Hindari area bendera merah ini jika ada lembah bahaya di pantai Parangtritis! - WisataHits
Yogyakarta

Hindari area bendera merah ini jika ada lembah bahaya di pantai Parangtritis!

TEMPO.CO, Yogyakarta – Tidak kurang dari 40.000 kendaraan diperkirakan akan mengunjungi daerah tersebut Pantai Parangtritis pada malam tahun baru di hari sabtu 31 desember 2022 nanti. Pantai yang terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini saat liburan Natal dan Tahun Baru masih menjadi favorit wisatawan dengan rata-rata ribuan kendaraan yang berkunjung setiap harinya.

Tanda bahaya di pantai Parangtritis

Namun yang harus diketahui wisatawan saat bermain di Parangtritis, jangan lengah dan terjebak di area berbahaya yang sudah ditandai dengan bendera merah. Direktur Polisi Air dan Udara (Polarud) Polda DIY Brigadir A. Bayu mengatakan, bendera merah yang dipasang di Pantai Parangtritis merujuk pada tanda palung laut di dekat tempat pengibaran bendera.

“Di depan (selatan) bendera merah itu daerah palung laut,” kata Bayu, Jumat, 30 Desember 2022.

Lihat : 25 Pantai Di Yogyakarta Yang Dikenal Eksotis Dan Sejuk, Cocok Untuk Berlibur

Palung laut adalah cekungan atau jurang di laut dengan kedalaman yang sangat berbahaya bagi para pelancong yang biasanya tidak dilengkapi peralatan yang memadai saat bermain di air. “Di daerah palung laut ini juga ada arus balik yang sangat kuat ke laut. Jika pengunjung ke kawasan ini tidak hati-hati, mereka akan cepat terbawa arus dan tenggelam,” kata Bayu.

Bayu juga mengimbau wisatawan untuk memperhatikan peringatan yang dipasang di rambu-rambu tersebut. Alias ​​​​tidak berkomitmen untuk bermain di area yang ditandai oleh ofisial.

Patroli di Hari Libur Natarus

Bayu mengatakan, petugas Polairud Polda DIY dan petugas Search and Rescue (SAR) di Pantai Parangtritis tetap melakukan patroli di sepanjang kawasan pantai meski pada hari libur Nataru. Pertama-tama, untuk mengingatkan agar tidak ada turis yang mengabaikan tanda bahaya yang dipasang.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, jumlah pengunjung kawasan Pantai Parangtritis terus meningkat pada pekan ini. “Minggu ini rata-rata 5.000 hingga 6.000 kendaraan masuk ke Parangtritis setiap hari, namun akhir pekan kemarin mencapai 17.000 kendaraan,” kata Ihsan.

WICAKSONO SWASTA

Baca: Turis Disapu Ombak di Pantai Parangtritis, Polisi dan SAR Intensifkan Patroli

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button