Menurut polisi, inilah 3 titik rawan macet di Nganjuk dekat Nataru - WisataHits
Jawa Barat

Menurut polisi, inilah 3 titik rawan macet di Nganjuk dekat Nataru

NGANJUK, KOMPAS.com – Kepadatan kendaraan di wilayah Kabupaten Nganjuk Jawa Timur diperkirakan akan meningkat saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kapolsek Nganjuk (Polres) AKP Lalu Lintas (Kasat Lalu) Dini Annisa Rahmat mengatakan ada tiga titik rawan kemacetan saat Nataru berada di Nganjuk.

“Perkiraan titik kemacetan di sekitar Jalan Ahmad Yani, kemudian di Kertosono dan Mangundikaran tiga titik kritis,” kata Dini kepada Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Satu hal yang perlu diperhatikan, Jalan Ahmad Yani Nganjuk merupakan pusat keramaian yang merupakan jantung Kota Bayu.

Sedangkan di Desa Mangundikaran terdapat Jalan Panglima Sudirman, jalan nasional yang melintasi pusat kota Nganjuk.

Baca Juga: Bendungan Semantok Nganjuk Diresmikan, Presiden: Ini Bendungan ke-30 yang Diresmikan

Simpang Tiga Mengkreng merupakan titik temu tiga kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Nganjuk, Jombang, dan Kediri.

Untuk mengurai kemacetan di Simpang Kertosono – Mengkreng Tiga, Dini mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Jasa Marga selaku pengelola tol Ngawi – Kertosono.

Seperti diketahui, pintu tol Bandar Kedungmulyo terletak sekitar 4,5 kilometer sebelah utara pertigaan Mengkreng Tiga.

“Makanya kami akan berkoordinasi dengan Jasa Marga jika terjadi kemacetan di perempatan Mengkreng Tiga,” kata Dini.

Dini melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan sistem manajemen lalu lintas jika kota mengalami kemacetan, baik di Jalan Ahmad Yani maupun Mangundikaran.

“Teknologi lalu lintas di kota itu fleksibel,” jelasnya.

“Pada saat kemacetan, khususnya di perkotaan, kami akan melakukan pekerjaan teknis dari Simpang Empat Begadung dan beberapa kendaraan akan melintas di sebelah barat terminal Nganjuk. Kalau mau ke Madiun bisa langsung belok kanan,” lanjut Dini.

Kerahkan 750 staf, siapkan 12 pos

Dini melanjutkan, Polres Nganjuk melakukan Operasi Lilin Semeru 2022 selama 11 hari sejak 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Dalam Operasi Lilin Semeru 2022, Dini mengatakan, Polres menyiapkan 12 posko yang terdiri dari posko pelayanan, posko terpadu, posko wisata, posko keamanan, dan posko pengawasan.

“Pos jaga di Pos Pujahito Polantas, kemudian pos terpadu di Pos Jayastamba Ahmad Yani. Lalu ada tiga pos pengamanan di Kertosono, di Diponegoro dan di Terminal Aanjuk Ladang,” jelasnya.

Baca Juga: Puncak Bogor Terapkan Motor dan Mobil Lurus Ganjil Sore Ini, Sesuaikan Waktu Keberangkatan Agar Tidak Terjebak Kemacetan

“Kelima pos pemantauan tersebut berada di pintu keluar Tol Nganjuk, Kertosono, Barong, Wilangan dan Begadung. Untuk dua pos wisata di Sedudo dan TRAL,” lanjut Dini.

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson menambahkan, total ada 750 anggota gabungan yang disiagakan dalam Operasi Semeru Lilin tahun 2022 ini.

“Semua elemen bekerja secara sinergis, bekerja sama dan bergotong royong mengamankan kegiatan masyarakat selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,” pungkas Boy Jeckson.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button