Taman Lawang, objek wisata alam favorit yang terletak di Danau Maninjau di Agam - WisataHits
wisatahits

Taman Lawang, objek wisata alam favorit yang terletak di Danau Maninjau di Agam

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Raya H. Asbial Syafei, Kec. Matur, Kab. Agam, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Taman Lawang terletak di Kabupaten Agam dan memiliki luas sekitar 15 hektar. Destinasi artistik ini terletak di atas ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki udara yang cenderung dingin dengan suhu sekitar 16 hingga 29 derajat Celcius. Untuk meningkatkan lanskap Danau Maninjau secara keseluruhan agar dapat menarik wisatawan dari mana-mana.

Siapapun yang berkunjung ke sini akan terkesima karena panoramanya yang begitu memesona. Apalagi ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, seperti menikmati wahana paralayang kelas dunia. Belum lagi jika membahas keseluruhan fasilitas, pengunjung dijamin akan ragu untuk pulang.

Anda akan menemukan musholla, auditorium berkapasitas 150 orang, ruang karaoke, gazebo yang menghadap langsung ke danau, bahkan camping dan arena. Tak heran, pamor objek wisata tunggal ini mendunia. Selain itu, akses jalan menuju Lawang Adventure Park cenderung beraspal mulus sehingga tidak menyulitkan wisatawan.

Atraksi Taman Lawang

Atraksi Taman LawangKredit gambar: Google Maps Gibson Soni

1. Pemandangan Danau Maninjau

Tempat paling populer dan favorit bagi pengunjung, terutama dengan pemandangan berkabut yang menutupi sekitarnya. Anda juga bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam secara maksimal jika tetap berada di atas bukit. Hanya saja Anda harus melalui jalur panjat tebing sebelum benar-benar dapat merasakan keindahannya secara utuh.

2. Rumah berbentuk unik

Di sisi lain, pengelola Taman Lawang menawarkan atraksi yang tak kalah memikat seperti rumah kayu berbentuk unik yang terlihat seperti rumah hobbit namun dengan nuansa yang lebih modern. Mengadaptasi gaya desain Eropa, terdapat beragam warna berbeda di setiap unitnya.

Belum lagi gedung ini didirikan di tengah taman sehingga berhasil menarik perhatian masyarakat. Pemandangan akan langsung tertuju pada deretan rumah begitu mendekati taman yang pada akhirnya sudah bisa ditebak pasti kalian akan berburu foto.

3. Udara sejuk cenderung dingin

Kenyamanan udara merupakan aspek penting di suatu lokasi wisata, terutama bagi wisatawan yang tinggal di daerah pesisir atau di tengah kota yang padat penduduk. Lawang Adventure Park menampilkan suasana sejuk yang cenderung dingin dengan suhu berkisar antara 16 hingga 29 derajat Celcius.

Tempat ini bisa menjadi cara penyembuhan atau sekedar menjauh dari keramaian kota. Dengan hamparan Danau Maninjau, pepohonan rindang, perbukitan di kejauhan, di mana semuanya seolah menyatu dan membuat Anda merasa lebih dekat dengan alam. Belum lagi ada spot foto khusus yang didesain untuk melihat spot di atas bukit.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman LawangKredit Gambar: Instagram Hervina Ahmad

Ada beberapa rute yang bisa dipilih jika ingin mengunjungi Taman Lawang Agam di Sumatera Barat. Pasak Matur dulu di Bukittinggi hingga sampai di perempatan ketiga kawasan ini. Anda bisa mengambil jalur kanan, dimana pemandangannya sangat indah dan dihiasi dengan perkebunan teh milik warga sekitar.

Jalur kedua, melewati Ambun Pagi, terletak sekitar 3 km setelah Matur, yaitu di dekat Jalan Kelok 44. Jalur ini paling banyak dipilih wisatawan karena menyuguhkan pemandangan Danau Maninjau di sepanjang perjalanan.

Alternatif lain, Anda bisa mengambil jalur trail, terutama bagi penyuka trekking. Melewati Pasar Bayur, km 4 utara Danau Maninjau. Ini akan membawa Anda setidaknya 1 jam 30 hingga 2 jam berjalan kaki untuk mencapai puncak Taman Lawang Agam. Panorama di sini menawarkan pepohonan yang lebat.

Anda juga bisa pergi ke Pasar Minggu yang terletak di Km 8 Danau Maninjau. Hanya saja traveler akan menghabiskan lebih banyak waktu, sekitar 4-5 jam. Pemandangan yang ditawarkan jika mengambil rute ini adalah area persawahan, serta pepohonan yang rindang.

Harga tiket masuk objek wisata

Taman LawangKredit gambar: Google Maps Alasroban

Taman Lawang beroperasi sepanjang waktu, di mana pengelola menyediakan akomodasi bagi pengunjung. Tidak ada batasan khusus kapan dan berapa lama Anda bisa menikmati suasana di sini.

Mungkin itu sebabnya harga tiket masuk tidak memiliki perbedaan usia, juga berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika berkunjung dari Senin hingga Sabtu, Anda harus membayar pajak sebesar Rp 20.000, sedangkan pada hari Minggu Rp 25.000. Ditambah sewa parkir motor Rp 3.000 dan sewa mobil Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Lawang Adventure Park

Aktivitas menarik di Lawang Adventure ParkKredit gambar: Twitter nadiaturrahma

1. Cobalah berbagai wahana menarik

Dianggap sebagai salah satu spot paralayang terbaik di Asia Tenggara, Taman Lawang memang kerap diincar wisatawan untuk bisa meluncur dari ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut. Belum lagi selama perjalanan dari atas bukit menuju ke darat, Anda akan disuguhi pemandangan Danau Maninjau yang mempesona.

