Kunjungi Soto Lenthok Pak Sadari Limasan - WisataHits
Yogyakarta

Kunjungi Soto Lenthok Pak Sadari Limasan

JOGJA-Salah satu kuliner khas Indonesia adalah Soto. Sering juga disebut dengan sroto, tauto atau coto, makanan ini menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia untuk dihidangkan sebagai santapan lezat dengan aneka saus yang sesuai dengan lidah setiap adat di Indonesia. Bahkan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Soto Lenthok Pak Sadari-Limasan yang menjadi legenda kuliner Tempo Doeloe sangat populer di berbagai kalangan.

Kalau dipikir-pikir, nama Soto Lenthok Pak Sadari-Limasan sendiri diambil dari nama Sadari yang merupakan pelopor Soto Lenthok. Ketika mulai menjual Soto Lenthok pada tahun 1957, Sadari mengandalkan piculan, atau semacam gerobak, yang dipikulnya dan berjalan di sepanjang Gununkidul menuju pusat Kota Yogja, tepat di kawasan Pakualaman, tempat Sadari tinggal Jual Soto Lenthok.

Pada tahun 1982, Sadari membayar keringatnya dengan membuka toko pertamanya di kawasan Hayam Wuruk Yogyakarta.

Soto Lenthok Sadari kini dilanjutkan oleh anaknya Subargo yang sudah memiliki beberapa cabang. Bekerjasama dengan Spoon Chopsticks Group, sebuah perusahaan yang berpengalaman di bidang kuliner, disepakati untuk mengembangkan Gerai Soto Lenthok Pak Sadari sekaligus mengedepankan cita rasa Soto Lenthok yang tidak berubah hingga saat ini.

Kini, bahkan di tangan kepiawaian Grup Sumpit Emas dan Sendok Subargos dalam pengelolaannya, soto Lenthok telah membuka cabang pada 19 Agustus 2022 yang beralamat di Jalan Pamularsih No. 152 B Klaseman, Yogyakarta, dengan nama cabang Soto Lenthok miliknya. Pak Sadari Limasan. Dengan jam operasional dari pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB dan buka setiap hari.

Hidangan utama dan ciri khas kelezatannya adalah lenthok, yang menggunakan kue singkong dengan tampilan unik menyerupai bola dan tekstur renyah yang tidak mudah hancur saat dicampur dengan kuah soto yang gurih.

Untuk mempertahankan rasa selama lebih dari 60 tahun, Subargo selalu menggunakan ayam kampung yang disajikan dengan berbagai sate seperti sate jeroan, sate brutu, sate kulit, sate telur. Tambahan ayam dan lentuk dijual terpisah.

Melihat keindahan budaya dan pariwisata Yogyakarta tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner lezat Soto Lenthok Pak Sadari-Limasan.*

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button