7 Wisata Budaya Gresik Yang Mungkin Belum Anda Ketahui | BANGSAONLINE.com - Berita Terbaru - WisataHits
Jawa Timur

7 Wisata Budaya Gresik Yang Mungkin Belum Anda Ketahui | BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru

7 Wisata Budaya Gresik Yang Mungkin Belum Anda Ketahui |  BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru


7 Wisata budaya Gresik yang mungkin belum anda ketahui Karnaval Budaya HUT Gresik merupakan salah satu wisata budaya di Kota Pudak. (Foto: disparekrafbudpora.gresikkab.go.id)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Gresik merupakan daerah dengan banyak destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu kawasan industri di Jawa Timur ini terletak di kawasan utara Laut Jawa yang terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona.

Selain itu, tempat wisata budaya di Kota Pudak juga tidak kalah menarik. Upaya menarik pengunjung baik lokal maupun dari daerah terus dilakukan oleh pemerintah kabupaten setempat dengan meningkatkan potensi wisata yang ada di Gresik.

Menurut laman disparekrafbudpora.gresikkab.go.id, ada sejumlah destinasi wisata budaya di Kabupaten Gresik. Berikut 7 wisata budaya di Gresik yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Pasar Bandeng

Kegiatan Pasar Bandeng, wisata budaya di Gresik, bertujuan untuk menyambut Idul Fitri. Pasar bandeng berlangsung pada dua malam terakhir sebelum malam Takbiran atau pada malam ke-27 hingga ke-29 Ramadhan. Acara ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan menjalankan bulan puasa dan sebagai wujud kepintaran warga Gresik dalam bidang budidaya ikan bandeng.

Saat ini, seluruh warga akan menikmati pasar bandeng. Ikan bandeng dengan berbagai ukuran mulai dari yang sedang hingga besar atau tua dilelang dalam tradisi ini. Seekor bandeng kawak bisa mencapai berat lebih dari 10 kg. Konon budaya Pasar Bandeng sudah dikenal sejak zaman Sunan Giri yang bermaksud untuk meningkatkan potensi perekonomian masyarakat Gresik saat itu. Kegiatan setahun sekali ini tidak hanya diikuti oleh para pembudidaya bandeng dari wilayah Gresik, tetapi juga diminati oleh para pembudidaya dari Lamongan, Tuban hingga Sidoarjo.

2. Karnaval budaya dalam rangka HUT Gresik

Perayaan Karnaval Budaya Memperingati Hari Jadi Kabupaten Gresik dan Hari Jadi Kabupaten Gresik merupakan kegiatan tahunan yang mengangkat tema Street Dance Carnival. Prosesi yang ditampilkan dengan berbagai tradisi Gresik ini dipimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik. Karnaval Budaya HUT Gresik diadakan setiap tanggal 9 Maret, yang juga merupakan penanda penobatan Sunan Giri sebagai penguasa Giri bergelar Prabu Satmata. Karnaval budaya ini dimulai dari kawasan Giri Kedaton dan berakhir di Alun-alun Gresik.

3. Festival Makanan Yunani

Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang paling dinantikan dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke daerah manapun. Sebuah festival kuliner khas Gresik bertajuk “Festival Budaya Badhogan dan Gresik” digelar di kota Pudak, dimana berbagai sajian kuliner tradisional dan unik yang hanya bisa ditemukan di kota Gresik dihadirkan.

Biasanya, festival ini berlangsung dari bulan Maret hingga Mei setiap tahun. Gresik Food Festival ini juga bermanfaat untuk melestarikan budaya Gresik agar tidak punah dan tergerus oleh arus globalisasi. Selain itu, acara ini bertujuan untuk meningkatkan roda perekonomian kota melalui bidang kuliner.

Simak berita selengkapnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button