Namun, biayanya sekitar Rp 500.000 jika Anda tertarik mencoba paralayang yang telah dilengkapi dengan instruktur khusus untuk pemula. Namun, jika menurut Anda tarifnya agak mahal, Anda bisa menegosiasikan harga terlebih dahulu.

Kemudian wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai wahana menarik lainnya. Selain paralayang, selalu ada flying fox dengan harga tiket yang lebih murah. Meski nuansanya jelas berbeda, namun panorama di atasnya adalah danau vulkanik seluas 100 hektar, sekaligus suasana yang asri dan terawat di sekitarnya.

Puas menikmati keseruan di udara, Anda bisa menantang diri sendiri dengan melintasi jembatan ban dan jembatan timbang yang juga memicu adrenalin. Bahkan jika Anda tidak tertarik untuk bermain, pengelola menawarkan berbagai spot foto dengan pemandangan yang menakjubkan. Misalnya, sebuah tempat berbentuk kapal yang terdampar di tepi sebuah bukit.

Di sisi utara, terdapat panggung artistik dengan bahan bambu yang dapat menampung maksimal 5 orang dewasa. Dari sini, Anda akan melihat panorama persawahan, pemukiman penduduk, Danau Maninjau dan perbukitan di sekitarnya sekaligus.

2. Tetap di tempat tujuan

Menginap di Taman Lawang tidak akan terlalu mengganggu Anda. Pasalnya, sejumlah penginapan asrama sudah disediakan pengelola. Keuntungan menginap, Anda bisa melihat pemandangan bintang di langit malam, dan menunggu matahari pagi keesokan harinya.

Tidak ingin merogoh kocek lebih dalam untuk menyewa rumah? Anda bisa pergi berkemah. Cobalah untuk membawa keluarga, teman terdekat atau pasangan Anda untuk menikmati suasana bersama. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain menyiapkan barbeque, bernyanyi sambil bermain gitar, juri party dan masih banyak permainan seru lainnya.

3. Memetik buah

Seperti daerah perbukitan biasanya, tempat ini diberkahi dengan tanah yang subur. Tak heran, aneka buah dan sayur sengaja dimunculkan dan menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Di sini Anda dapat menemukan markisa, labu, melon, stroberi, jeruk, dll. Menyenangkan bukan memetik buah langsung dari pohonnya?

Setelah memanen buahnya, Anda bisa membawanya pulang atau mencicipinya di tempat, sambil mengagumi pemandangan sekitar. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi semua yang menjalankannya. Namun, pastikan budget Anda cukup fleksibel saat datang ke sini.

4. Di sekitar kawasan wisata

Aktivitas di Lawang Adventure ParkKredit gambar: Twitter Minang Resmi

Bosan berada di satu tempat? Penasaran ingin tahu semua objek wisata Taman Lawang? Tak perlu khawatir, pengelola telah menyediakan fasilitas khusus untuk memenuhi keinginan berlayar Anda.

Pengunjung bebas memilih apakah ingin menjelajah di darat atau di air. Pasalnya, tempat ini telah dilengkapi dengan fasilitas off-road, serta arung jeram. Untuk arung jeram, Anda mungkin tidak akan terlalu fokus pada pemandangan, tetapi tidak ada salahnya jika Anda ingin mencobanya.

Off the road, selain menantang diri sendiri di jalur ekstrim, Anda juga bisa melihat keindahan yang mengelilingi Anda. Ada juga jalur sepeda yang bisa digunakan untuk berkeliling wilayah desa, di mana Anda akan bertemu dengan penduduk lokal dan mungkin berinteraksi dengan mereka. Kegiatan eksplorasi seperti ini sangat cocok bagi Anda yang merasa kesulitan untuk berdiam di satu tempat.

5. Berburu foto estetis

Pastikan untuk mengambil foto selama kunjungan Anda di sini, meskipun Anda harus menyiapkan peralatan fotografi yang memadai. Di setiap sudut objek wisata, seolah menawarkan panorama tersendiri dengan berbagai atraksi yang sulit untuk ditolak. Misalnya, mengambil foto di tengah lapisan kabut tipis di antara lanskap perbukitan tentu sangat menggoda bukan?

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman LawangKredit gambar: Twitter Minang Resmi

Mengingat popularitasnya yang mendunia, Lawang Adventure Park tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Banyak hal yang bisa Anda temukan di sini, mulai dari restoran, mushola, kamar mandi, penginapan, gazebo, bahkan ruang pertemuan.

Salah satu wahana yang populer adalah tempat olahraga paralayang, yang diharapkan menjadi tempat terbang terbaik di Asia Tenggara.

Taman Lawang di Agam menjanjikan kesenangan wisatawan, mulai dari kemudahan memenuhi kebutuhan pokok saat berlibur hingga pemandangan alam yang indah. Karena suasana tempat ini yang sibuk, sebaiknya hindari datang pada akhir pekan jika memungkinkan. Kemudian, pilih waktu pagi atau sore hari untuk menikmati pesona matahari di atas ketinggian.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button