5 Destinasi Wisata Alam Surabaya yang Cocok Untuk Liburan Keluarga - WisataHits
Jawa Timur

5 Destinasi Wisata Alam Surabaya yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

jakarta

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia dan ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya tidak hanya kota metropolitan tetapi juga memiliki berbagai keindahan alam yang cocok untuk liburan keluarga.

Keindahan alam ini menjadi destinasi yang tepat dan tersebar di beberapa wilayah kota. Penasaran atau tidak, Kota Pahlawan menawarkan wisata alam bukan? Berikut destinasi wisata alam di Surabaya, yuk simak!

1. Tanah Petualangan Romokalisari

Romokalisari Adventure Land Tour yang baru diresmikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (Cak Eri) pada September 2022. Terletak berdampingan dengan Rumah Susun Romokalisari, Kecamatan Benowo, Surabaya. Romokalisari Adventure Land terletak di pantai utara Surabaya dan menawarkan pemandangan laut.

Selain itu, Romokalisari Adventure Land juga menawarkan sejumlah wahana menarik. Setidaknya ada tujuh jenis wahana di sini yang kini bisa dinikmati pengunjung. Sejumlah wahana terdiri dari taman bermain, kebun binatang mini, arena berkuda, ATV, kano dan sekoci di hutan bakau dan jet ski.

Eri memastikan Romokalisari Adventure Land tak kalah menarik dengan destinasi wisata alam lainnya di luar kota Surabaya.

“Ada tujuh wahana di sini. Ada fasilitas berkuda, ada juga arena bermain. Jadi mari kita coba Adventure Land di Romokalisari yang sangat luar biasa,” kata Eri dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Sejumlah wahana tersedia di sini, juga menawarkan sensasi berbeda dengan harga tiket yang berbeda.

“Ada kapal yang bisa dinaiki. Jadi ada banyak kemungkinan,” tambahnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempekerjakan 100 anggota Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mengelola Romokalisari Adventure Land. Mereka adalah warga Rumah Susun Romokalisari dan dari desa setempat.

“Jadi semua hasil penjualan tiket masuk ke orang-orang di Surabaya yang bekerja di sini. Insya Allah 100 orang MBR bekerja di Romokalisari Adventure Land,” ujarnya.

2. Kebun Raya Mangrove

Kawasan pesisir pantai timur Surabaya (Pamurbaya) menyimpan keindahan alam yang eksotis. Situs ini membentang dari hutan bakau Gunung Anyar – Medokan Sawah hingga Wonorejo – Keputih. Hingga saat ini Pemerintah Kota Surabaya sedang menata dan mengembangkan kawasan Pamurbaya.

Eri mengatakan, saat ini pemerintah kota sedang menata dan menghubungkan mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah. Di sisi mangrove Gunung Anyar, pemerintah kota fokus pada wisata perahu atau penyeberangan sungai.

Sementara itu, Pemprov DKI telah melengkapi Mangrove Medokan Sawah dengan serangkaian wahana yang bisa dinikmati wisatawan. Mulai dari sepeda air, ATV, spot foto, wisata perahu atau penyeberangan sungai hingga kuliner.

“Hal ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia, namun ada keindahan alam yang dilestarikan di Kebun Raya Mangrove. Baik itu untuk pendidikan, penelitian, maupun wisata alam di Surabaya,” jelasnya.

3. Taman Hiburan Pantai Kenjeran (THP)

Wajah baru Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya (THP) kini semakin cantik setelah direnovasi pada tahun 2021. Bahkan hingga saat ini, pemerintah kota masih mengembangkan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya.

Eri mengatakan dengan adanya perubahan THP Kenjeran ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak wisatawan untuk datang. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Karena saya ingin menunjukkan bahwa Surabaya memiliki tempat wisata yang luar biasa,” ujarnya.

Selain menawarkan wisata alam berupa pantai, THP Kenjeran Surabaya juga dianugerahi berbagai jajanan dan kuliner yang bisa dinikmati pengunjung. Sedikitnya ada 197 stand Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di THP Kenjeran Surabaya.

4. Wisata Danau Sontoh

Jika ke Surabaya, belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke wisata Sontoh Laut. Terletak di desa nelayan Sontoh Laut, Tambak Sarioso, Asemrowo Surabaya, tempat wisata ini menghadap ke laut dengan hutan mangrove.

Pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu untuk selfie atau sekedar duduk-duduk di pendopo dan bersantai sambil menikmati seni kuliner.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya juga menggelar lomba desain Wisata Sontoh Laut untuk mengembangkan kawasan tersebut. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong partisipasi warga khususnya generasi muda Surabaya dalam pembangunan kota.

Eri meyakini Sontoh akan menjadi wadah bagi anak muda sekaligus destinasi wisata baru yang menarik menurut Wisata Bahari. Oleh karena itu, program pembangunan Sontoh Laut memang sengaja tidak dilaksanakan langsung oleh Pemkot Surabaya.

“Saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal ketika anak muda berpartisipasi. Saya ingin setiap pembangunan menjadi sumbangsih pemikiran seluruh warga Surabaya,” ujarnya.

5. Taman Hutan Raya (Tahura)

Selain destinasi wisata alam yang berada di sepanjang pantai, Surabaya juga memiliki sejumlah Taman Hutan Raya (Tahura) yang bisa dijadikan destinasi liburan di akhir pekan. Ada beberapa pilihan Tahura di Surabaya yang memiliki ciri khas masing-masing, yaitu Tahura Balas Klumprik, Tahura Pakal I & II, Tahura Lempung dan Orange Integrated Agricultural Center.

Tahura di Surabaya tidak hanya dipenuhi dengan berbagai jenis pohon tetapi juga dengan kolam yang diisi dengan budidaya ikan.

Selain destinasi wisata alam, Eri mengungkapkan masih banyak tempat lain di Surabaya yang bisa dijadikan tempat liburan keluarga. Mulai dari kota tua, pendakian sungai Kalimas hingga Kebun Binatang Surabaya (KBS).

“Selain wisata heritage, kita juga akan memanfaatkan destinasi wisata alam untuk kemaslahatan umat sehingga semua kegiatan ekonomi bergeser ke Surabaya,” pungkasnya.

Tonton video “Seru di kolam renang saat liburan”
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button