5 Dataran Tinggi di Indonesia, Dimana Letaknya? - WisataHits
Jawa Timur

5 Dataran Tinggi di Indonesia, Dimana Letaknya?

jakarta

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah 1,905 juta km2 dan merupakan dataran tinggi yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Hampir di mana saja dataran di Indonesia?

Mengutip buku Indonesia Kaya: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket B Setara SMP/MTS (2017) yang disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dataran Tinggi merupakan negara datar yang luas di daerah dataran tinggi.

Ketinggian relief dari dataran tinggi ini sekitar 200 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Terbentuknya dataran tinggi merupakan hasil dari erosi dan sedimentasi atau terbentuknya kaldera besar (kawah vulkanik) yang tertimbun material batuan.

Dari Sabang sampai Merauke terdapat berbagai kekayaan alam berupa dataran tinggi. Berikut adalah dataran tinggi di Indonesia:

1. Dataran Tinggi Malang

Malang adalah kota yang terkenal dengan suhu dingin dan tempat wisata yang memanjakan mata dengan panorama alam yang indah.

Dataran Tinggi Malang berkisar antara 440 hingga 667 meter dan dikelilingi oleh beberapa gunung. Diantaranya yaitu Gunung Kawi, Gunung Arjuno, Gunung Kelud dan Gunung Panderman.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng berada di provinsi Jawa Tengah yang diapit oleh Pegunungan Dieng. Kemudian Dataran Tinggi Dien secara administratif berada di Kecamatan Batur.

Di sisi lain, Dataran Tinggi Dieng terletak pada ketinggian 1600 hingga 2100 meter di atas permukaan laut.

3. Dataran Tinggi Bukit Barisan

Dataran Tinggi Bukit Barisan terletak di daerah Bengkulu namun terbentang sepanjang 1.650 km tepatnya di pulau Sumatera.

Dataran tinggi ini disebut Bukit Barisan karena di pulau Sumatera terdapat rangkaian pegunungan yang memanjang dan sejajar.

4. Dataran Tinggi Kapua Hulu

Dataran Tinggi Kapuas Hulu terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Secara geografis, Dataran Tinggi Kapuas-Hulu terbentang di dua wilayah besar, yaitu Kalimantan Barat dan Sarawak.

Dataran Tinggi Kapuas Hulu memiliki ketinggian antara 20 sampai 500 meter dan dilihat dari puncak tertingginya adalah Gunung Lawit.

5. Dataran Tinggi Gayo

Dataran Tinggi Gayo meliputi beberapa daerah seperti Aceh, Gayo Lues dan Bener Meriah. Kemudian ada tiga kota utama yang dilalui oleh Dataran Tinggi Gayo yaitu Blangkejeren, Takengon dan Simpang Tiga Redelong. Ketinggian Dataran Tinggi Gayo adalah 1.200 meter di atas permukaan laut.

Selain lima dataran tinggi di Indonesia di atas, masih ada beberapa dataran tinggi lainnya.

Sebagai, dataran Puncak (Bogor), Dataran Tinggi Kerinci (Jambi), Dataran Tinggi Penreng (Sulawesi Selatan), Dataran Tinggi Wajo (Sulawesi Selatan), Dataran Tinggi Arfak (Manokwari) dan Dataran Tinggi Jayawijaya (Papua).

Tonton video “Panorama Indah Dataran Tinggi Dieng Wonosobo”.
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button