5 Daerah Terdingin di Jawa Barat, Apakah Daerah Anda Termasuk Mereka? - WisataHits
Jawa Barat

5 Daerah Terdingin di Jawa Barat, Apakah Daerah Anda Termasuk Mereka?

5 Daerah Terdingin di Jawa Barat, Apakah Daerah Anda Termasuk Mereka?

Daerah terdingin di Jawa Barat setidaknya ada di 5 kabupaten/kota menurut BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Bahkan, salah satunya adalah daerah terdingin di Indonesia.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di antara pegunungan. Sebab, suhu udara terasa sangat dingin, terutama pada malam hari.

Lantas kabupaten dan kota mana saja yang merupakan daerah terdingin di provinsi Jawa Barat? Mulai sekarang, simak penilaian berikut berdasarkan data BMKG.

Inilah 5 daerah terdingin di Jawa Barat

Bandung Barat

Baca juga: Apa Saja Tempat Wisata Gratis Di Bandung? Ini rekomendasinya

Lembang yang termasuk wilayah Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah terdingin di Provinsi Jawa Barat. Situs tersebut berada pada ketinggian 1.312 hingga 2.084 meter DPL (Atas Permukaan Laut.

Suhu rata-rata di Lembang berkisar antara 17 hingga 27 derajat Celcius. Padahal, kawasan ini memiliki suhu terendah pada tahun 1991, yakni 9,8 derajat Celcius.

Hal ini menunjukkan bahwa Lembang merupakan tempat terdingin di Jawa Barat. Titik tertinggi di Lembang adalah puncak Gunung Tangkuban Parahu.

Lembang sendiri memiliki berbagai tempat wisata terkenal di luar daerah. Seperti Farm House, Hobbiton dan Floating Market.

ararut

Baca juga: Meski cuaca ekstrem di Tahun Baru 2023, BMKG memastikan Pangandaran aman untuk dikunjungi

Daerah terdingin kedua di Jawa Barat adalah Kabupaten Garut. Ketinggian rata-rata wilayah tersebut adalah 750 meter DPL.Suhu di Garut berkisar antara 24 hingga 13 derajat Celcius.

Sama seperti Bandung Barat, kawasan ini juga dikelilingi pegunungan. Gunung-gunung yang mengelilingi Kabupaten Garut antara lain Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Cikuray dan Gunung Karacak.

Kabupaten Garut juga terkenal dengan makanan olahan berupa dodol serta peternakan domba yang menghasilkan domba berkualitas.

Bogor

Tempat ketiga untuk daerah terdingin di Jawa Barat adalah Bogor. Suhu udara di kawasan yang dikenal dengan kawasan Puncak ini relatif dingin. Sedangkan suhu terendah mencapai 16 derajat Celcius pada siang hari. Pada malam hari suhunya secara alami lebih sejuk.

Baca juga: Kota paling efisien di Jawa Barat, dana belanjanya lebih kecil dari PAD

Ada beberapa tempat yang menyumbang suhu dingin di Bogor yaitu Gunung Sanggabuana, Gunung Gede Pangrango dan Gunung Halimun Salak.

sukabumi

Daerah terdingin di Jawa Barat berikutnya adalah Sukabumi. Pada siang hari suhu rata-rata mencapai 19-18 derajat Celcius.

Hal ini disebabkan oleh angin pasat tenggara yang bertiup melalui wilayah Sukabumi dari Australia. Dengan demikian, rata-rata suhu harian mencapai 19-18 derajat Celcius.

Bahkan, Sukabumi juga pernah mengalami suhu terendah 15 derajat Celcius. Menurut BMKG, suhu terdingin biasanya menjadi tanda dimulainya musim kemarau.

Sumedang

Daerah terdingin di Jawa Barat terakhir adalah Kabupaten Sumedang. Mendengar nama daerah ini, Anda mungkin langsung teringat dengan makanan khasnya yaitu tahu.

Ya, suhu siang hari di kawasan yang memiliki ciri tahun tahu ini mencapai 30 derajat pada siang hari. Pada malam hari, suhu rata-rata mencapai 23 derajat Celcius.

Ini adalah beberapa daerah terdingin di Jawa Barat. Beberapa bahkan menjadi daerah terdingin di Indonesia. Apakah daerah Anda termasuk? (R3/HR-Online/Editor-Eva)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button