Tembi mulai dari membajak sawah, menangkap bebek di lumpur, tarik tambang di lumpur sawah, menangkap belut, bermain bakiak dan lainnya.

2. Pemandangan alam sekitar masih asri

5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas SeruDesa Wisata Tembi Bantul (Instagram.com/my_ayun)

Daya tarik lain di Desa Wisata Tembi adalah menampilkan pemandangan dan pesona alam daerah tersebut. Kondisi alamnya masih sangat asri, hijau, nyaman, tenang dan berpadu dengan udara desa yang sejuk. Dari pintu masuk Anda memiliki pemandangan yang sangat kaya akan nuansa pedesaan.

Areal yang luas dengan persawahan dan banyak pepohonan hijau di sekitar rumah penduduk, memberikan perasaan tenang dan sejuk. Selain itu, di sini juga banyak dijumpai rumah Joglo atau Limasan yang memiliki pekarangan luas dan dibiarkan apa adanya. Dengan kondisi alam seperti inilah yang menjadikan Desa Wisata Tembi salah satu tempat wisata di Bantul Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

Baca Juga: 9 Sentra Kerajinan Tangan di Bantul, Tempat Cari Oleh-Oleh

3. Memiliki ragam wisata budaya

5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas SeruDesa Wisata Tembi Bantul (Instagram.com/desawisatatembi)

Tak hanya terkenal dengan touring keluar Tentunya Desa Wisata Tembi juga terkenal dengan berbagai wisata budayanya yang tidak boleh dilewatkan disini. Ada banyak sajian budaya yang disajikan mulai dari Museum Tembi hingga lukisan topeng, pembuatan tanah liat dan pertunjukan budaya oleh masyarakat setempat.

Selain itu, Desa Wisata Tembi juga menjadi destinasi wisata yang menawarkan kegiatan edukasi kepada pengunjung yang datang. Dengan cara ini, persembahan budaya lokal yang unik dan beragam disajikan kepada pengunjung.

4. Memiliki riwayat turun-temurun

5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas SeruDesa Wisata Tembi Bantul (Instagram.com/desawisatatembi)

Daya tarik lain dari desa wisata ini adalah memiliki cerita sejarah yang dipercaya oleh penduduk setempat. Setiap tempat tentunya memiliki cerita tersendiri tentang awal mula tempat tersebut yang menjadi cerita turun temurun. Hal yang sama juga berlaku di Desa Tembi. Ada beberapa versi tentang asal usul desa Tembi yang menjadi potensi dan daya tarik wisata, yaitu:

  • Desa Tembi dulunya merupakan pusat penitipan anak bagi anak-anak raja. Sehingga masyarakat setempat percaya bahwa siapapun yang datang ke Tembi dan bermalam akan menjadi sejahtera layaknya bangsawan.
  • Dulunya merupakan tempat peristirahatan Abdi Dalem Kraton. Pernah ada Abdi Dalem Kraton Kasunanan Solo yang berencana pergi ke Imogiri (makam raja-raja kerajaan Mataram di daerah Bantu, sebelah timur daerah Tembi). Namun, Abdi Dalem tersesat dan malah pergi ke Tembi. Kemudian beban Abdi Dalem Kraton pecah dan dia memutuskan untuk tinggal di Tembi dan tidak kembali ke Kraton.
  • Menurut versi ini terjadi kerancuan tempat pemakaman Abdi Dalem Kraton, dahulu ada seorang Abdi Dalem Kraton bernama Pangeran Teposono (Pangeran Diposono) yang meninggal dunia meminta untuk dimakamkan di desa Srembi. Namun, ternyata ia dimakamkan di Desa Tembi.

5. Banyak spot foto yang menarik

5 Tempat Wisata Desa Wisata Tembi Bantul, Banyak Aktivitas SeruDesa Wisata Tembi Bantul (Instagram.com/desawisatatembi)

Daya tarik Desa Wisata Tembi yang terakhir adalah memiliki banyak tempat yang cocok Pekerjaan berfoto dan mengabadikan momen. Desa wisata ini memiliki banyak sudut yang dilengkapi dengan Spot Selfietetap paviliun membuat foto Anda lebih indah.

Anda dapat menjelajahi alam dan menemukan banyak hal Pekerjaan Foto. Misalnya di areal persawahan hijau, di areal keluar, hingga kawasan budaya dan kuliner. Selama berada di sini, dijamin Anda akan senang dengan berbagai tempat menariknya.

Desa Wisata Tembi merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang sambil belajar budaya setempat. Eh, tertarik untuk berkunjung?

Baca Juga: 8 Wisata Malam Populer di Bantul, Ada Puncak Bibis!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button