5 Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Paling Banyak Dicari - WisataHits
Jawa Timur

5 Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Paling Banyak Dicari

Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan beragam destinasi wisata yang menarik. Maka tak heran jika Probolinggo berkali-kali dijadikan tujuan liburan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Saat berlibur, rasanya kurang lengkap jika belum membeli oleh-oleh. Tak perlu khawatir karena Probolinggo punya oleh-oleh khas yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang di kampung halaman lho! Nah, berikut informasi mengenai 5 oleh-oleh khas Probolibggo yang paling diminati. Harus ada di tas belanja Anda!

1. Probol Tape Probolinggo

5 Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Paling Banyak DicariProl Tape (instagram.com/tapehandayani82bondowoso)

Prol sering disebut sebagai kue Indonesia. Olahan Prol tape banyak dijumpai di daerah-daerah penghasil tape di Indonesia. Seperti Jember, Situbondo dan Probolinggo.

Makanan berbentuk kue ini terbuat dari pita singkong, susu, tepung terigu, gula pasir dan mentega. Bahan-bahan ini kemudian dituangkan ke dalam loyang untuk dipanggang lebih lanjut. Proses memanggang ini membuat Prol Tape lebih sehat dan tahan lama.

Rasa Probolinggo Prol Tape manis dan nyata. Teksturnya seperti kue. Kamu bisa membeli Prol Tape dengan topping yang berbeda-beda. Seperti keju, kismis, almond, hingga meses yang berbeda. Pilih sesuai selera Anda, ya! Anda tidak perlu khawatir tentang tas kering. Suvenir ini dijual mulai dari Rp20.000.

Baca juga: 5 Fakta Ronggojalu, Danau Terjernih di Probolinggo

2. Anggur Raja Bestari

5 Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Paling Banyak DicariAnggur Prabu Bestaris (instagram.com/update_probolinggo)

Probolinggo dikenal sebagai penghasil buah-buahan lokal seperti anggur sejak tahun 1980-an. Jawara anggur di Probolinggo adalah rajanya anggur Bestari. Anggur Prabu Bestari adalah sejenis anggur berwarna ungu kemerahan.

Anggur ini memiliki daging yang tebal dan lembut saat disentuh. Anggur yang sudah matang rasanya manis. Anggur Prabu Bestari bisa dijadikan oleh-oleh karena tahan disimpan di suhu ruang hingga seminggu. Anggur ini tidak hanya dikonsumsi buahnya saja tetapi juga diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti selai dan minuman seperti jus anggur.

3. Keripik kentang

5 Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Paling Banyak DicariKeripik Kentang (carikulinerindonesia.com)

Ciri khas keripik kentang Probolinggo adalah warnanya yang putih bersih menyerupai keripik singkong. Warna putih berasal dari mencuci kentang dan mengolahnya.

Keripik kentang Probolinggo disebut juga keripik kentang bromo karena tanaman kentang biasanya ditanam di dataran tinggi lereng bromo. Rasa keripik kentang Probolinggo gurih dan teksturnya renyah.

Keripik kentang ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena praktis, enak, dan tahan lama. Seiring berjalannya waktu, produsen keripik kentang di Probolinggo juga melakukan inovasi produknya. Cara memperindah Kemasanserta menambahkan variasi rasa.

4. Sirup Pokok

5 Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Paling Banyak DicariSirup Pokak (instagram.com/siruppokakibuindri)

Sirup Pokak merupakan minuman tradisional khas Probolinggo. Sirup pokok ini banyak diminati karena rasanya yang enak. Sirup Pokak dibuat dengan gula merah, cengkeh, jahe, kayu manis, pandan, dan jeruk purut.

Saat meminum sirup ini, tubuh akan terasa hangat. Itu berasal dari rempah-rempah sebagai bahan dasarnya. Rempah-rempah juga mengeluarkan aroma harum saat menyeduh sirup tumpuk. Sirup pokak biasanya disajikan hangat dengan cara direbus sebentar.

5. Mangrove olahan

5 Oleh-Oleh Khas Probolinggo yang Paling Banyak DicariMangrove olahan (putratravel.net)

Selain digunakan untuk mencegah abrasi, mangrove juga bisa dibuat menjadi berbagai olahan, lho! Di Probolinggo sendiri, mangrove diolah menjadi sirup, jenang dan cola.

Ramuannya benar-benar terbuat dari bakau atau bakau kemudian dicampur dengan bahan pendukung lainnya untuk menciptakan rasa yang lezat. Rasanya seperti sirup mangrove asam manis dan mengandung vitamin A, C dan yodium, yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Nah itulah 5 oleh-oleh khas Probolinggi yang paling diminati. Dengan membeli makanan khas lokal kami juga membantu memperkuat komunitas lokal dan UMKM. Jadi jangan lupa beli oleh-oleh ala Probolinggo untuk orang tersayang ya!

Baca Juga: 6 Tempat Belanja Terbesar di Probolinggo, Lengkap dan Nyaman!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button