4 Tempat Wisata Terbaru di Karanganom Klaten, Paling Banyak Dikunjungi dan Terbaru - WisataHits
wisatahits

4 Tempat Wisata Terbaru di Karanganom Klaten, Paling Banyak Dikunjungi dan Terbaru

4 Tempat Wisata Terbaru di Karanganom Klaten, Paling Banyak Dikunjungi dan Terbaru

Pemandangan & Tengara di Karanganom – Membahas pariwisata di Jawa Tengah tidak pernah ada habisnya. Padahal provinsi ini memiliki kawasan wisata yang indah, yang akan kita bahas adalah tempat wisata di Karanganom Klaten.

Tak hanya cantik, beberapa objek wisata di Klaten juga memiliki keunikan yang membuat kota ini dikenal sebagai kota wisata terpopuler di Indonesia.

Pemandangan & Tengara di Karanganom Klaten

Inilah setidaknya 4 wisata populer di Karanganom yang menarik untuk dikunjungi, apa saja? lihat saja ulasannya Tempat wisata yang mengasyikkan dibawah ini:

1. Jungkare

Jungkare melalui YoutubeJungkare melalui Youtube

Tempat wisata ini cukup menarik, karena Jungkare memiliki konsep spot foto yang unik. Wisata Jungkare terletak di sebuah desa Klaten. Nah, pada awalnya masyarakat setempat membuat spot foto yang bagus di tempat ini, yang tiba-tiba menjadi viral dan terkenal di kalangan anak muda Klaten.

Spot foto berlatar belakang sawah hijau nan asri ini berhasil memukau para traveler.

Jungkare terletak di desa Jungkare, Kec. Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sekitar 20 menit jarak tempuh Anda harus berjalan kaki untuk mencapai tempat ini.

Untuk jarak diperkirakan sekitar 8 km dari pusat kota Klaten. Akses menuju Jungkare cukup mudah ditemukan, karena tempatnya tidak jauh dari pusat kota.

2. Umbul Jolotundo

Umbul JolotundoUmbul Jolotundo

Jika anda berkunjung ke Klaten pastikan untuk mengunjungi objek wisata umbul salah satunya Umbul Jolotundo Klaten. Di destinasi ini, Anda akan merasakan sensasi keindahan alamnya. Hingga bisa mengistirahatkan pikiran dari penat yang dirundung.

Apalagi bagi Anda yang bekerja di kota besar, setiap harinya pasti dipenuhi dengan rutinitas pekerjaan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki waktu luang, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata di Klaten ini.

Daya tarik destinasi Umbul Jolotundo Klaten tidak hanya pesona alamnya yang indah, masyarakat sekitar juga ramah terhadap para pengunjung yang hadir. Tempat wisata ini memiliki luas 220 meter persegi. Ada tiga kolam yang kedalamannya berbeda-beda, yakni hingga 1 meter, 1,5 meter dan ada juga yang dalamnya 2 meter.

Fasilitas objek wisata Umbul Jolotundo Karanganom Klaten seperti tempat parkir kendaraan, kamar mandi atau toilet, mushola, kantin dan masih banyak lagi. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen lucu dan unik bersama keluarga atau orang tersayang.

Mengenai harga tiket masuk Umbul Jolotundo Klaten per orang dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Harga tiket masuknya sangat murah, jadi tidak perlu khawatir jika membawa beberapa orang berlibur ke Umbul Jolotundo.

Kunjungi juga: Candi Plaosan Klaten yang luar biasa indahnya

3. Taman Koplak Andong

Taman Koplak Andong via Tamandesakarangan.blogspotcomTaman Koplak Andong via Tamandesakarangan.blogspot.com

Taman ini dilengkapi dengan beberapa permainan anak yang penuh warna. Taman Koplak Andong dihiasi beberapa jenis tanaman hias beserta rerumputan hijau dan beberapa kursi taman. Di malam hari, taman ini tak kalah indahnya, keindahannya terdiri dari lampu taman warna-warni yang menerangi.

Setiap petang, di depan taman, beberapa dokar atau gerobak berhias aksesoris warna-warni berjejer dan siap mengantar pengunjung berkeliling desa Karangan. Berbicara tentang tarif, itu cukup murah. Banyak juga penjual makanan dan minuman yang berdagang di sekitar taman.

Untuk kunjungan ke taman ini tentunya tidak dipungut biaya masuk, namun jika ingin jajan atau menikmati kesenangan menunggang kuda maka harus membayar harga yang sudah ditentukan oleh pemiliknya.

4. Menara Waseso yang monumental

Wisata Tugu Waseso via BeariteWisata Tugu Waseso via Bearite

Wisata ini merupakan tugu yang tentunya memiliki sejarah bangsa Indonesia. Tugu Waseso berdiri di tepi persawahan Dukuh Pandanan, Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom. Pada salah satu pondasi tugu, terdapat sebuah pintu menuju bagian dalam tugu dengan ketinggian 12,5 meter.

Tangganya terbuat dari logam yang berfungsi sebagai jalan menuju puncak monumen. Di atas tugu, bendera merah putih berkibar. Oleh karena itu, masyarakat setempat menamai tugu ini sebagai Tugu Waseso.

Lihatlah sejarah monumen Waseso. Tugu itu mengenang pertemuan antara Kiai Karsorejo dan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar tahun 1934-1935. Kiai Karsorejo adalah sesepuh desa.

Pertemuan antara Soekarno dan Kiai Karsorejo dimulai ketika Soekarno bertemu dengan Raja Keraton Solo. Oleh raja yang menjabat saat itu, Soekarno disarankan untuk meminta restu dari Kiai Karsorejo, seorang tokoh spiritual Dukuh Pandanan.

Dari pertemuan antara Soekarno dan Kiai Karsorejo tersebut dibuatlah sebuah tugu dengan tujuan sebagai pengingat atau kenangan. Dan pada akhirnya tugu tersebut diberi nama Waseso yang artinya terakhir.

* * * * *

Jadi apa yang Anda pikirkan ? Tidak hanya wisata alam yang ada di Karanganom, namun ada juga wisata sejarah. 4 tempat wisata di Karanganom Klaten ini bisa Anda jadikan sebagai tujuan liburan ke depannya. Selamat berlibur.

Kunjungi juga: Tower Hits Rowo Jombor Klaten

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button