Jembatan Merah Tukad Degrees memulai rekonstruksi - WisataHits
Jawa Timur

Jembatan Merah Tukad Degrees memulai rekonstruksi

selaput

Pasca banjir bandang pada 16 Oktober 2022, pembangunan kembali jembatan gantung yang merupakan Tempat Wisata (DTW) Sungai Degree, Jembrana, Bali, telah dimulai. Pembangunan jembatan bubungan masih sama dengan sebelumnya, hanya pejalan kaki dan pesepeda yang bisa melintasinya.

Setelah pengawasan di lapangan, semua bahan konstruksi jembatan sudah tiba, termasuk baja, alternatif dan perlengkapan lainnya yang didatangkan dari rekanan di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, pengerjaan pondasi jembatan yang rusak juga sudah selesai dan tinggal pemasangannya saja.

Kepala Pelaksana BPBD Jembrana I Putu Agus Artana Putra mengatakan dalam rapat bahwa jembatan gantung pengganti merupakan jembatan darurat. Meski demikian, fungsi dan kekuatan jembatan tetap sama.

“Namun, pejalan kaki dan sepeda motor hanya bisa melintasinya, dan warnanya tetap merah sesuai simbol jembatan,” ujarnya, Senin (12/12/2022).

Artana menjelaskan, Jembatan Derajat dibangun terlebih dahulu karena memberikan akses bagi warga sekitar, apalagi jembatan tersebut tidak terlalu panjang. Dengan itu, perbaikan dilakukan secara cepat dengan anggaran BTT BPBD Jembrana.

“Sementara jembatan lain yang juga rusak akibat banjir bandang pada 16 Oktober ini lebih panjang sehingga membutuhkan anggaran besar dan menunggu anggaran. Diperkirakan jembatan lainnya akan diperbaiki pada tahun 2023. “kata Artana.

Jembatan gantung ini bukanlah jembatan darurat atau jembatan darurat yang sewaktu-waktu bisa dibongkar. Namun, tidak menutup kemungkinan pemerintah pusat atau daerah melalui instansi terkait nantinya akan menyediakan jembatan permanen yang lebih besar untuk penyeberangan kendaraan roda empat.

“Untuk itu kami membangun jembatan gantung darurat karena jembatan tersebut merupakan akses utama bagi warga sekitar dan menjadi tujuan wisata. Yang terpenting sekarang warga bisa beraktivitas seperti biasa setelah jembatan dibangun kembali,” kata Artana.

Artana menambahkan material yang sudah sampai untuk Jembatan Gantung Sungai Jenderal masih dilapisi cat anti karat. Baja yang digunakan tinggal dirakit, agar jembatan gantung bisa cepat dirakit. “Jadi tinggal dipasang saja agar pekerjaan bisa cepat selesai,” ujarnya.

Keterangan: Pekerja membongkar material jembatan sungai yang didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur, Senin (12/12/2022).

Simak Video “Wisata Alam dan Sejarah Lembah Merdeka Gelar Jembrana”
[Gambas:Video 20detik]
(irb/hsa)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button